Perhatikan 6 Cara Cepat Menyembuhkan Flu Dalam Semalam!


  • Perhatikan 6 Cara Cepat Menyembuhkan Flu Dalam Semalam!
    Cara Cepat Menyembuhkan Flu Dalam Semalam! (Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Cuaca yang sering berubah memang membuat tubuh kadang gampang sakit. Apalagi jika kesehatan tidak dijaga dengan benar. Biasanya penyakit yang paling sering datang adalah flu. Flu sama sekali tidak menyenangkan, makanya kamu harus tahu berbagai cara cepat menyembuhkan flu dalam semalam.




    (Baca juga: Waspada 3 Penyakit Ini Saat Musim Hujan!)


    Flu yang bisa diatasi dengan cepat takkan membuat kita terganggu, apalagi jika pekerjaan sedang sibuk-sibuknya, tentu kondisi flu ini sama sekali membuat tidak nyaman. Gejalanya meliputi pilek, batuk, hidung tersumbat dan gatal, sakit kepala, radang tenggorokan, dan paling menyebalkan ialah bersin-bersin.

    Agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu dengan adanya flu ini, maka simak apa saja cara cepat untuk membuatnya sembuh. Yuk cari tahu!

    1. Banyak Minum Air Putih

    Cara menyembuhkan flu dalam semalam

    (Jika flu, kamu harus banyak minum air putih agar membantu melembabkan selaput lendir. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Ketika flu menyerang, ini adalah hal utama yang harus kamu lakukan, yaitu banyak-banyak minum air putih. Biasanya saat flu sangat sering sekali keluar lendir dari area belakang tenggorokan sehingga dengan banyak minum air putih ini dapat membantu melembapkan selaput lendir tersebut supaya tidak banyak keluar.

    Terkadang tenggorokan juga terasa sangat kering dan sakit, membuatmu tidak nyaman sama sekali. Maka dengan minum air putih ini dapat membantu redakan gejala tersebut. Air putih juga sangat sehat, asalkan yang diminum adalah air putih biasa dan bukan air dingin dari kulkas.


    2. Istirahat Cukup

    Cara menyembuhkan flu dalam semalam

    (Istirahat yang cukup dapat memulihkan flu secara perlahan. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

    Saat gejala awal flu mulai menyerang, maka lakukan cara menyembuhkan flu dalam semalam yakni hindari yang namanya begadang. Jangan memaksakan diri karena akan semakin membuat kondisi tubuhmu jadi semakin drop. Ada baiknya istirahat di awal waktu dengan benar dan jangan begadang dulu.

    Apalagi dalam keadaan kepala yang sakit maka akan semakin sulit untuk berpikir dengan jernih. Istirahat cukup dapat membantu proses pemulihan daru flu menjadi lebih cepat.


    3. Posisikan Sandaran Lebih Tinggi Saat Tidur

    Hidung tersumbat membuat segalanya menjadi tidak menyenangkan, sebab kamu akan kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu posisi tidur kepala harus lebih tinggi dari badan. Kalau perlu kamu bisa menumpuk beberapa bantal supaya posisinya jauh lebih baik.

    Hal ini dapat melegakan saluran pernapasan sehingga kamu tidak lagi terganggu dengan yang namanya hidung tersumbat. Buat posisi senyaman mungkin dan jangan terlalu kaku agar badan tidak semakin pegal.


    (Baca juga: Cara Ampuh Mencegah Penyakit Flu Saat Musim Pancaroba)


    4. Mengkonsumsi Makanan Tertentu

    Makanan tertentu yang dimaksud di sini ialah yang baik untuk mengatasi flu. Di antaranya seperti pisang, wortel, lobak, bawang, cabai, teh dan banyak lagi lainnya. Bahkan banyak orang-orang yang makan sup ayam dalam keadaan hangat saat mereka mulai terserang flu.


    Hal ini dikarenakan sup ayam dalam kondisi hangat sangat baik untuk tubuh dan membuatnya lebih nyaman. Beberapa bahan di atas juga mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang bagus untuk mengatasi peradangan, memecah lendir, hingga bagus untuk melawan infeksi.


    5. Coba Mandi dengan Air Hangat

    Cara terbaik untuk mengatasi gejala flu lainnya ialah dengan mandi air hangat. Menghirup uap yang terdapat pada air hangat bisa melegakan hidung tersumbat, setidaknya bisa sedikit meringankan. Bahkan bisa juga membuat badan lebih rileks dan tidak kaku.

    Namun, tentu saja kamu harus memperhatikan kondisi tubuh juga. Apabila ada demam atau lemas, sebaiknya mandi air hangat ini tak perlu dilakukan. Kamu bisa mencoba cara lain seperti kompres dan semacamnya.


    6. Konsumsi Obat Flu

    Kalau cara-cara di atas sudah dilakukan dan kamu hendak istirahat, maka jangan lupa untuk konsumsi obat flu terlebih dahulu. Beberapa flu memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi jangka waktunya tentu cukup lama. Sementara dengan bantuan obat yang tepat proses penyembuhan bisa jadi lebih cepat.

    Gunakan obat yang benar-benar cocok untukmu. Perhatikan dulu kandungan dalam obat tersebut agar tidak salah pilih dan kamu bisa cepat sembuh.


    (Baca juga: 7 Obat Rumahan Saat Anak Sakit Flu)


    Menjaga diri dari segala macam virus sekalipun itu hanya flu biasa tentu sangat penting. Namun, jika memang sulit karena pekerjaanmu menuntut untuk interaksi dengan orang banyak, maka pelajari juga cara cepat menyembuhkan flu dalam semalam agar tahu apa yang dilakukan saat itu terjadi.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below