6 Manfaat Wortel Yang Baik Untuk Kesehatan


  • 6 Manfaat Wortel Yang Baik Untuk Kesehatan
    (Manfaat baik wortel untuk kesehatan. Foto: Dok.Suzy Hazelwood/Pexels)

    Wortel adalah jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang ada dalam wortel di antaranya ada Vitamin A, Vitamin C, protein dan serat. Salah satu manfaat wortel yang sudah banyak diketahui orang adalah baik untuk kesehatan mata. Namun tak hanya itu saja, makanan berwarna oranye ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat wortel yang bisa kamu dapatkan.


    1. Mengurangi Risiko Kanker 

    manfaat wortel



    (Wortel diyakini mampu mengurangi berbagai risiko kanker. Foto: Dok.staticnak1983/iStock)

    Kanker muncul karena ada pembentukan dari berbagai sel abnormal yang tidak terkendali. Namun, kamu tidak perlu bingung mencari cara untuk mengobati kanker ini. Bila kamu rutin mengonsumsi wortel maka diyakini bisa mengurangi risiko kanker yang ada pada tubuh.

    Hal ini karena wortel mempunyai kadar antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, dan antosianin. Kandungan tersebut mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker. 


    2. Menurunkan Kolesterol 

    Jika kamu menyukai makanan seperti fast food, seafood, dan gorengan maka kadar kolesterol yang ada di tubuh akan meningkat. Salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah wortel. Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


    (Baca Juga: Manfaat Jus Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh)


    3. Menjaga Kesehatan Jantung 

    manfaat wortel

    (Konsumsi wortel secara rutin dapat mengatasi masalah pada jantung. Foto: Dok.Panupong Piewkleng/iStock)

    Tidak hanya menurunkan kolesterol, kandungan wortel yang ada juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit jantung. Terutama, masalah sumbatan pada pembuluh darah jantung atau penyakit jantung koroner.

    Hal ini karena di dalam wortel terdapat zat-zat yang mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, penurunan tekanan darah serta memperlambat efek penuaan. Kamu bisa mengonsumsi wortel yang masih segar untuk di jus atau bahkan dijadikan sayur, bukan wortel dalam bentuk kaleng. 


    4. Menyehatkan Kulit

    Manfaat wortel lainnya juga bisa dirasakan jika kamu mempunyai riwayat penyakit pada kulit seperti ruam atau psoriasis, konsumsi jus wortel bisa jadi solusi alami yang tepat. Pasalnya, vitamin C yang terkandung dalam wortel mampu mendorong pembentukan kolagen, sejenis protein yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit.

    Selain itu, beta karoten pada wortel juga mampu mengurangi peradangan yang ada pada kulit, melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mempercepat proses pemulihan. Secara keseluruhan, wortel mampu untuk memperbaiki tampilan kulit.


    5. Membantu Menurunkan Berat Badan

    Jika kamu dalam proses diet, minum jus wortel dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena wortel rendah kalori dan tinggi serat. Mengonsumsi umbi ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama tanpa harus mengonsumsi makanan berkalori ekstra.

    Wortel juga dapat meningkatkan produksi empedu. Hal ini dapat meningkatkan laju metabolisme karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Tidak hanya serat yang membuat kenyang, wortel juga mampu memberikan energi meski belum makan. 


    (Baca Juga: Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan)


    6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

    manfaat wortel

    (Kandungan yang ada pada wortel dipercaya bisa meningkatkan kadar imun tubuh. Foto: Dok.NiseriN/iStock)

    Di masa pandemi seperti saat ini, kekuatan dari imunitas tubuh sangat diperlukan. Ini karena tubuh harus mampu menangkal segala jenis penyakit yang sedang mewabah di dunia. Selain mengonsumsi vitamin, kamu juga perlu memenuhi imun dengan makanan yang sehat, salah satunya wortel. Wortel dipercaya dapat meningkatkan kadar imun dalam tubuh. Ini karena wortel memiliki kandungan vitamin A, biotin, vitamin K1, kalium, dan vitamin B6.

    Selain itu, wortel juga kaya akan beta-karoten. Beta-karoten itulah yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini selain membantu meningkatkan penglihatan yang baik, berperan pula untuk pertumbuhan, perkembangan, dan imunitas tubuh. 


    Itulah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh. Namun, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi wortel secara berlebihan. Hal ini karena kandungan beta karoten yang pada wortel dapat menjadikan kulit terlihat kekuningan untuk sementara.

    Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan asupan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Jika kamu kelebihan vitamin A dalam tubuh maka akan menyebabkan keracunan, apalagi jika kamu juga mengonsumsi obat-obatan yang berbasis vitamin ini, seperti isotretinoin.

    Jadi, kamu tetap bisa mengonsumsi wortel tapi dalam jumlah yang wajar agar kamu tetap memperoleh manfaat yang baik tanpa mengalami dampak negatif.


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below