Tips Menghindari Dehidrasi Selama Puasa Biar Tidak Batal


  • Tips Menghindari Dehidrasi Selama Puasa Biar Tidak Batal
    (Menghindrasi dehidrasi selama puasa. Foto: Dok.PixelsEffect/iStock)

    Selama puasa banyak orang yang rentan mengalami dehidrasi karena tidak ada cairan yang masuk dalam waktu kurang lebih 12 jam. Selain tidak minum dan makan, saat berpuasa pun kebanyakan orang masih harus melakukan aktivitas harian seperti biasa. Hal tersebutlah yang kemudian meningkatkan risiko dehidrasi menyerang dan memicu berbagai gejala, seperti lemas, pusing, sakit kepala, dan tubuh mudah lelah. 


    Risiko terjadinya dehidrasi saat puasa menjadi lebih tinggi pada orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Meskipun, pada umumnya dehidrasi yang terjadi bersifat ringan dan tidak sampai mengancam nyawa. Tapi, kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele, karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas. Lalu bagaimana tips menghindari dehidrasi selama puasa? Berikut ini penjelasannya. 




    1. Perbanyak Cairan Saat Sahur 

    Sahur merupakan waktu yang terbaik untuk mengisi asupan cairan dalam tubuh. Agar puasa berjalan lancar dan terhindar dari dehidrasi selama satu hari, kamu bisa membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup saat sahur. Pada dasarnya, kebutuhan cairan seseorang bisa berbeda dengan orang lain. Namun, rata-rata orang dewasa membutuhkan asupan cairan hingga 8 gelas atau setara dengan 2 liter air putih dalam satu hari.

    Saat berpuasa, waktu yang diperbolehkan untuk minum atau memenuhi kebutuhan cairan ke dalam tubuh tentu akan berubah. Sebagai solusi sekaligus memastikan asupan cairan tercukupi selama puasa, coba terapkan pola 2–4–2. Artinya, kamu dianjurkan untuk minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka puasa, serta 2 gelas air putih di malam hari atau menjelang tidur. Dengan cara ini maka kebutuhan cairan di tubuhmu akan tercukupi dan terhindar dari dehidrasi. 


    2. Hindari Makanan Yang Terlalu Asin 

    menghindari dehidrasi selama puasa

    (Saat puasa sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak garam agar terhindar dari dehidrasi. Foto: Dok.frantic00/iStock)

    Sebisa mungkin kamu menghindari makanan yang mengandung garam terlalu banyak. Pasalnya, makanan yang terlalu asin merupakan penyebab kamu cepat merasa haus sehingga saat puasa kamu menjadi kekurangan cairan. Maka dari itu, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam tambahan saat sahur. 


    (Baca Juga: Ini Kiat Jitu Jalani Puasa untuk Penderita Maag)


    3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah 

    Tips menghindari dehidrasi selama puasa lainnya yang bisa kamu coba adalah mengganti air putih dengan perbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber cairan. Pasalnya, jika kamu mengonsumsi sayur dan buah yang cukup maka kebutuhan cairan pada tubuhmu akan tercukupi.

    Hal ini karena sayur dan buah, seperti semangka, timun, tomat, anggur dan yang lainnya mengandung jumlah cairan yang banyak. Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan, mengonsumsi sayur dan buah juga akan membuat tubuhmu sehat selama puasa. 


    4. Kurangi Minuman Dengan Kadar Gula Tinggi 

    menghindari dehidrasi selama puasa

    (Soft drink mempunyai kadar gula yang tinggi sehingga menyebabkan cepat merasa haus. Foto: Dok.subjug/iStock)

    Saat menjalani puasa, sebaiknya kurangi minuman yang mengandung gula tinggi. Sebab berbagai minuman dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan rasa haus. Kamu bisa mengganti sirop dan soft drink dengan infused water yang dibuat menggunakan aneka buah sesuai selera. Dengan cara ini, maka kamu akan terhindar dari dehidrasi dan juga mendapat rasa segar tanpa kandungan gula tinggi. 


    5. Jangan Terlalu Banyak Tidur 

    Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa tidur saat melaksanakan puasa adalah suatu ibadah. Nyatanya, ketika tidur, cairan yang ada di dalam tubuh juga akan tetap dikeluarkan akibat berkeringat, suhu kamar yang tinggi dan juga bernapas. Hal tersebut termasuk dalam insensible water loss atau kehilangan cairan tanpa terasa. 

    Jadi, jika kamu terlalu banyak tidur, maka akan semakin banyak cairan yang hilang. Untuk menghindari dehidrasi, kamu disarankan agar jangan terlalu banyak tidur saat puasa atau perhatikan pola tidurmu. 


    (Baca Juga: Inilah 8 Makanan Penambah Energi Selama Puasa)


    6. Hindari Aktivitas Terlalu Berat 

    menghindari dehidrasi selama puasa

    (Hindrasi aktivitas terlalu berat agar tidak mengeluarkan cairan tubuh yang banyak. Foto: Dok.nattanapong/iStock)

    Agar kamu tidak mudah haus karena mengeluarkan keringat yang terlalu banyak saat puasa, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat. Misalnya, berjalan kaki saat siang hari, berolahraga yang menguras keringat dan juga mengangkat beban yang berat.

    Jika kamu melakukan hal tersebut, maka kamu akan mengalami dehidrasi karena cairan yang ada di dalam tubuh berkurang. Sebagai gantinya, kamu bisa menjadwalkan atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga setelah berbuka puasa atau di malam hari agar tidak mudah mengeluarkan keringat. 


    7. Perhatikan Obat-obatan Yang Dikonsumsi 

    Bagi sebagian orang, obat-obatan, vitamin dan nutrisi sangat penting dikonsumsi saat puasa agar dapat menjaga tubuh tetap fit. Namun, pastikan bahwa obat yang dikonsumsi tidak memberikan efek samping. Pasalnya, beberapa jenis obat dan vitamin akan memberi efek seperti buang air terus menerus, dehidrasi dan juga kekurangan cairan. Maka dari itu, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter agar menghindari hal yang tidak diinginkan. 


    Itu dia tips menghindari dehidrasi selama puasa. Semoga dengan mengetahui hal ini, tubuhmu bisa lebih fit dan ibadah puasamu menjadi lebih lancar!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below