5 Makanan Yang Bisa Mempercepat Haid


  • 5 Makanan Yang Bisa Mempercepat Haid
    Beberapa makanan mempunyai kandungan yang bisa memengaruhi aliran darah. (Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Masa haid atau menstruasi adalah hal yang natural dialami oleh wanita. Menstruasi sendiri adalah pelepasan darah dari lapisan dalam rahim melalui vagina yang terjadi sebulan sekali dalam siklus wanita. Namun, ada kalanya siklus tersebut tidak teratur atau normal karena berbagai hal. Masa haid yang tidak teratur juga menyangkut haid yang dialami dua kali dalam sebulan.


    Untuk mereka yang bukan pertama kalinya tidak haid dalam sebulan terkadang menjadi cemas. Haid itu normal terjadi tanpa kamu melakukan apa pun, seperti saat pertama kali kamu haid. Haid terjadi di waktunya sendiri, tapi ada juga beberapa wanita yang ingin mempercepat hal tersebut sebelum waktunya. Caranya adalah lewat makanan. Apa saja makanan yang bisa mempercepat haid? Simak jawabannya di bawah ini.




    1. Kunyit

    makanan yang bisa mempercepat haid

    (Kunyit dikatakan bisa mempercepat haid. Foto: Dok. Marta Branco/Pexels)


    Kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa kunyit adalah makanan yang bisa membantu percepat haid. Ini karena, kunyit dipercaya dapat mempengaruhi tingkat estrogen dan progesteron sehingga dapat merangsang menstruasi tersebut. Kandungan kunyit yang mempunyai sifat emmenagogue itu merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim.


    Selain dapat mempercepat haid, kunyit juga bisa sangat berguna untuk kamu yang setiap bulannya merasakan nyeri ketika haid. Meski ini adalah hal yang umum, nyeri bisa mengganggu aktivitas kamu. Sifat analgesik yang ada pada kunyit bisa mengurangi rasa nyeri tersebut. Kandungan lainnya, yaitu kurkumin juga menghambat hormon yang bisa menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.


    2. Jahe


    Selain kunyit, ternyata jahe juga mempunyai kekuatan yang sama. Tentunya kedua bahan ini bisa kamu olah menjadi makanan juga yang membuatnya dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Jahe juga bisa membuat haid kamu lancar, karena jahe mengatur aliran menstruasi dalam tubuh. Kandungan jahe bermanfaat untuk memicu kontraksi otot, sehingga membantu mempercepat rahim melepaskan lapisannya.


    Dikatakan bahwa senyawa di dalam jahe dapat melindungi tubuh kamu dari peradangan. Selain itu, efek hangat alami jahe juga bisa membantu mengurangi nyeri haid. Jahe pun berperan sebagai anti-inflamasi dan antioksidan bagi tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kamu, karena jahe mengandung banyak vitamin, serat, kalsium, dan nutrisi lainnya.


    3. Kacang kedelai

    makanan yang bisa mempercepat haid

    (Kedelai bisa dikonsumsi menjadi berbagai bentuk untuk masa haid. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


    Apakah kamu suka dengan kacang kedelai? Tanaman yang satu ini banyak diolah menjadi berbagai makanan, bahkan juga susu kedelai yang umum dijumpai. Kedelai yang mempunyai kandungan kaya protein, vitamin, dan mineral ini juga disertai dengan fitoestrogen berupa isoflavon. Isoflavon inilah yang dapat bekerja memengaruhi kadar estrogen dalam tubuh.


    Kedelai tidak hanya bermanfaat untuk nyeri haid, tapi nutrisinya juga bisa menjaga kesehatan reproduksi tubuh. Kedelai pun mengurangi gejala pra menstruasi yang tidak nyaman seperti perut kembung dan sakit kepala. Sebelum atau selama haid, kamu bisa mengonsumsi dua porsi kedelai dan olahannya untuk membantu meringankan rasa sakit yang berlebihan.


    4. Peterseli


    Vitamin C pada umumnya bisa membantu mempercepat haid. Begitu juga yang terdapat dalam peterseli, serta senyawa apiol dan myristicin yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Peterseli juga kaya akan senyawa bioaktif, dimana senyawa itu meningkatkan aktivitas estrogenik dalam tubuh. Peterseli adalah bahan alami yang diperaya efektif memperlancar siklus menstruasi.


    Rasa sakit yang sering terjadi di awal menstruasi bisa berkurang dengan peterseli, karena tanaman ini adalah agen antispasmodik yang baik. Peterseli bisa kamu konsumsi di dalam makanan, atau membuatnya menjadi teh. Kamu bisa mengonsumsinya dua kali sehari. Tapi, sebaiknya peterseli tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.


    (Baca Juga: 6 Solusi Agar Menstruasi Lancar)


    5. Pepaya

    makanan yang bisa mempercepat haid

    (Buah pepaya juga turut membantu mempercepat haid. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Senyawa karoten dalam pepaya bisa mendorong kadar estrogen dalam tubuh. Buah pepaya juga bersifat uterotonik yang bisa merangsang kontraksi rahim dan menginduksi sehingga membantu haid cepat keluar. Cara konsumsinya juga mudah, kamu bisa memakannya secara langsung, atau menjadikannya sebagai jus, dua kali sehari.


    (Baca Juga: Selain Cegah Kanker, Berikut 11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan)


    Nah, itulah beberapa makanan yang bisa mempercepat haid. Ingat, masa haid yang tidak teratur juga bisa disebakan oleh pola makan yang tidak teratur. Untuk itu, tetaplah melakukan pola hidup yang sehat, berolahraga, dan juga melakukan relaksasi diri karena itu juga penting, semoga membantu.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below