Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


  • Membersihkan Karang Gigi Secara Alami
    Karang gigi dapat berakibat juga ke gusi. (Foto: Dok. Undefined Undefined/iStock)

    Karang gigi atau yang disebut dengan tartar adalah keadaan dimana adanya endapan yang membentuk serta melapisi gigi dan gusi. Ini terbentuk karena bakteri yang bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan secara alami membentuk lapisan lengket yang dikenal dengan plak. Tentunya ini bisa berakibat pada kesehatan mulut. Gusi juga bisa mengalami iritasi dan peradangan. 


    Untuk itu, karang gigi harus dibersihkan. Gusi dan gigi kita haruslah selalu bersih agar bisa tetap sehat. Meski peranan air liur yang terdapat di mulut kita bisa membentengi gigi dan meminimalkan kuman yang menyebabkan kerusakan, karang gigi tetap bisa menjadi penyebabnya. Tidak perlu repot karena kita bisa menyimak bagaimana membersihkan karang gigi secara alami di bawah ini.




    1. Menggunakan baking soda

    membersihkan karang gigi secara alami

    (Baking soda disebut memiliki kandungan yang baik untuk membersihkan karang gigi. Foto: Dok. Kaboompics.com/Pexels)


    Bahan untuk membuat kue satu ini rupanya bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi secara alami. Kita juga hanya perlu menyikat gigi dengan menggunakan baking soda. Sebelumnya, pastikan bahwa sikat gigi yang akan dipakai sudah bersih. Kita lalu campurkan dua sendok teh baking soda dan satu sendok teh air, hingga membentuk tekstur pasta gigi untuk digosokkan ke gigi kita.

    Baking soda dinilai bisa menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Fungsi enamel gigi sendiri adalah untuk melindungi bagian dalam gigi dari tepapar apa pun yang kita konsumsi. Kandungan di dalam baking soda bisa melindung dan mencegah gigi kehilangan kalsium. Selain itu, sifat antimikrobanya juga bisa mencegah kerusakan gigi.


    2. Berhenti merokok

    Mungkin banyak dari mereka para perokok yang berfikir bahwa merokok tidak berpengaruh terhadap gigi. Ini tentunya salah besar. Merokok banyak berpengaruh bagi tubuh kita, tidak hanya itu merusak paru dan jantung, tapi juga ke kesehatan mulut, lebih tepatnya pembentukan karang gigi. Selain itu, rokok juga bisa membuat bau mulut dan gigi kuning.


    Kandungan kimia dalam seputung rokok bisa memicu terbentuknya karang gigi. Menyikat gigi adalah satu cara lain dalam membersihkan karang gigi, tapi potensi untuk itu terbentuk akan berasal dari rokok yang mereka konsumsi. Ini berarti sama saja membersihkannya, tapi di saat lainnya membuka kesempatan lagi untuk dibentuk. Lebih buruknya lagi, karang gigi dari rokok yang terbentuk akan berwarna hitam. Jadi, berhentilah merokok dan sayangi diri kita.


    (Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi)


    3. Konsumsi banyak air putih

    membersihkan karang gigi secara alami

    (Air putih dikonsumsi juga untuk kesehatan mulut. Foto: Dok. Snapwire/Pexels)


    Kita semua pasti tahu kalau meminum air putih adalah kebutuhan setiap harinya dan bahwa itu bagus untuk kesehatan tubuh kita. Tanpa kita sadari, ternyata air putih juga mengandung enzim yang dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut berkembang. Air putih juga menyehatkan rongga mulut dan mengusir partikel dalam gusi penyebab bau mulut.

    Dengan mengonsumsi air putih yang banyak berarti meningkatkan produksi air liur. Air liur dalam mulut berfungsi untuk melembapkan dan meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan atau sela-sela gigi. Air liur juga bisa menetralkan asam hasil produksi bakteri di mulut. Bakteri penghasil asam ini tentu berperan untuk merusak gigi juga, jadi konsumsi banyak air putih sangat berguna untuk kesehatan mulut.


    4. Menghindari makanan dan minuman manis

    Seperti sudah disebutkan bahwa asam yang dihasilkan oleh bakteri bisa merusak gigi. Sebelum bakteri bisa melepaskan asam, kita harus sadar bahwa bakteri juga bisa menjadikan mulut kita sebagai tempat bersarang. Bakteri akan cepat tumbuh pada makanan dan minuman yang manis. Bakteri mengelola zat, yang nantinya melepaskan asam.


    Untuk itu, sebaiknya kita kurangi dan hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis agar bisa meminimalisir munculnya karang gigi juga. Jika masih ingin mengonsumsi makanan manis, ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi, serta imbangi juga dengan konsumsi banyak air putih. Makanan manis juga bisa berkontribusi terhadap sakit gigi.


    (Baca Juga: 5 Cara Tradisional Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel)


    Inilah cara alami yang bisa ditempuh untuk membersihkan karang gigi yang ada. Jika sudah susah dihilangkan, kita bisa pergi ke dokter gigi dan melakukan scaling, dimana ini memang proses pembersihan karang gigi yang dilakukan dengan alat. Kuncinya, ingat untuk selalu menjaga kebersihan mulut kita.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below