Manfaat Renang Untuk Tubuh dan Kesehatan


  • Manfaat Renang Untuk Tubuh dan Kesehatan
    Berenang tidak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. (Foto: Dok. Heart Rules/Pexels)

    Berolahraga adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan hingga sangat digeluti bagi sebagian orang. Sebagian lagi, cenderung berpikir bahwa olahraga tidak terlalu penting atau memerlukan banyak persiapan, membuat mereka merasa malas untuk melakukannya. Padahal, kita hanya perlu menemukan olahraga favorit dan mulai dengan terus melakukannya. Nyatanya, sebagian masih merasa malas bahkan untuk menemukannya dulu.


    Mungkin kita menganggap renang adalah kegiatan di mana kita bisa santai dan bersenang-senang dengan air. Bukan hanya itu, renang sendiri merupakan suatu olahraga, yang bisa jadi menyenangkan untuk mereka yang malas berolahraga. Meski ada anggapan seperti itu, olahraga satu ini juga memiliki berbagai manfaat. Simak manfaat renang di bawah ini untuk tahu apa saja.




    1. Menjaga berat badan

    manfaat renang

    (Berat badan bisa dijaga dengan melakukan kegiatan renang. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


    Manfaat yang satu ini tentu menjadi kesukaan semua orang. Renang bisa menjaga berat badan karena kita dapat membakar 100-600 kalori saat berenang selama satu jam. Banyaknya kalori yang dibakar tentu tergantung pada rutinitas individu, semakin rutin berenang akan semakin efektif membakar kalorinya. Dengan begitu, berat badan akan terjaga.

    Tidak hanya menjaga berat badan, renang juga bisa menurunkan berat badan pada awalnya, tentu dengan rutinitas yang ada dan bukan hanya sekali. Saat renang, banyak bagian tubuh yang digunakan, seperti otot bahu, dada, dan trisep. Kita bisa melakukan beberapa gaya saat berenang, tapi cobalah untuk lakukan gaya kupu-kupu jika ingin menurunkan atau menjaga berat badan.


    2. Menguatkan otot

    Seperti yang sudah dijelaskan bahwa otot akan bergerak dan bekerja saat kita berenang. Salah satu otot yang bisa menjadi kuat adalah trisep, yaitu otot di bagian punggung lengan atas. Fungsi utama dari otot ini adalah perpanjangan sendi siku. Dengan berenang, kita bisa membangun kekuatan otot tisep ini. Tapi tidak hanya otot trisep yang menjadi kuat dengan berenang.

    Kita bisa berlatih atau melakukan program renang secara rutin selama sekita delapan minggu, untuk bisa melihat hasil pada otot trisep. Sementara untuk otot lainnya seperti otot perut, juga akan bisa terbentuk dan kuat karena ketika bergerak di dalam air, tubuh kita akan menahan terjangan tekanan air yang bisa dua belas kali lipat lebih kuat.


    (Baca Juga: 8 Rekomendasi Swimwear Lokal Untuk Berlibur Ke Pantai)


    3. Untuk kesehatan jantung

    manfaat renang

    (Otot jantung akan terlatih dengan berenang. Foto: Dok. Eoneren/iStock)


    Jantung menjadi bagian paling penting dari tubuh kita, karena itu kita bisa melakukan kegiatan untuk membuatnya sehat, salah satunya dengan renang. Kegiatan renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Dengan kata lain, lebih efisien dalam memompa. Otot jantung akan terlatih, tapi di sisi lain juga tidak akan terasa berat.

    Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa orang yang rutin latihan renang selama dua belas minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa. Selain itu, renang juga dikatakan bagus untuk wanita karena bisa menurunkan penyakit jantung koroner hingga 30-40 persen jika rutin melakukannya selama setidaknya tiga puluh menit dalam sehari.


    4. Mengurangi nyeri sendi

    Banyak orang yang mengalami peradangan sendi sehingga merasa nyeri. Penyebabnya beragam, seperi infeksi, penyakit autoimun, cedera, bertambahnya usia, bahkan kegemukan. Kita sudah tahu bahwa renang juga bisa menurunkan berat badan, yang juga bisa mengurangi rasa nyeri sendi. Penderita osteoporosis juga mungkin bisa mengalami penurunan nyeri sendiri dengan berenang.

    Nyeri sendi di tangan, leher, dengkul, dan pinggul bisa menjadi gejala dari osteoartritis. Dengan berenang, berjalan melalui kolam, atau latihan berbasis air lainnya sangat ideal untuk menghilangkan rasa sakit dan kekakuan osteoartritis ini. Air bisa memberikan ketahanan yang meningkatkan kekuatan dan jangkauan gerak, serta mendukung berat badan, yang mengurangi stres pada persendian.


    (Baca Juga: Selain Lari, Ini 5 Olahraga Yang Baik Bagi Kesehatan Jantung)


    Nah, sekarang kita bisa mempunyai pandangan lain terhadap kegiatan renang, bukan hanya kegiatan olahraga untuk malas saja. Saat berada di air, tubuh kita akan melawan terjangan di dalamnya yang akan membuat tubuh kita bergerak. Untuk itu, biasakan renang sejak dini bukan hanya untuk hiburan, tapi juga kesehatan. Saat merasa stres pun kita bisa renang karena efek relaksasi yang ditimbulkannya, serta membantu kualitas tidur. Selamat renang!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below