Cara Merawat Wajah Berminyak Untuk Tampilan Sempurna


  • Cara Merawat Wajah Berminyak Untuk Tampilan Sempurna
    MInyak berminyak juga harus kita rawat. (Foto: Dok. Alina Blumberg/Pexels)

    Setiap dari ktia pasti pernah memiliki wajah yang berminyak, sekalipun jenis kulit wajah yang kering. Ini adalah wajar, karena wajah kita memiliki apa yang disebut dengan t-zone, yaitu bagian tengah dari wajah seseorang yang meliputi dahi, hidung, dan dagu, serta kulit yang lebih berminyak dari bagian yang lain. Tapi, beberapa orang juga memang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak.


    Minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit disebut juga dengan sebum. Sebum pada wajah khususnya bisa menjaga pH alami kulit agar tetap berada pada kisaran yang normal. Meski begitu, jangan membiarkan muka wajah berminyak ya! Wajah berminyak tetap harus dirawat pada dasarnya, dan simaklah pembahasan cara merawat wajah berminyak berikut ini.




    1. Cuci muka secara rutin

    cara merawat wajah berminyak

    (Cuci muka secara teratur dengan menggunakan sabun muka. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    Pertama dan terutama, hal yang harus dilakukan adalah mencuci muka secara rutin. Wajah yang berminyak bisa dibersihkan dengan air dan sabun. Selain itu yang perlu diingat adalah, mencuci muka secara rutin adalah cara untuk merawat semua wajah untuk semua masalah. Karena pada dasarnya, wajah yang kotor akan mudah untuk mengalami masalah kulit.

    Cucilah muka kita dua kali dalam sehari. Lakukan ini di pagi dan malam hari. Saat kita terlelap selama delapan jam, sebum akan otomatis keluar. Maka dari itu, penting untuk membersihkan wajah di pagi hari sebelum beraktivitas. Begitu juga dengan malam hari. Setelah beraktivitas seharian dan terpapar kotoran dari luar, walaupun terlihat bersih, jangan pernah skip untuk membersihkan wajah dan tidur dalam keadaan wajah yang masih kotor.


    2. Pakai pelembap setelah cuci muka

    Persepsi tentang pelembap hanya untuk mereka dengan jenis kulit wajah yang kering adalah salah. Meski jenis kulit kita berminyak, kita juga membutuhkan pelembap. Karena fungsi pelembap adalah untuk menghidrasi kulit. Kita harus memerhatikan pelembap yang kita pilih. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air sehingga tidak membuat kilap pada wajah.

    Sebum yang hilang sehabis cuci muka akan memicu produksi lebih banyak sebum agar kembali ke kondisinya seperti semula. Itulah mekanisme yang dilakukannya. Kita haruslah pintar dalam mencari produk pelembap yang dapat mengontrol produksi minyak tersebut dengan tidak melupakan fungsi utamanya. Pilih juga produk yang terasa ringan dan menyejukkan di kulit.


    (Baca Juga: Cara Tepat Double Cleansing Untuk Kulit Wajah Berminyak)


    3. Pakai toner wajah

    cara merawat wajah berminyak

    (Face toner untuk dpuble cleansing. Foto: Dok. Ray Piedra/Pexels)


    Untuk wajah berminyak, ada baiknya menggunakan toner wajah. Tidak perlu seperti mencuci muka, toner bisa kita gunakan hanya sekali dalam seharinya, di malam hari. Meski fungsi utama toner bukanlah untuk merawat wajah berminyak, produk ini bisa kita gunakan sebagai pilihan perawatan wajah berminyak. Toner juga akan mengangkat kotoran yang sekiranya tidak terangkat oleh sabun muka.

    Gunakanlah toner yang mengandung alkhol untuk wajah berminyak agar untuk membuat kondisi kulit menjadi sedikit lebih kering. Tapi, kita bisa juga menggunakan alternatif dengan astringent alami jika tidak ingin menggunakan yang terdapat alkohol. Astringent bisa mengatur produksi sebum di wajah kita, dan asam salisilatnya juga ampuh untuk melawan jerawat.


    4. Menggunakan masker

    Sama seperti pelembap dan toner, pilihlah masker yang aman untuk jenis kulit berminyak kita. Salah satu masker yang bisa dipilih adalah sheet mask, tapi sheet mask juga beragam. Jadi, pastikan kita membaca kemasannya untuk tahu kandungan apa saja yang cocok untuk wajah berminyak. Sheet mask memang biasanya mengandung essence yang diperlukan untuk menutrisi kulit berminyak. 

    Pastikan wajah telah bersih sebelum kita mengaplikasikan masker ya. Jika nantinya menggunakan sheet mask, setelah selesai jangan lupa untuk memijat wajah juga agar nutrisinya bisa terserap. Kita tidak perlu untuk membersihkannya lagi dengan sabun setelah memakai sheet mask. Pilihan masker lainnya yang bisa digunakan adalah tanah liat.


    (Baca Juga: Fakta dan Cara Merawat Kulit Berminyak)


    Merawat wajah berminyak memang susah susah gampang. Kuncinya adalah mengingat untuk menjaganya tetap bersih dan bahwa terdapat sebum. Selain itu, pakailah selalu sunscreen, hindari juga makanan penyebab kulit berminyak, dan terapkan pola hidup sehat. Perhatikan juga penggunaan riasan yang aman untuk jenis kulit kita ini. Selamat merawat kulit dan wajah!


    (Penulsi: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below