Ini Kiat Jitu Jalani Puasa untuk Penderita Maag


  • Ini Kiat Jitu Jalani Puasa untuk Penderita Maag
    ilustrasi wanita yang sedang kambuh maag-nya,(Foto:freepik)

    BUAT para penderita maag yang ingin menjalani puasa, tak bisa jalani puasa begitu saja. Butuh kiat-kiat agar bisa nyaman dan lancar menjalani puasa. Apa saja itu?


    Dijelaskan, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dari RS. Ciputra, prinsip yang wajib harus dipegang penderita maag ialah setiap hari mengonsumsi obat maag saat sahur. Ini untuk langkah pencegahan agar asam lambung tidak naik dan menimbulkan kekambuhan.




    “Mau yang cair atau tablet, terserah. Setiap orang kan berbeda-beda. Yang penting setelah makan sahur minum obat penekan asam lambung,” kata Jovita, di Jakarta, belum lama ini


    Jovita juga menyarankan, penderita maag perlu mengonsumsi makanan serat dan protein dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Itu karena dua jenis asupan itu diserap lambat oleh tubuh. Alhasil, tubuh selalu punya energi mulai dari pagi, siang, sampai sore.


    Efeknya, risiko untuk terjadinya maag turun drastis -- yang biasanya terjadi karena telat makan.


    “Kamu juga perlu menhindari asupan yang bisa meningkatkan asam lambung. Asupan itu antara lain, brokoli, kubis, kol, ubi, makanan bertepung, minuman bersoda. Itu semua asupan yang punya gas tinggi.


    Dengan menjalani pola seperti ini, penderita maag bakal jauh lebih aman saat menjalani puasa selama sebulan penuh,” pungkas Jovita.






 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below