Menu Sahur Untuk Yang Sedang Diet


  • Menu Sahur Untuk Yang Sedang Diet
    Beberapa menu diet sehat untuk sahur. (Foto: Dok. Trang/pexels)

    Memasuki bulan puasa, banyak orang yang memanfaatkan waktu puasa ini sekaligus untuk diet. Walaupun waktu makan kamu dibatasi saat puasa, tapi asupan makan kamu juga perlu dikontrol jika ingin menurunkan berat badan. 


    Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berat badan serta jenis kelamin. Namun umumnya saat diet, kamu disarankan untuk mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kg per minggu.




    Sebagai contoh, misalnya total asupan kalori kamu perhari adalah sekitar 2000 kalori, maka kamu perlu mengonsumsi sebanyak 1500 kalori saat puasa untuk mencapai penurunan berat badan. Tetapi sebaiknya kamu juga jangan berlebihan dalam membatasi asupan kalori. Ingat, tubuh kamu tetap membutuhkan kalori agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut menu sahur yang tepat untuk diet.


    (Baca Juga: Inilah Cara Cepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa)


    1. Telur dengan salad tofu


    (Menu sehat rendah kalori untuk sahur. Foto: Dok. healthymenudaily/instagram)

    Menu di atas sangat cocok buat kamu yang ingin diet di bulan puasa. Apa yang masuk ke badanmu ketika sahur harus dapat menopang kamu sepanjang hari. Makanan harus dapat menyediakan semua nutrisi penting sehingga seseorang dapat menjalani hari dengan lancar.

    Menu yang berisi telur mata sari, tofu, dan sayuran hijab yang shat cukup untuk membuatmu kenyang seharian. Dua butir telur mata sapi terdapat 184 kalori dan terdapat 70 kalori pada tumis tofu dalam 100g ditambahkan dengan sayuran hijau sehat yang rendah kalori. 


    2. Grilled salmon


    (Menu rendah kalori untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Foto: Dok. healthymenudaily/instagram)

    Menu diet yang baik itu kalau kamu mengurangi karbohidrat dan memperbanyak protein yang bagus bagi tubuhmu. Protein itu bisa berasal dari daging, ikan, kacang, serta telur. Menu di atas bisa menjadi menu rendah kalori bagi kamu yang sedang diet. Grilled salmon yang dimasak dengan olive oil memiliki 360 kalori.

    Salmon adalah salah satu makanan dengan nutrisi terbanyak dengan protein yang berkualitas dan sumber vitamin B. Terdapat sekitar 20 kalori dalam Asparagus. bukan hanya rendah kalori, asparagus juga merupakan sumber nutrisi yang bagus, termasuk serat, vitamin A, C dan K.

    Jamur juga memiliki kandungan gizi yang baik, seperti tinggi serat dan kandungan antioksidan yang tinggi dengan 20 kalori. Ubi manis bisa dijadikan sebagai pengganti nasi dan karbo lainnya hanya dengan 86 kalori dan substitusi yang lebih sehat. Tidak harus ubi manis, kamu juga bisa pakai kentang.


    (Baca Juga: Inilah Tanda Kulit Dehidrasi yang Patut Diketahui)


    3. Healthy bowl


    (Healthy bowl rendah kalori dyngan pemanis alami untuk menurunkan berat badan. Foto: Dok. healthymenudaily/instagram)

    Kalau kamu lagi ingin yang manis-manis dan lebih light untuk sahur kamu bisa memilih yogurt dengan buah-buahan untuk membuatmu kenyang lebih lama dan lebih praktis. Yogurt merupakan sumber protein bagi tubuh, bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kamu juga bisa mengganti buah-buahan agar tidak bosan. Kamu juga bisa menambah kacang-kacangan atau pendamping lainnya untuk menambah rasa. 


    5. Oatmeal

    (Oatmeal bowl yang cocok untuk menu sahur yang sehat dan tidak berat. Foto: Dok. Foodie/pexels)

    Oatmeal memiliki banyak manfaat yang bisa memberimu energi untuk puasa. Bukan hanya rendah kalori, oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera. Oats juga mengandung banyak vitamin dan bisa melindungi tubuh dari kolesterol.

    Oatmeal bisa kamu olah sedemikian rupa seperti pancake, oatmeal cookies, atau smoothie bowl dengan oatmeal yang terdiri dari pisang atau bauh pilihanmu dan susu dengan menambahkan kacang agar lebih bervariasi. Sesuaikan hidangan sedemikian rupa sehingga rasanya enak dan memuaskan.


    (Baca Juga: Inilah 12 Situs Belanja Sayur & Buah Online Saat #dirumahaja)


    Sehat bukan berati tidak enak. Buktinya, deretan menu sahur untuk diet di atas sangat mengguggah selera, bukan?


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below