Fakta dan Cara Merawat Kulit Berminyak


  • Fakta dan Cara Merawat Kulit Berminyak
    Atasi kulit berminyak dengan mengenal fakta dan cara merawatnya (Foto: dok. Pixabay)

    Memiliki kulit berminyak sebenarnya adalah hal yang positif. Selain melembapkan, minyak juga dapat menjaga kesehatan kulit. Namun, memiliki kulit ini memang sangat rumit. Perawatan yang tidak benar dapat membuat orang yang memiliki kulit ini mudah berjerawat dan berkomedo. Maka dari itu, penting sekali untuk memahami fakta dan cara merawatnya.




    (Baca Juga: Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah Dan Cara Membuatnya)


    Penyebab kulit berminyak pada masing-masing orang adalah berbeda-beda. Faktor utamanya adalah genetik, lalu ada hormon yang menjadi faktor pendukung, terutama pada wanita, dan faktor lainnya bisa karena terlalu banyak makan makanan berlemak, kurang minum air, cuaca, stres, dan iritasi kulit karena skin care yang tidak cocok. Berikut adalah produk-produk beserta cara merawat kulit ini. 

    1. Sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid

    Ada miskonsepsi di mana kulit berminyak bisa diberantas dengan sabun keras yang bikin kering. Hal ini sangatlah salah, karena jika kulit benar-benar kering akibat sabun tersebut, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Untuk itu, gunakan sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid. Selain dapat mencegah jerawat dan bersifat antibakterial, zat ini juga tidak keras.


    2. Pelembap yang berbahan dasar air

    Ya, kulit berminyak juga butuh pelembap. Kulit yang sehat membutuhkan kelembapan dari air maupun juga minyak. Dengan mengaplikasikan pelembap pada muka setelah cuci muka, kamu dapat mencegah produksi minyak berlebih. Jangan lupa untuk memastikan pelembapnya ringan dan oil-free, ya!

    3. Kertas Minyak

    Barang ini adalah penyelamat bagi orang yang memiliki kulit berminyak. Jika di pertengahan hari kamu mendapatkan wajahmu sangat berminyak, kamu tidak perlu repot-repot cuci muka. Cukup tempelkan kertas minyak ke wajahmu, minyak-minyak tersebut akan terserap.


    4. Kosmetik oil-free

    Sama seperti pelembap, kamu juga harus memastikan kosmetikmu bebas dari minyak, Pilih kosmetik yang berbentuk bubuk dan hindari kosmetik yang berbahan dasar krim.


    5. Tabir surya

    Selain dapat mencegahmu terkena kanker kulit, tabir surya juga dapat membantu kulit untuk tidak memproduksi minyak berlebih. Produk tabir suya juga harus bebas dari minyak dan berbahan dasar air.


    (Baca Juga: 5 Manfaat Shea Butter Untuk Kesehatan Kulit)


    Itu dia fakta dan cara merawat kulit berminyak. Selamat mencoba!


    (Penulis: Regina Yohana)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below