Ketahui 7 Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan


  • Ketahui 7 Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan
    (Manfaat kurma muda untuk kesehatan. Foto: Dok.Ika Rahma/iStock)

    Kurma biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa karena dipercaya dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Ternyata tidak hanya itu saja, kurma kering maupun kurma muda ternyata mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menghindari risiko penyakit.

    Berikut ini beberapa manfaat kurma muda bagi kesehatan yang perlu kamu tahu, diantaranya:

    1. Menstabilkan Gula Darah

    Manfaat kurma muda

    (Kurma muda dinilai mampu mengatasi riwayat penyakit diabetes. Foto: Dok.BlindTurtle/iStock)

    Jika kamu atau anggota keluargamu memiliki riwayat penyakit diabetes tak perlu khawatir sebab kurma muda dapat kamu pilih untuk membantu menstabilkan gula darah. Ini karena kurma muda memiliki kadar gula yang lebih sedikit dibandingkan kurma tua.



    Selain itu, karena serat tidak bisa diserap dan dicerna oleh saluran pencernaan maka serat tersebut tidak akan diubah menjadi gula dalam tubuh. Hal ini akan membuat gula darah pada tubuh tetap terjaga. 


    2. Mampu Meningkatkan Energi

    Manfaat kurma muda

    (Energi pada tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi kurma muda. Foto: Dok.Photodjo/iStock)

    Manfaat kurma muda yang kedua adalah bisa meningkatkan energi. Ini karena kurma muda cenderung rendah kalori dan gula, sehingga mampu meningkatkan energi pada tubuh.

    Selain itu, kurma muda yang segar ini juga kaya akan kandungan air yang dapat mengembalikan cairan tubuh serta meningkatkan jumlah energi. Rasanya yang menyegarkan juga tepat untuk menambah semangat saat beraktivitas.


    (Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan)


    3. Melancarkan Pencernaan


    Tidak hanya meningkatkan energi saja, kurma muda juga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada kurma sebagian besar terdiri dari jenis serat tak larut air yang dapat mempercepat pergerakan kotoran di dalam usus sehingga feses dapat keluar dengan lancar.


    Bagi kamu yang memiliki penyakit sembelit, cara ini juga bisa kamu lakukan karena kadar air pada kurma muda lebih tinggi sehingga membantu feses untuk lebih mudah keluar. 


    4. Menguatkan Tulang

    Manfaat kurma muda

    (Kandungan yang ada pada kurma muda mampu menguatkan masa tulang. Foto: Dok.Yuri_Arcurs/iStock)


    Kurma muda juga mampu menguatkan dan meningkatkan masa tulang karena memiliki kandungan fosfor, magnesium, tembaga, mangan, dan selenium. Berkat kandungan tersebut, berbagai masalah tulang seperti osteoporosis bisa dicegah. Selain itu, kandungan vitamin K yang ada pada kurma muda ini juga mampu membantu proses pembekuan darah dan metabolisme tulang.

    5. Mencegah Penyakit Anemia


    Bagi para wanita yang sedang dalam fase kehamilan, maka mereka akan lebih mudah terserang penyakit anemia atau kekurangan darah yang tentu dapat meningkatkan risiko pendarahan dan hal fatal lainnya saat hari persalinan tiba.


    Untuk mengatasi hal ini, para wanita hamil bisa mengonsumsi kurma muda karena memiliki kandungan zat besi tinggi serta mempertahankan kadar hemoglobin pada batas yang normal, sehingga sistem kekebalan tubuh dari sang ibu dan janin dapat terjaga. 


    (Baca Juga: Ini 7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan)


    6. Memenuhi Kebutuhan Cairan

    Manfaat kurma muda

    (Dehidrasi bisa diatasi dengan mengonsumsi kurma muda. Foto: Dok.seb_ra/iStock)


    Jika kamu merasa haus atau kekurangan cairan (dehidrasi), mengonsumsi kurma muda bisa memenuhi kebutuhan cairanmu. Pasalnya, kurma segar memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan kurma tua atau kurma yang sudah melewati proses pengeringan. Jika kebutuhan cairan ditubuhmu tercukupi, maka kamu akan terhindar dari dehidrasi.

    7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 


    Di masa pandemi seperti saat ini, setiap orang selalu berusaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu buah yang bisa dicoba dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh adalah kurma muda. Ini karena kurma muda mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga kurma muda dinilai efektif untuk menangkan radikal bebas serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


    Tidak hanya itu saja, antioksidan yang ada pada kurma juga dapat melindungi berbagai penyakit kronis, diantaranya kanker dan penyakit jantung. Kandungan vitamin B6 pada kurma muda juga bisa membantu meningkatkan protein khusus dan sel darah putih untuk memperkuat antibodi tubuh. Zat besi juga membantumu untuk membawa oksigen agar disebarkan ke seluruh bagian tubuh dan berperan penting pada proses kekebalan tubuh berlangsung. Sementara itu, vitamin A mampu melindungi tubuh dari paparan infeksi bakteri, virus, dan parasit sehingga tubuhmu tidak mudah terserang berbagai penyakit.


    Nah, itu dia beberapa manfaat kurma muda bagi kesehatan. Kamu bisa membeli kurma muda ini di toko buah atau bisa juga di supermarket online. Semoga bermanfaat, ya


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below