Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Untuk Kamu Yang Sering Flu


  • Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Untuk Kamu Yang Sering Flu
    Hidung tersumbat memberikan rasa tidak nyaman. (Foto: Dok. Brittany Colette/Unsplash)

    Hidung tersumbat sering kali kita rasakan saat sedang pilek. Itu memberikan rasa yang tidak nyaman karena kita hanya bisa menghirup udara melalui satu lubang hidung, bahkan juga mulut. Pilek sendiri pada umumnya disebabkan oleh virus. Sedangkan hidung tersumbat, bisa disebabkan oleh iritasi dari polusi udara, alergi, sinusitis, dan juga infeksi.


    Sekarang kita tahu, bahwa banyak yang menyebabkan hidung tersumbat yang berarti potensi hidung tersumbat juga besar. Hidung tersumbat meski terbilang tidak berbahaya, sedikit banyak dapat memengaruhi dan mengganggu keseharian kita. Bahkan, beberapa juga membuat kepala pusing. Temukan cara mengatasi hidung tersumbat di bawah ini, agar bisa segera kita hentikan saat itu terjadi.




    1. Menghirup uap hangat

    Bakteri atau jamur juga bisa berperan dalam kondisi hidung yang tersumbat. Tapi jangan khawatir, ada penolongan pertama yang mudah dan tidak memerlukan biaya untuk hidung tersumbat kita. Uap hangat bisa kita gunakan untuk mengatasi ini. Selain dapat membuka pori-pori di kulit, uap hangat bisa mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung kita terasa mampet.

    Rebuslah air yang ada hingga mendidih. Setelah itu, tempatkan dalam wadah berupa gelas atau mangkok agar bisa mengeluarkan uap hangat. Kita posisikan wajah kita menghadap uap tersebut supaya kita bisa hirup secara perlahan. Kita bisa juga menambahkan bawang putih ke dalam larutan air tersebut karena dikatakan bisa membunuh bakteri atau jamur yang ada.


    cara mengatasi hidung tersumbat

    (Ilustrasi menghirup uang hangat untuk hidung tersumbat. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    2. Minum banyak air putih

    Selain menggunakan uap hangat, kita juga harus meminum banyak air putih ketika mengalami hidung tersumbat. Sangat disarankan juga untuk meminum air yang hangat. Seperti yang telah dijelaskan bahwa saat hidung tersumbat terdapat lendir di rongga hidung. Nah, masuknya cairan ke dalam tubuh kita akan membuat kekentalan lendir tersebut berkurang. Lendir jadi tidak menutupi rongga hidung dan bisa membuat bernapas lebih lega.

    Perlu diperhatikan agar cairan terbaik yang bisa kita minum adalah hanya air putih. Untuk sebagian orang, meminum air dingin bisa menghilangkan rasa haus dan tidak enak lainnya, tapi saat hidung tersumbat kita sebaiknya hindari minum dengan air dingin. Ini dikarenakan air dingin bisa membuat lendir tersebut malah sulit untuk mencair.


    (Baca Juga: Perhatikan 6 Cara Cepat Menyembuhkan Flu Dalam Semalam!)


    3. Konsumsi obat dekongestan

    Dekongestan adalah obat yang bisa memberikan rasa lega untuk hidung tersumbat. Meski begitu, efek dari obat ini adalah jangka pendek. Kita bisa gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Dekongestan atau nasal spray ini kita semprotkan ke hidung. Kita bisa menemukan obat ini, karena dijual bebas di pasaran.

    Obat dekongestan memiliki sifat zat yang bisa mengurangi peradangan di rongga hidung, di mana peradangan ini jugalah yang membuat hidung kita tersumbat. Obat ini meredakan gejala flu, demam, reaksi alergi, dan lainnya. Selain mengurangi peradangan, dekongestan juga mengurangi pembengkakkan pembuluh darah di hidung, agar bisa membantu membuka saluran udara.


    cara mengatasi hidung tersumbat

    (Nasal spray, dimana bagian atasnya disemprotkan ke hidung. Foto: Dok. Diana Polekhina/Unsplash)


    4. Menggunakan minyak eucalyptus

    Minyak ini adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi kesehatan. Minyak ini bisa menjadi pereda yang efektif. Jika kita menghirup uap dari minyak ini, uap tersebut bisa membuat lapisan lendir di rongga hidung berkurang.

    Setelah itu, oleskan juga minyak ini ke dada dan tenggorokan kita agar terasa hangat. Kandungan antibakteri dalam minyak eucalyptus dapat menghilangkan bakteri pada saluran pernapasan. Eucalyptus sendiri juga biasanya terkandung dalam bahan obat pilek. Untuk mereka yang sinusitis, juga bisa menggunakan minyak ini sebagai terapi alternatif. 


    (Baca Juga: 7 Obat Rumahan Saat Anak Sakit Flu)


    Itulah empat cara yang bisa kita lakukan dalam mengatasi hidung tersumbat yang mengganggu. Tapi jika dirasa kondisi hidung tersumbat sudah parah dan cukup lama, ada baiknya untuk periksakan juga ke dokter. Hidung tersumbat sendiri pun bisa menjadi tanda akan kondisi seperti alergi, di mana hidung tersumbat berarti berperan sebagai gejala. Tetaplah hindari penyebab hidung tersumbat dan jaga kesehatan.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below