Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan


  • Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan
    (Manfaat lemon untuk kesehatan. Foto: Dok.Sarah Chai/Pexels)

    Jeruk lemon adalah buah dari tanaman Citrus limon yang berbentuk bulat dan agak memanjang. Kulitnya tebal berwarna kuning cerah ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna kuning pucat, berair, dan rasa asam dengan aroma khas yang segar. 


    Di balik rasa asam tersebut ternyata lemon mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasannya!




    1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Lemon bermanfaat untuk meningkatkan daya tubuh dari serangan virus. Foto: Dok.alphaspirit/iStock)

    Saat situasi seperti sekarang ini, setiap orang membutuhkan daya tahan tubuh yang baik agar dapat memerangi berbagai penyakit yang masuk ke tubuh. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi buah lemon karena lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. 

    Selain itu, kamu juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang ada pada lemon. Bahkan, pada beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa lemon berpotensi untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. 


    2. Melancarkan Pencernaan 

    Kandungan yang ada pada lemon yakni pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi.

    Selain itu, kandungan serat di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini membuat lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes guna mengontrol kadar gula darah. 


    (Baca Juga: Ini 6 Manfaat Baik Masker Lemon Untuk Wajah, Bikin Glowing!)


    3. Memelihara Kesehatan Jantung

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Kandungan yang ada pada lemon mampu memelihara kesehatan jantung. Foto: Dok.supharb sangkla/iStock)

    Kandungan buah lemon yang berupa antioksidan, serat, dan vitamin terbukti dapat menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Kombinasi manfaat tersebut dapat meminimalisir penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke sehingga baik untuk dikonsumsi. 


    4. Mencegah Anemia 

    Anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah dalam tubuhnya. Jika kamu mengalami hal ini, buah lemon menjadi solusi yang tepat sebab lemon mengandung salah satu jenis mineral, yaitu zat besi.  Manfaat zat besi dalam buah lemon adalah untuk menjaga keseimbangan sel darah merah.

    Saat kekurangan zat besi, yang terjadi adalah tubuhmu tidak dapat memproduksi hemoglobin pada sel darah merah. Sehingga membuatmu mengalami sesak napas dan tidak bertenaga.

    Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada buah lemon juga bermanfaat dan berkhasiat untuk menyerap zat besi sebanyak mungkin dari asupan makanan lainnya. 


    5. Mencegah Batu Ginjal 

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Penyakit batu ginjal bisa diatasi dengan mengonsumsi air lemon. Foto: Dok.wildpixel/iStock)

    Kandungan asam sitrat yang ada pada lemon mampu meningkatkan volume dan nilai pH urine, sehingga dapat mencegah batu ginjal. Selain itu, lemon juga dipercaya dapat memecah batu ginjal menjadi lebih kecil, sehingga mudah dikeluarkan bersama urine.

    Maka dari itu disarankan untuk minum sebanyak empat ons jus lemon yang dilarutkan dalam dua liter air per hari, guna menurunkan laju pembentukan batu ginjal.


    (Baca Juga: Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh)


    6. Menjaga Berat Badan 

    Saat ini banyak orang yang menginginkan berat badan stabil, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air lemon yang dicampurkan dengan teh atau madu. Sebab, kandungan serat dalam lemon dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun bisa berkurang. 

    Mengonsumsi air lemon ini juga perlu diseimbangi dengan rutin berolahraga dan membatasi asupan makanan yang tinggi kalori, gula, dan garam demi menjaga berat badan. 


    7. Menjaga Kesehatan Kulit 

    Selain menjaga berat badan, lemon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Misalnya, membuat kulit terlihat lebih segar, melembapkan kulit dan juga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus. 

    Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin C pada buah lemon yang membantu dalam peningkatan produksi kolagen dalam tubuh, sehingga dapat mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.


    Itulah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu perlu melakukan konsultasi ke dokter sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi tubuhmu dan tidak salah porsi dalam penggunaannya. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below