6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil


  • 6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil
    Manfaat buah pisang untuk menjaga kesehatan ibu hamil. (Foto: Dok. Alleksana/Pexels)

    Selama masa kehamilan, seorang calon ibu wajib memperhatikan makanan dan minuman yang ia konsumsi setiap hari. Pasalnya, apa yang dimakan oleh ibu hamil akan berdampak langsung pada sang jabang bayi. Biasanya ibu hamil selalu disarankan untuk lebih sering mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan susu yang diformulasikan khusus.


    Untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada janin, ibu hamil juga wajib mengonsumsi buah jeruk karena mengandung tinggi folat guna membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Selain buah jeruk, adapun buah pisang yang menyediakan cukup kalori dan serat sebagai penambah stamina pada ibu hamil agar tidak kekurangan energi dan mudah kelelahan selama 9 bulan mengandung.




    (Baca Juga : Mencegah Penyakit Kanker, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Zinc)


    Perlu dicatat para calon ibu yang sedang mengandung, rutin makan buah pisang setiap hari juga dapat mengatasi rasa mual berlebihan saat morning sickness datang, lho. Mudah dicerna dan membantu mencegah anemia, simak deretan manfaat mengonsumsi pisang untuk ibu hamil berikut ini.


    1. Membantu perkembangan sistem saraf pada janin


    (Manfaat baik mengonsumsi buah pisang bagi ibu hamil adalah membantu menutrisi otak janin. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Salah satu buah yang mempunyai sumber vitamin B6, mengonsumsi pisang bagi ibu hamil dapat membantu perkembangan sistem saraf pusat pada janin. Maka dari itu, rutin mengonsumsi pisang secara teratur pada trimester pertama kehamilan terbukti berdampak baik bagi perkembangan otak sang calon anak juga.


    2. Meredakan asam lambung pada ibu hamil


    Terserang asam lambung saat memasuki trisemester kedua dan ketiga adalah hal yang normal bagi ibu hamil. Cukup merepotkan karena tidak bisa beraktivitas seperti biasa, jika ibu hamil sedang terkena asam lambung, alangkah baiknya untuk mengonsumsi buah pisang sebelum makan makanan berat.

    Sebab, buah pisang merupakan sumber potasium yang baik untuk membantu redakan asam lambung. Selain dikonsumsi saat sarapan pagi, buah pisang juga bisa dijadikan camilan ringan untuk menemani ibu hamil selama beristirahat di rumah.


    3. Menjaga tekanan darah agar tetap normal

     Manfaat pisang untuk ibu hamil

    (Mengonsumsi buah pisang selama mengandung dapat membantu menjaga tekanan darah pada ibu hamil. Foto: Dok. Tara Winstead/Pexels)


    Seiring pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam perut, otomatis tubuh sang calon ibu juga ikut mengalami perubahan selama masa kehamilan. Salah satu perubahan yang dapat terjadi pada wanita ketika hamil adalah tekanan darah yang menjadi lebih tinggi.

    Menghindari makanan yang mengandung tinggi garam, MSG, dan mengandung lemak jenuh, dengan rutin mengonsumsi buah pisang dapat membantu menjaga tekanan darah ibu hamil agar tetap normal.


    (Baca Juga : 6 Makanan Sumber Zat Besi Pencegah Anemia)


    4. Menangkal radikal bebas



    Polusi udara yang semakin memburuk setiap harinya membuat setiap individu memberikan proteksi dari dalam melalui suplemen dan makanan sehat agar terhindar dari radikal bebas. Begitu juga dengan ibu hamil.

    Dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar, ibu hamil tidak akan mudah terkena gangguan kesehatan akibat radikal bebas. Salah satu manfaat baik dari makan buah pisang saat kehamilan adalah menangkal radikal bebas, penyebab gangguan kesehatan ovarium dan organ reproduksi.



    5. Mengatasi sulit buang air besar


    Tanpa disadari, ibu hamil yang senang mengonsumsi makanan kurang sehat selama mengandung dapat menyebabkan terjadinya susah BAB. Selain itu, malas bergerak dan tidak pernah minum air putih juga jadi penyebab sulit mengeluarkan feses.


    Agar hal tidak nyaman ini terjadi padamu lagi, alangkah baiknya untuk mulai mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat, seperti buah pisang segar. Pasalnya, pisang adalah buah kaya serat yang tak larut air. Berperan penting dalam melancarkan proses BAB, jenis serat tersebut akan membantu menyerap air lebih banyak ke dalam usus untuk memudahkan mendorong racun keluar dari dalam tubuh.


    6. Menjaga kulit tetap sehat selama kehamilan

     Manfaat pisang untuk ibu hamil

    (Rutin mengonsumsi buah pisang juga dapat menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Foto: Dok. Daniel Reche/Pexels)


    Seperti yang diketahui, wanita hamil pasti akan mengalami timbulnya guratan di kulit berwarna merah mudah, abu-abu, atau keunguan yang sering disebut stretch marks. Dapat terjadi di area sekitar perut, paha, bokong, lengan, dan payudara, hadirnya stretch marks pada masa mengandung kerap membuat beberapa ibu hamil tidak percaya diri dengan tubuhnya.


    Aplikasikan pelembap khusus dan banyak minum air putih, stretch marks akan memudar dengan sendirinya jika kamu rajin mengonsumsi buah-buahan yang kaya sumber vitamin C. Selain segarnya buah jeruk, makanan dengan olahan dasar buah pisang juga akan membantu menjaga kesehatan kulit ibu hamil dari paparan sinar matahari selama mengandung.


    (Baca Juga : 4 Fakta Bercinta Saat Hamil)


    Nah, itulah dia sederet manfaat mengonsumsi buah pisang bagi para ibu hamil. Jika kamu tidak terlalu mengonsumsi buah pisang secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi smoothie bowl dingin dengan tambahan buah segar lainnya. Selamat mencoba, ladies!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below