Penyebab Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya


  • Penyebab Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya
    (Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan. Foto: Dok.Sofia Zhuravets/iStock)

    Radang tenggorokan kerap menjadi penyakit yang dikeluhkan banyak orang saat pergantian musim. Rasanya yang nyeri membuat seseorang sulit untuk menelan. Seperti namanya, radang tenggorokan adalah kondisi ketika tenggorokan mengalami peradangan akibat infeksi. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut faringitis yang berarti terjadi radang di bagian faring atau belakang tenggorokan.

    Peyebab infeksi tersebut bisa virus maupun bakteri. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari radang tenggorokan. 

    Penyebab Radang Tenggorokan 

    Penyebab Radang Tenggorokan

    (Alergi bisa menyebabkan radang tenggorokan. Foto: Dok.South_agency/iStock)


    Virus 




    Penyebab radang tenggorokan secara umum terjadi karena adanya virus. Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Jenis virus yang bisa menyebabkan radang tenggorokan seperti rhinovirus, influenza, mononucleosis, EBV, Coronavirus, dan banyak lagi.


    Infeksi Bakteri 


    Penyebab radang tenggorokan yang kedua adalah bakteri. Infeksi bakteri ini yang paling umum terjadi adalah Streptococcus pyogenes (streptococcus grup A) yang menyebabkan radang tenggorokan. Radang tenggorokan jenis ini bisa menjadi penyebab hampir 40 persen kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. Tonsilitis dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.


    Alergi 


    Radang tenggorokan yang terjadi pada seseorang bisa disebabkan karena adanya alergi pada debu, jamur, bulu binatang, dan serbuk sari bunga. Bahan-bahan pemicu radang tersebut dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan merupakan penyebab utama alergi yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

    (Baca Juga: Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya)


    Cedera dan Ketegangan Otot


    Jika kamu suka berteriak, hati-hati akan menyebabkan radang tenggorokan. Dengan berteriak otot tenggorokan menjadi cedera dan tegang, sehingga memicu terjadinya radang tenggorokan.


    Pola Hidup tidak Sehat


    Kebiasaan umum banyak orang yaitu tidak menerapkan pola hidup sehat. Terlalu banyak makan gorengan, minum alkohol dan merokok tentu bisa mengiritasi tenggorokan. Maka disarankan untuk mencoba pola hidup sehat dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran serta berolahraga agar terhidar dari radang tenggorokan. 


    GERD

    Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) ini ditandai dengan rasa nyeri pada ulu hati akibat asam lambung yang naik menuju esofagus. Esofagus sendiri merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Saat seseorang mengalami GERD, kondisi ini bisa memicu terjadinya radang tenggorokan. 


    Mengidap Tumor Tenggorokan 


    Tumor tenggorokan, lidah atau kotak suara (laring) dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh tumor atau kanker biasanya tidak akan hilang setelah beberapa hari. Tanda atau gejala lain dari tumor tenggorokan ini yakni suara serak, kesulitan menelan, pernapasan berisik, benjolan di leher, dan darah di air liur atau dahak.  Namun kamu tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara untuk mengatasi radang tenggorokan ini.


    Cara Mengatasi Radang Tenggorokan  

    Cara Mnegatasi Radang Tenggorokan

    (Cukup istirahat dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Foto: Dok.Ketut Subiyanto/Pexels)


    Perbanyak Istirahat 


    Istirahat merupakan cara yang mudah untuk mengobati radang tenggorokan. Pasalnya, dengan tidur yang cukup akan membantu memulihkan peradangan atau infeksi. Selain itu,  kamu juga akan memberikan waktu kepada tubuh untuk membentuk sistem kekebalan tubuh lebih baik sehingga lebih cepat pulih.

    (Baca Juga: Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!)

    Konsumsi Banyak Air Putih


    Kamu perlu menjaga tenggorokanmu agar tidak kering, caranya adalah dengan mengonsumsi air putih. Ini karena tenggorokan yang kering akan terasa tidak nyaman dan menganggu aktivitas. Kalau bisa kamu mengonsumsi air putih hangat karena dengan air hangat maka akan membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasinya lancar. Dengan sirkulasi lancar, infeksi sekunder seperti sinus pun bisa diantisipasi. 


    Kumur Air Garam 


    Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Air garam juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Kamu bisa membuat air garam ini dengan melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah secara rutin guna membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga kebersihan tenggorokan. 


    Minum Air Jahe 


    Selain air putih hangat, kamu juga bisa mengonsumsi air jahe. Sebab, jahe merupakan tanaman herbal dengan efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Efek anti-inflamasi dari jahe dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan meredakan peradangan. 


    Minum Air Lemon 


    Tidak hanya air jahe, lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Konsumsi air lemon dalam keadaan hangat akan membuat tenggorokan terasa nyaman. 


    Menghindari Paparan Asap Rokok dan Berhenti Merokok


    Jika kamu ingin menghilangkan radang tenggorokan, menghindari asap rokok bisa menjadi cara yang efektif. Apalagi bila radang tenggorokan yang kamu alami disebabkan oleh infeksi. Oleh karena itu, apabila kamu mempunyai kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan terlebih dahulu. 


    Radang tenggorokan memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, segera atasi radang tenggorokan dengan tepat berdasarkan penyebabnya. Jika cara-cara di atas belum mampu mengobati radang tenggorokan, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below