Ketahui 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan


  • Ketahui 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan
    (Manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Foto: Dok.Daria Shevtsova/Pexels)

    Buah alpukat sudah diketahui banyak orang karena memiliki segudang manfaat bagi tubuh yang tak perlu diragukan lagi. Manfaat tersebut diperoleh dari berbagai nutrisi yang terkandung pada buah berwarna hijau ini. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

    Selain itu, buah alpukat juga dikenal karena terdapat kandungan lemak baiknya, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. 

    Dari berbagai kandungan dan nutrisi yang telah disebutkan, berikut ini terdapat manfaat alpukat untuk kesehatan. 




    1. Membantu Menjaga Berat Badan 

    manfaat buah alpukat
    (Buah alpukat mampu menjaga berat badan. Foto: Dok. SHVETS production/Pexels)


    Kandungan serat dan karbohidrat yang ada pada alpukat dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Meski mengandung lemak, tapi buah ini tidak akan membuat berat badanmu naik karena kandungan lemak yang ada merupakan lemak baik. 


    Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah alpukat secara berlebihan. Ini karena kandungan kalori dalam buah alpukat yang bisa dikatakan cukup tinggi, yaitu sekitar 150 sampai 200 kalori pada satu buahnya. Tak hanya itu saja, kamu juga disarankan untuk berolahraga secara rutin agar mendapatkan berat badan ideal. 


    2. Menjaga Kesehatan Mata 


    Selain memiliki kandungan lemak baik, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan guna mencegah dan memperbaiki kerusakan mata.


    Asupan lutein dan zeaxhantin yang cukup juga baik untuk mencegah penyakit pada mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula. 


    (Baca Juga: 6 Manfaat Wortel Yang Baik Untuk Kesehatan)


    3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

    manfaat buah alpukat

    (Risiko penyakit jantung bisa diatasi dengan mengonsumsi alpukat. Foto: Dok.eternalcreative/iStock)


    Berkat kandungan lemak baik, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral, manfaat buah alpukat untuk kesehatan juga baik bagi kondisi jantung. Jika kamu rutin mengonsumsi buah dan sayuran, termasuk buah alpukat, maka akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.


    Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. 

    4. Mencegah Sembelit 


    Sembelit dapat terjadi karena kamu kurang asupan serat atau tidak terpenuhinya asupan cairan harian tubuh. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memenuhi asupan serat dan minum setidaknya dua liter setiap hari. Nah, asupan serat ini juga bisa kamu dapatkan dari buah alpukat. 


    5. Meminimalisir Risiko Terjadinya Kanker

    manfaat buah alpukat

    (Buah alpukat baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Foto: Dok.peterschreiber.media/iStock)


    Salah satu makanan sehat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker adalah sayuran dan buah-buahan, termasuk alpukat. Ini karena kandungan yang ada pada buah alpukat terdapat beragam nutrisi dan antioksidan, seperti asam oleat (OEA), vitamin C, vitamin E, dan lutein, yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.


    Tak hanya pada buah alpukat, dalam sebuah riset menunjukkan bahwa beragam zat yang bersifat antikanker juga terdapat pada bijinya. Namun, efektivitas manfaat alpukat yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

    Guna meminimalkan risiko munculnya kanker, kamu juga perlu menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, dan berolahraga secara rutin. 


    (Baca Juga: 6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil)

    6. Meningkatkan Daya Ingat dan Kesehatan Otak 


    Kandungan asam oleat (OEA) yang ada pada buah alpukat, yaitu asam lemak omega-9 berhubungan dengan peningkatan kemampuan kognitif. Dalam sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan oleh “Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America” menemukan bahwa jenis asam lemak omega-9 dalam alpukat dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. 


    Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi buah alpukat ini secara rutin agar kemampuan daya ingat dan kesehatan otak bisa terjaga. 


    Itulah segudang manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah alpukat juga bisa diolah menjadi beragam hidangan, mulai dari jus atau smoothies, bahan roti isi atau sandwich, hingga es buah. Yuk, masukkan buah alpukat dalam list makananmu sehari-hari. 

    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below