Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Flek Hitam


  • Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Flek Hitam
    (Manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)

    Flek hitam memang selalu menjadi masalah yang kerap terjadi pada wajah dan membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Biasanya, flek hitam dapat terjadi pada kulit wajah ketika pigmen ekstra atau melanin menumpuk di kulit. Bagi kamu yang mengalami kondisi ini tak perlu khawatir, sebab lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi wajah flek hitam.  Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta anti-inflamasi yang membantu mengobati luka bakar, jerawat, dan melembabkan kulit kering. Selain itu, enzim di dalam lidah buaya juga dapat membantu pengelupasan kulit secara alami, sehingga flek hitam perlahan akan hilang dan kulit tampak lebih halus. 


    Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan seorang wanita. Jika di dunia kesehatan lidah buaya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh pada penderita diabetes tipe 2, maka manfaat lidah buaya untuk wajah dapat memperlambat proses penuaan kulit. Yuk simak manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam.




    (Lidah buaya bermanfaat untuk wajah flek hitam. Foto: Dok.ValentynVolkov/iStock)


    (Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    Cara menggunakan lidah buaya untuk wajah flek hitam yakni:

    - Pilihlah lidah buaya yang sudah tua atau yang berada di tumpukan paling bawah.

    - Buang lapisan daun lidah buaya yang tajam menggunakan pisau.

    - Ambil gel yang ada di bagian dalam lidah buaya.

    - Potong gel menjadi irisan kubus atau bisa juga haluskan gel lidah buaya tersebut.

    - Kemudian simpan di lemari es dan tunggu selama beberapa jam.

    - Oleskan gel lidah buaya pada wajah secara teratur dalam kurun waktu dua kali sehari. Kemudian, bilas menggunakan air hangat besok paginya. Gunakan gel lidah buaya secara rutin hingga keadaan kulit membaik. 


    Sebelum menggunakan lidah buaya tersebut, kamu perlu mengetahui penyebab munculnya flek hitam pada wajahmu.

    1.  Paparan sinar matahari


    (Flek hitam disebabkan oleh paparan sinar matahari. Foto: Dok.Pongtep Chithan/iStock)


    Penyebab utama munculnya bintik atau flek hitam di wajah adalah karena produksi melanin yang disebabkan oleh  paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin sehingga memunculkan flek hitam pada wajah. Tidak hanya itu, wajah yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kanker kulit lho. Maka dari itu kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan lidah buaya. 


    2. Hiperpigmentasi


    Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi pada kulit wajah yang disebabkan karena peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit (pigmen). Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih sehingga flek hitam di wajah akan terlihat lebih jelas. Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari terlalu sering dan lama, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu, semisal pil KB, kehamilan, hemokromatosis (kadar zat besi berlebih), dan penyakit Addison. 


    3. Faktor Genetik


    Selain faktor dari luar yang dapat menyebabkan flek hitam, ternyata faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam atau flek hitam pada wajah. Pasalnya, orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon. Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.


    (Baca Juga: Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    4. Perubahan Hormon


    (Flek hitam juga disebabkan karena hormon estrogen. Foto: Dok.Shidlovski/iStock)


    Pada kondisi tertentu, tubuh seseorang tentu akan mengalami perubahan hormon. Ternyata, beberapa perubahan hormon ini juga bisa mempengaruhi munculnya flek hitam pada kulit. Salah satunya adalah perubahan hormon estrogen yang seringkali dijumpai saat wanita sedang menstruasi atau hamil. Meningkatnya hormon estrogen pada tubuh tersebut akan mempengaruhi produksi melanin pada kulit sehingga flek hitam dapat muncul. 


    5. Faktor Usia 


    Memang tidak bisa dipungkiri, seiring dengan bertambahnya usia maka kulit seseorang akan kehilangan elastisitasnya karena berkurangnya protein kolagen yang diproduksi oleh kulit. Selain tampak kendur, hilangnya elastisitas kulit juga membuat kulit lebih rentan terhadap munculnya flek hitam. 


    Itu dia manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam dan penyebab dari munculnya flek hitam. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below