Inilah 5 Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Energi


  • Inilah 5 Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Energi
    Berbagai macam makanan yang bisa meningkatkan energi sepanjang hari . (Foto: Dok. /unsplash)

    Menurunnya produktivitas dapat dipengaruhi oleh kurangnya energi pada tubuhmu. Dilansir dari Healthline, makanan yang kamu konsumsi setiap harinya dapat memainkan peran penting dalam menentukan tingkat energi kamu sepanjang hari.

    Memang semua makanan dapat memberikan kamu energi. Namun, ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi untuk membantumu energimu meningkat, menjaga kewaspadaan dan fokus saat beraktivitas. Lalu, makanan apa yang terbukti membantu kamu meningkatkan energi? Berikut daftar makanan yang meningkatkan dapat energi.Yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Waspada! Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong)


    Pisang

    Sumber karbohidrat kompleks, kalium dan vitamin B6 yang sangat baik pada pisang dapat membantu meningkatkan tingkat energi kamu. (Foto:Dok./unsplash)

    Buah pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium dan vitamin B6 yang sangat baik untuk membantu meningkatkan tingkat energi kamu. Nah, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa kamu gunakan sebagai topping pada yogurt.


    (Baca Juga: Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda)


    Ikan Berlemak

    Salmon dan tuna merupakan sumber protein, asam lemak dan vitamin B yang baik untuk kamu konsumsi di setiap harinya agar energi pada tubuhmu semakin meningkat (Foto:Dok./unsplash)

    Berbagai macam ikan berlemak seperti salmon dan tuna merupakan sumber protein, asam lemak dan vitamin B yang baik untuk kamu konsumsi di setiap harinya. Perlu kamu ketahui bahwa satu porsi salmon atau tuna dapat memberikan kamu jumlah harian asam lemak omega 3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan.

    Asam lemak omega 3 juga telah terbukti dapat mengurangi peradangan atau penyakit umum yaitu kelelahan. Selain itu, ada pula kandungan vitamin B12 di dalamnya yang bekerjasama dengan folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja secara aktif dalam tubuh. Oleh karena itu, kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi pada tubuhmu.


    Ubi Jalar

    Ubi jalar merupakan sumber energi bergizi sehingga energi pada tubuhmu bisa meningkat dan mengurangi rasa lelah. (Foto:Dok./unsplash)

    Ubi jalar merupakan sumber energi bergizi. Selain rasanya manis, serat pada ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga tubuhmu dapat mencernanya dengan lambat. Dengan cara itu juga ia mampu memberikanmu pasokan energi yang stabil. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus.


    Telur

    Tentunya, telur bisa meningkatkan energi untuk membantumu beraktivitas sepanjang hari. Telur dikemas dengan protein yang bisa memberikanmu sumber energi yang stabil dan berkelanjutan. Lalu, asam amino atau leusin yang ada pada telur dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi.


    Apel


    (Apel salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan energi.Foto:Dok.Aphiwat/Pexels)

    Perlu kamu ketahui bahwa apel dengan ukuran sedang yaitu 100 gram yang mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula hingga 2,1 gram serat dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung untuk meningkatkan energi.


    Dark Chocolate

    Dark Chocolate memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi dari cokelat pada umumnya. Kakao mengandung antioksidan yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh kamu. Selain mengandung antioksidan, dark chocolate juga mengandung senyawa perangsang seperti teobromin dan kafein yang telah terbukti meningkatkan energi mental dan suasana hati kamu.


    Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamu merasa lelah di siang hari. Berbagai macam makanan di atas dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan energi sepanjang hari.


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below