Cara Tepat Double Cleansing Untuk Kulit Wajah Berminyak


  • Cara Tepat Double Cleansing Untuk Kulit Wajah Berminyak
    Cara Double Cleansing Yang Tepat Untuk Kulit Wajah Berminyak (Foto:Dok.petrenkod/istockphoto))

    Salah satu penyebab utama dari luar yang menyebabkan kulit bermasalah adalah debu dan juga kotoran yang menempel pada kulit. Jika dibiarkan berlama-lama pada kulit wajah, tentunya hal ini membuat kulit menjadi berjerawat dan menumbuhkan komedo, karena produksi minyak pada kulit yang tidak kunjung dibersihkan dan juga menyumbatnya pori-pori karena debu ataupun kotoran yang menempel di kulit wajahmu.


    Membersihkan wajah dari debu ataupun kotoran yang menempel setelah beraktivitas seharian adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Pentingnya melakukan pembersihan terhadap kulit wajah ini dapat kamu ketahui dari para peneliti yang merekomendasikan orang-orang untuk melakukan double cleansing setelah menggunakan riasan wajah dan juga saat setelah kamu melakukan aktivitas di luar ruangan yang berpolusi. Tentunya hal ini dilakukan agar kulit bersih dari debu dan juga kotoran, bersih hingga sampai pada akarnya. Double cleansing untuk kulit berminyak ternyata juga penting.




    (Baca Juga: Fakta dan Cara Merawat Kulit Berminyak)


    Double cleansing merupakan metode membersihkan wajah yang didapatkan ataupun dipopulerkan oleh orang-orang Korea yang sangat mengidam-idamkan kulit wajah yang bersih, putih, mulus dan berkilau. Korea yang juga merupakan pioneer dalam hal kecantikan kulit ini, memberikan dampak yang cukup besar pada dunia kecantikan sehingga mampu membuat orang-orang mengikuti metode-metode, maupun tips and trick dari Korea yang diharapkan mampu memberikan wajah cerah mengkilau dengan mengikuti metode perawatan kecantikan dari Korea.


    Double cleansing ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Setiap tipe kulit wajah memiliki caranya tersendiri, menggunakan produk dengan kandungan yang menyesuaikan dengan kulitnya sendiri. Maka dari itu kamu perlu memperhatikan jenis kulit apa kamu dan gunakan cara melakukan double cleansing yang tepat untuk kulit wajahmu.


    Her World akan memberikan cara ataupun tips yang tepat untuk melakukan double cleansing, khususnya untuk kulit wajah yang berminyak. 


    1. Mencuci Tangan

    double cleansing untuk kulit berminyak

    (Mencuci tangan. Foto:Dok.Polina Tankilevitch/pexels)

    Sebelum melakukan pembersihan pada wajah, tangan yang berperan sebagai aplikator nantinya ini, harus dibersihkan dengan bersih terlebih dahulu agar tidak mengontaminasi wajah yang sudah dibersihkan nantinya.


    2. Memilih First Cleanser Yang Tepat

    double cleansing untuk kulit berminyak

    (NIVEA Soothing Cleansing Oil. Foto:Dok.nivea.official.store/shopee)

    Untuk kamu pemilik kulit berminyak, pilihlah first cleanser yang oil based cleanser yang ringan yang cocok untuk kulit berminyak seperti salah satu contohnya cleansing oil yang mengandung tea tree oil. Meskipun oil based cleanser, bukan berarti akan membuat wajahmu semakin berminyak, tetapi justru oil based cleanser ini sangat mampu mengangkat debu, kotoran dan juga minyak pada wajah. Sehingga kulit akan terasa lebih bersih tanpa minyak dengan oil cleanser yang tepat untuk kulit wajah yang berminyak.


    (Baca Juga: Intip Rekomendasi Cleansing Oil Untuk Kulit Berminyak Ini)


    3. Gerakkan Memutar Saat Mengaplikasikan First Cleanser

    double cleansing untuk kulit berminyak

    (Melakukan gerakkan memutar pada wajah. Foto:Dok.Ron Lach/pexels)

    Untuk mengangkat debu kotoran di wajah dengan maksimal, lakukanlah gerakan memutar ke dalam selama 1 menit lamanya. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan menyeluruh pada wajah, sehingga sisa debu, kotoran dan juga minyak dapat terangkat secara maksimal dari kulit wajahmu.


    4. Memberi Pijatan Lembut

    double cleansing untuk kulit berminyak

    (Memijat lembut wajah. Foto:Dok.Anna Tarazevich/pexels)

    Kemudian tips berikutnya, agar kulit lebih bersih dan terasa lebih relaks, lakukan teknik memijat wajah dengan lembut dan perlahan. Lakukan pijatan ini selama satu menit, maka kamu akan merasakan sensasi menenangkan dan juga kebersihan yang jauh lebih maksimal.


    5. Gunakan Micellar Water

    (Micellar water untuk menyegarkan kulit yang berminyak. Foto: Dok. Bioderma)

    Kalau kamu masih merasa oil cleanser ini belum cukup membersihkan debu-debu di permukaan kulitmu, kamu juga bisa menggunakan micellar water untuk menyeka debu, kotoran dan juga minyak yang masih menempel. Namun, perlu diperhatikan lagi untuk pemilihan micellar water mana yang tepat untukmu. Gunakan micellar water ini dengan menuangkannya ke kapas dan mulai menyeka debu, kotoran dan minyak secara perlahan dan lembut.


    6. Bilas Dengan Air Hangat

    (Membilas wajah dengan air hangat. Foto:Dok.Vitória Santos/pexels)

    Setelah melakukan first step dari double cleanser, bilas bersih wajah dengan air hangat hingga kotoran dan debu yang sudah lepas dari kulit ini terbilas bersih dari kulit wajahmu. Bilas sampai kulit wajah tidak lagi terasa berminyak.


    7. Memilih Second Cleanser Yang Tepat

    double cleansing untuk kulit berminyak

    (Facial foam lembut dan cocok untuk kulit berminyak. Foto:Dok.HerWorld)

    Setelah menggunakan oil based cleanser pada tahap pertama, kemudian pada tahap kedua ini, gunakanlah water based cleanser yang cocok dengan kulit wajahmu yang berminyak. Pilih juga water based cleanser yang ringan dan lembut untuk wajah. Jangan sampai produk water based cleanser water based cleanser ini memiliki kandungan scrub, karena scrub tersebut dapat mengiritasi kulit wajahmu karena over cleansing. Dengan water based cleanser ini, dapat mencuci bersih wajah dari sisa oil cleansing pada kulit wajah.


    (Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Paling Umum Terjadi Pada Remaja)


    8. Bilas Dengan Air Dingin

    double cleansing untuk kulit berminyak

    (Bilas wajah dengan air dingin. Foto:Dok.nensuria/istockphoto)

    Setelah melakukan double cleansing di atas, step satu ini menjadi penutup yang wajib untuk kamu lakukan. Bilas wajah hingga bersih secara total dengan air dingin. Hal ini dilakukan untuk menutup pori-pori kulit wajahmu yang terbuka selama proses cleansing tadi, dan dengan membilas wajah dengan air dingin ini juga bisa menjaga kelembaban pada kulitmu. Karena membilas wajah dengan air hangat mampu membuka pori-pori dan juga membuat kulit menjadi lebih kering.


    Lakukan tips dan juga Langkah-langkah double cleansing untuk kulit berminyak di atas, untuk dapatkan kulit bersih, cerah dan berkilau.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below