5 Cara Tradisional Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel


  • 5 Cara Tradisional Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel
    Cara menghilangkan gigi kuning membandel secara alami. (Foto: Dok. Marcus Aurelius/Pexels)

    Gigi kuning membandel dapat disebabkan karena zat pewarna yang terkandung dalam makanan atau minuman yang biasa kamu konsumsi setiap hari. Salah satu minuman favorit sejuta umat yang menjadi alasan gigi kuning membandel adalah kopi hitam. Memiliki kandungan tinggi kromogen, kopi hitam dapat meninggalkan bias noda pekat sehingga membuat gigi putihmu perlahan berubah menjadi kuning.


    Selain kopi hitam, adapun minuman bersoda dan minuman penambah energi yang jadi penyebab seseorang memiliki gigi kuning membandel, sampai susah untuk dihilangkan hanya dengan menggosoknya. Memutihkan gigi kuning yang membandel dapat dilakukan dengan cara berkumur menggunakan air garam.




    (Baca Juga: 10 Kebiasaan Yang Bisa Buat Gigi Kuning Dan Rusak)


    Cara memutihkan gigi kuning membandel secara tradisional ini dipercaya dapat mengusir bakteri penyebab bau mulut, lho. Tidak hanya berkumur menggunakan air garam, simak langkah-langkah cara memutihkan gigi kuning membandel di rumah dengan mudah, tepat, dan pastinya aman dilakukan.


    1. Menyikat gigi dengan campuran baking soda dan perasan air lemon

    Selain memberikan rasa segar pada mulut, perasan air lemon juga membantu memutihkan gigi kuning membandel. Hal ini dikarenakan asam sitrat pada air lemon dapat mengikis noda kuning pada gigi secara alami.

    Caranya, peras setengah bagian lemon yang sudah dipotong. Campurkan dengan 1 sendok makan baking soda, lalu ambil sikat gigi dan gosok dengan gerakan memutar secara perlahan pada gigi selama 3 menit saja kemudian kumur-kumur menggunakan air biasa.

    Setelah itu kamu bisa menggosok gigi seperti semula dan ulangi kegiatan ini 2 kali seminggu dalam waktu 3 bulan untuk mendapatkan gigi putih alami.


    2. Gosok gigi dengan buah stroberi

     Cara memutihkan gigi kuning yang membandel

    (Buah stroberi dapat membantu memutihkan gigi kuning membandel secara alami. Foto: Dok. Lisa/Pexels)


    Cara memutihkan gigi kuning membandel selanjutnya adalah memanfaatkan buah stroberi. Siapa yang tidak mengenal buah berwarna merah pekat satu ini? Rasanya yang asam namun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan ini berperan penting dalam memutihkan gigi kuning kuning secara alami.

    Punya kandungan malic acid yang berfungsi memutihkan gigi dengan lembut tanpa merusaknya, buah stroberi matang cukup dihancurkan sampai halus lalu gosok gigi menggunakan sikat seperti biasa selama 1 menit. Kemudian ulangi perawatan ini secara rutin sampai gigi terasa sudah bersih sempurna. Meski buah stroberi tidak bisa menyingkirkan seratus persen noda pada gigi, setidaknya kandungan malic acid-nya dapat membuat gigi tampak cerah alami.


    (Baca Juga: Inilah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!)


    3. Berkumur dengan cuka apel

    Punya seribu manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, cuka apel berperan dengan baik untuk memutihkan gigi kuning membandel secara alami. Cuka apel sendiri memiliki kandungan asam alami untuk membunuh bakteri bau mulut, membersihkan karang gigi, dan mencegah infeksi.

    Selain itu, memutihkan gigi kuning membandel dengan cara berkumur menggunakan sari cuka apel yang sudah dilarutkan dalam air cukup dilakukan satu kali sehari selama 1 menit. Sesaat setelah berkumur, pastikan seluruh rongga mulutmu bersih dengan membilasnya dengan air putih biasa.


    4. Gosok gigi menggunakan kulit jeruk

     Cara memutihkan gigi kuning yang membandel

    (Jangan langsung dibuang, kulit jeruk dapat membantu memutihkan gigi kuning membandel. Foto: Dok. SHVETS Production/Pexels)


    Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Sama seperti buah lainnya yang punya ragam macam manfaat baik, kulit jeruk juga bisa memutihkan gigi kuning membandel secara alami.

    Jangan remehkan sisa kulit jeruk, kamu bisa manfaatkan itu untuk menjaga kesehatan gigi. Caranya mudah dan gampang dilakukan di rumah, gosok bagian dalam kulit jeruk ke permukaan gigi selama 3 menit, lalu bilas menggunakan air putih biasa. Ulangi perawatan memutihkan gigi kuning membandel ini 2 kali sehari secara teratur untuk hasil yang maksimal.


    5. Berkumur dengan sari jahe

    Pasti sudah biasa bukan, minum air jahe kala perut sedang kembung atau merasa mual? Disamping keunggulannya dalam meredakan rasa mual karena masuk angin, jahe juga dapat berfungsi dengan baik untuk memutihkan gigi kuning membandel secara alami, lho.

    Caranya, parut 1 buah jahe dan peras sari dari parutan tersebut, kemudian gunakan sari jahe untuk berkumur selama 2 menit. Tidak hanya dikumur, sari jahe juga bisa kamu oleskan secara langsung pada permukaan gigi.


    (Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Tepat)


    Inilah beberapa cara tradisional memutihkan gigi kuning membandel. Bahan-bahannya dapat ditemukan dengan mudah, konsisten melakukan perawatan tersebut adalah kunci mendapatkan hasil akhir gigi putih yang cerah.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below