Tak Hanya Daging, Ini 8 Makanan Berprotein Tinggi


  • Tak Hanya Daging, Ini 8 Makanan Berprotein Tinggi
    Inilah deretan makanan berprotein tinggi. (Foto: Dok.rrvachov/iStock)

    Tubuh sangat memerlukan asupan protein baik yang bersumber dari protein hewani maupun protein yang bersumber dari nabati. Dalam hal ini, protein sangatlah penting untuk sumber energi dan juga pembentukan berbagai jaringan tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaga daya tahan tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.


    Jika tubuhmu kekurangan protein, maka kamu akan mengalami berbagai gangguan kesehatan dan penurunan sistem imun. Selain itu, rambutmu juga akan menjadi rontok, badan menjadi lemas dan mudah lelah, gangguan fungsi otak dan kesehatan mental, pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terhambat, serta proses penyembuhan luka pun menjadi lambat. Berikut ini terdapat berbagai makanan berprotein tinggi yang bisa kamu konsumsi. 




    1. Tahu 

    makanan berprotein tinggi

    (Tahu merupakan makanan berprotein tinggi. Foto: Dok. bhofack2/iStock)

    Makanan yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau. Pasalnya, tahu merupakan produk kedelai organik non-transgenik yang mempunyai protein tinggi. Untuk mengolah makanan ini pun cukup mudah, kamu bisa menjadikannya sebagai tahu goreng, tumis tahu, dan pepes tahu. Karena kandungan protein yang tinggi, maka tahu dapat membantumu menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.


    2. Telur 

    Telur adalah salah satu makanan yang tinggi akan kandungan protein. Selain itu, telur juga mengandung vitamin A, folat, fosfor, kalsium, mineral, lemak sehat dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi mata dan memberikan nutrisi bagi otak.

    Telur juga termasuk protein hewani yang sangat mudah dijumpai. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat telur selalu menjadi sajian makanan yang tidak boleh dilewatkan. Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai macam sajian seperti kue, omelet, roti, dan isian sandwich. 


    3. Ikan Tuna 

    makanan berprotein tinggi

    (Ikan tuna juga mengandung asam amino dan omega 3 yang bermanfaat bagi tubuh. Foto: Dok.Thomas Francois/iStock)

    Kabar baik bagi kamu yang menyukai dan mengonsumsi ikan tuna. Pasalnya, ikan tuna kaya akan protein tinggi, asam amino, dan omega 3 yang sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, ikan tuna juga mempunyai kandungan lemak dan kalori yang rendah, sehingga bisa dikonsumsi ketika kamu sedang menerapkan diet sehat. 

    Jika kamu rutin mengonsumsi ikan tuna, maka kamu akan mendapatkan manfaat seperti peningkatan daya tahan tubuh, jantung yang sehat, serta membantu mengatasi stres. 


    (Baca Juga: 12 Makanan Kaya Antioksidan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh)


    4. Jamur 

    Tak hanya sebagai sumber protein, jamur juga kaya akan berbagai senyawa antioksidan seperti selenium, seng, kalium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Dari kandungan inilah, maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat seperti menjaga daya tahan tubuh, mendukung pertumbuhan sel, hingga menjaga kesehatan jantung. Kamu juga bisa mengonsumsi semua jenis jamur, salah satunya jamur shiratake. 


    5. Brokoli

    makanan berprotein tinggi

    (Brokoli menjadi sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi. Foto: Dok.alvarez/iStock)

    Jenis sayur yang satu ini merupakan salah satu makanan berprotein tinggi. Brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium serta nutrisi bioaktif tinggi yang dapat mencegah risiko penyakit kanker. Manfaat mengonsumsi brokoli secara rutin antara lain kamu bisa mencegah diri dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, serta diabetes. Selain itu, kamu juga bisa mencegah penuaan dini, mencegah osteoporosis, melancarkan pencernaan, menjaga fungsi otak, dan mencegah peradangan.  


    6. Bayam 

    Selain brokoli, makanan berprotein tinggi lainnya adalah bayam. Di dalam bayam pun terdapat kandungan folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, protein, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium yang sangat baik bagi tubuh. Bayam bisa diolah dengan berbagai macam sajian, diantaranya sayur bayam, keripik bayam, dan campuran salad. 


    (Baca Juga: Inilah 5 Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Energi)


    7. Kacang Almond 

    makanan berprotein tinggi

    (Berbagai kandungan pada kacang almond dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Foto: Dok.fcafotodigital/iStock)

    Pada dasarnya, kacang almond termasuk ke dalam biji-bijian. Namun, banyak orang sering mengelompokkannya ke  dalam kategori kacang dengan protein tinggi. Selain tinggi protein, kacang almond juga mengandung antioksidan. Senyawa baik dari kacang almond ini dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker mematikan. 


    8. Oat 

    Oat juga merupakan biji-bijian yang tinggi protein dan mengandung serat, vitamin, mineral serta kaya akan antioksidan. Oat sering dijadikan sebagai menu sarapan karena dapat menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, melancarkan sistem pencernaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. 


    Nah, itu dia berbagai makanan berprotein tinggi yang bisa kamu konsumsi. Namun, kamu juga harus menyeimbangkannya dengan berolahraga secara rutin agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below