Inilah 8 Makanan Penambah Energi Selama Puasa


  • Inilah 8 Makanan Penambah Energi Selama Puasa
    8 makanan penambah energi selama puasa agar kamu semakin kuat beraktivitas. (Foto: Dok. /unsplash)

    Di bulan Ramadan ini, penting bagi kamu untuk tetap kuat dalam menjalankan puasa. Lelah dan lesu sering dirasakan oleh banyak orang di siang hari. Oleh karena itu, perlu kamu ketahui bahwa aktivitasmu dapat dipengaruhi oleh kurangnya energi di dalam tubuh.


    Tingkatkan energimu dengan berbagai macam makanan penambah energi dan stamina agar kamu bisa fokus selama di sepanjang hari, seperti dilansir dari Healthline.




    (Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dicoba)


    1. Pisang

    (Pisang merupakan salah satu makanan penambah energi selama puasa. Foto: Dok. Giorgio Trovato/ Unsplash)

    Buah pisang merupakan salah satu makanan terbaik untuk menambahkan energi dan staminamu. Hal ini dikarenakan bahwa pisang adalah sumber karbohidrat kompleks, kalium dan vitamin B6. Maka dari itu, mulailah harimu dengan mengonsumsi pisang secara langsung atau dijus.


    (Baca Juga: Menurut Studi, Ini Manfaat Bangun Pagi Untuk Fisik & Mental)


    2. Ikan Berlemak

    (Ikan berlemak sangat baik untuk dijadikan makanan penambah energi selama puasa. Foto: Dok. unsplash)

    Sama seperti pisang, salmon dan tuna merupakan sumber protein, asam lemak dan vitamin B. Perlu kamu ketahui bahwa satu porsi salmon atau tuna dapat memberimu jumlah harian asam lemak omega 3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan. Nah, kamu bisa menggorengnya atau merebusnya selama sahur atau buka puasa.


    3. Nasi Merah

    Tak heran jika salah satu menu makanan ini dapat dikonsumsi untuk diet. Selain bergizi, nasi merah juga mengandung serat yang membuat makanan ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, beras merah dapat mengatur kadar gula darah hingga dapat meningkatkan tingkat energi yang stabil di sepanjang hari.


    4. Ubi Jalar

    Jika kamu ingin mencari dorongan ekstra, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar sebelum melakukan puasa. Ubi jalar memiliki serat dan kandungan karbohidrat kompleks yang dapat membuat tubuh kamu mendapatkan pasokan energi yang stabil.


    5. Telur

    Selain mengenyangkan, telur dapat membantu mengisi energi pada tubuhmu. Telur dikemas dengan protein yang dapat memberikanmu sumber energi yang berkelanjutan. Perlu kamu ketahui, leusin adalah asam amino paling melimpah dalam telur dan dapat merangsang produksi energi. Selain itu, leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah hingga meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi.


    6. Apel

    Apel merupakan salah satu buah yang paling dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik yang berguna untuk memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan. Lalu, apel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Namun, kamu disarankan untuk mengonsumsi apel utuh untuk mendapatkan manfaat pada serat di kulitnya.


    7. Dark Chocolate

    Dark chocolate memiliki kandungan senyawa perangsang seperti teobromin dan kafein. Kedua kandungan ini telah terbukti dapat meningkatkan energi. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya sembari sahur di pagi hari agar kamu semakin bisa kuat untuk menjalankan aktivitasmu.


    8. Stroberi

    Selain rasa yang enak, stroberi juga merupakan buah penambah energi yang baik untuk kamu menjalankan puasa. Sebab, buah ini dapat memberikan karbohidrat, serat dan gula yang dapat meningkatkan tingkat energimu. Kandungan antioksidan pada stroberi juga dapat membantumu untuk melawan kelelahan.


    Inilah 8 makanan penambah energi selama puasa agar kamu dapat tetap fokus pada aktivitasmu. Pastikan kamu tidak lupa untuk mengonsumsinya selama bulan ini, ya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below