Selain Lari, Ini 5 Olahraga Yang Baik Bagi Kesehatan Jantung


  • Selain Lari, Ini 5 Olahraga Yang Baik Bagi Kesehatan Jantung
    Olahraga untuk kesehatan jantung. (Foto: Dok. Jared Rice/Unsplash)

    Layaknya sebuah generator, jantung memiliki peran luar biasa penting agar tubuh dapat mendukung kegiatan kita setiap hari. Otak yang menyimpan memori dan mengirim pesan bagi sistem kerja tubuh lainnya juga membutuhkan bantuan jantung untuk memberikan energi kepada tiap-tiap organ tubuh. Jadi, kesehatan jantung wajib menjadi hal yang kamu jaga, beserta anggota tubuh lainnya.




    Banyak cara untuk menjaga kesehatan jantungmu, mulai dari mengubah pola makan menjadi lebih sehat hingga mengatur waktu tidur yang cukup untuk membiarkan jantung beristirahat, termasuk olahraga secara rutin. Umumnya jantung identik dengan olahraga lari atau jalan kaki, karena langsung membangunkan jantung untuk siap bekerja sepanjang hari.


    (Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini)


    Namun, bagi kamu yang tidak gemar dengan lari ataupun jalan pagi, kesehatan jantungmu tetap terjaga melalui beberapa olahraga lain yang tidak kalah menyehatkan dan menyenangkan dan pastinya wajib dicoba.


    1. Angkat Beban

    Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

    (Angkat beban sebagai alternatif olahraga yang menyehatkan jantung. Foto: Dok. Victor Freitas/Pexels)

    Jika kamu gemar berjalan di atas treadmill atau mengayuh sepeda statis untuk meningkatkan heart rate, enggak ada salahnya memvariasikan rutinitas olahragamu dengan angkat beban. Mungkin dengan beban tubuh atau menggunakan barbel, latihan angkat beban rupanya baik untuk menjaga kesehatan jantung.

    Riset yang dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa olahraga angkat beban dapat mengurangi risiko serangan jantung atau strok. Sebab, kamu akan menambah massa otot ketika melakukan olahraga tersebut sehingga memberikan ruang bagi jantung untuk memompa darah. Hal ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh nadi yang kemudian menghindari gangguan pada jantung untuk jangka waktu yang lama.


    2. Yoga

    Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

    (Yoga untuk ketenangan pikiran dan kesehatan jantung. Foto: Dok. Kike Vega/Unsplash)

    Olahraga yang memberi ketenangan sekaligus menguras keringat di atas matras ini rupanya dapat menjadi pilihanmu untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan melakukan latihan yoga secara rutin bisa membantu jaga tekanan darah, kolestrol, dan kadar gula darah dalam level normal sekaligus menjaga heart rate tetap stabil.

    Faktanya, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa pasien dengan gangguan jantung mengalami perubahan dalam kemampuan berolahraga dan kualitas hidupnya setelah mengikuti program yoga selama delapan minggu. Hal ini terlihat dari rendahnya peradangan pada tubuh, yang juga mengakibatkan gangguan pada jantung.


    (Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Kamu Ketahui)


    3. Berenang

    Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

    (Olahraga renang untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Foto: Dok. Gentrit Sylejman/Unsplash)

    Olahraga selain lari yang baik bagi kesehatan jantungmu lainnya adalah berenang. Bagi kamu yang menyukai olahraga air satu ini, berbahagialah karena berenang tidak hanya menyehatkan paru-paru, tetapi juga jantungmu. Ketika kamu melakukan gerakan bebas, dada, maupun gerakan lainnya di kolam renang, olahraga ini melatih tubuh untuk menggunakan oksigen lebih efisien yang membantu kerja jantung.

    Selain itu, olahraga renang memiliki sisi relaksasi dan meditatif dengan membiarkan perhatianmu terpusat pada napas dan gerakan yang dilakukan sehingga menurunkan stres pada pikiran. Aspek relaksasi ini pun juga bermanfaat bagi kesehatan jantung yang didapat ketika kamu berenang.


    4. Menari

    Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

    (Ragam tarian bisa bantu jaga kondisi jantungmu tetap sehat. Foto: Dok. Anastasiya Gepp/Pexels)

    Putarlah musik favoritmu dan menarilah! Selain dapat melepaskan penat yang dirasakan akibat pekerjaan atau hal-hal lainnya, menari terbukti dapat menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi di Australia menemukan bahwa menari dengan intensitas sedang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.


    5. Mendaki

    Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

    (Olahraga mendaki untuk kesehatan jantung. Foto: Dok. Toomas Tarte/ Unsplash)

    Olahraga satu ini memang tidak banyak yang menyadari manfaatnya bagi jantung. Sebuah latihan kardio yang kaya manfaat, tetapi memerlukan perhatian dan latihan ekstra sebelum kamu memberanikan diri untuk mengejar matahari terbit di puncak gunung. Mendaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta menjaga tekanan darah dan gula darah dalam kondisi normal.

    Jika kamu ingin mencoba olahraga satu ini, mulailah dengan intensitas rendah dan didampingi orang yang sudah berpengalaman. Kamu pun dapat mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mendaki untuk menghindari risiko pendakian. Ketika sudah semakin berpengalaman dalam mendaki, sesekali menimati matahari terbit di puncak gunung bisa jadi momen berharga untuk kesehatan fisik dan juga mentalmu, dijamin bikin bahagia.


    (Baca Juga: 5 Makanan Sehat Untuk Jantung)


    Rupanya, banyak olahraga selain lari yang juga baik untuk kesehatan jantungmu. Jadi, sudah enggak ada alasan untuk malas berolahraga demi jantung yang sehat.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below