Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya


  • Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya
    Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya. (Foto: Dok. Ronailson Santos/Pexels)

    Umumnya bau mulut disebabkan oleh bakteri atau sisa makanan yang menumpuk di rongga gigi. Penyebab lain seseorang bisa menderita bau mulut karena kurang tepat dalam menyikat gigi. Bikin lawan bicara terganggu, kamu bisa mengonsumsi susu maupun yogurt setelah makan makanan berbau menyengat, sebab ini merupakan cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya paling sederhana tapi efektif.


    (Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Ini)




    Selain mengonsumsi susu dan yogurt setelah makan, cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya dengan berkumur menggunakan air rebusan daun sirih hangat sebelum tidur juga bisa kamu coba. Jika susu dan yogurt berperan dalam membasmi bakteri jahat penyebab bau mulut, maka air rebusan daun diri bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mengandung anti bakteri serta anti radang.


    Ingin tahu lebih banyak tentang cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya? Simak penjelasannya berikut ini supaya kamu lebih percaya diri saat bersosialisasi.


    1. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C

    Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya

    (Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Foto: Dok. Gilmer Diaz Estela/Pexels)


    Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Seperti buah jeruk dan buah apel, kedua buah yang mengandung zat asam aktif ini dianggap ampuh dalam membasmi bakteri penyebab bau mulut.

    Bisa merangsang produksi air liur dalam mulut, mengonsumsi buah jeruk dan apel tidak akan membuat mulut mengeluarkan aroma-aroma tidak sedap. Selain membuat kebutuhan vitamin dalam tubuh pertambah, mengonsumsi buah setiap hari juga akan membantu menahan nafsu makan.


    2. Berkumur dengan air jahe


    Terkenal dengan kemampuannya meredakan rasa mual ketika masuk angin menyerang, jahe juga berperan penting dalam menghilangkan aroma tak sedap pada mulut. Hanya mengandalkan sari jahe, dijamin bau mulut akan hilang selamanya.

    Mudah dilakukan di rumah, kamu tinggal parut 1 atau 2 ruas jahe sampai halus. Peras parutan jahe tadi sampai mengeluarkan sari airnya, kemudian campurkan sari jahe ini ke dalam satu gelas air hangat.

    Gunakan untuk obat kumur setiap habis selesai makan, sari dari parutan jahe dapat menjaga kesehatan mulut tetap segar karena memiliki sifat antimikroba yang bantu hilangkan bau tak sedap serta berbagai jenis infeksi tenggorokan.


    3. Berkumur dengan larutan soda kue

    Bahan dasar makanan untuk membuat cake satu ini juga sering dimanfaatkan untuk membantu hilangkan bau mulut. Efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut, soda kue dapat dilarutkan dalam air hangat untuk dijadikan sebagai obat kumur sebelum tidur.

    Caranya mudah ditiru, ambil tiga sendok teh soda kue, kemudian larutkan ke dalam satu gelas air hangat. Kumur-kumur selama 30 detik, lalu bilas dengan air bersih biasa.

    Cukup sederhana untuk menghilangkan bau mulut selamanya, berkumur dengan larutan soda kue juga efektif membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.


    (Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Tepat)


    4. Minum teh hijau

    Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya

    (Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya dengan minum teh hijau. Foto: Dok. Karen Laårk Boshoff/Pexels)


    Memberikan efek rileks pada pikiran, mengonsumsi teh hijau juga berguna untuk menghilangkan bau mulut secara permanen. Pasalnya kandungan antiseptik pada teh hijau bermanfaat baik membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut.


    5. Rajin minum air putih

    Paling sederhana dan tidak perlu ribet, cara menghilangkan bau mulut untuk selama bisa dilakukan dengan rajin minum air putih. Sebab, mulut kering karena kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap pada seseorang.

    Bisa meningkatkan produksi air liur di mulut, rajin minum air putih dianggap ampuh meminimalisir terjadinya sakit tenggorokan, mulut kering, dan bau mulut. Jadi mulai sekarang, kamu wajib minum air putih secukupnya.


    6. Jangan lupa membersihkan lidah

    Sering kali dianggap remeh oleh sebagian individu, membersihkan lidah ternyata dapat membantu menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Jangan hanya gigi saja yang dibersihkan, membersihkan lidah wajib jadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

    Adapun cara membersihkan lidah dengan tepat yang bisa kamu ikuti, dimulai dari menggosok pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung secara perlahan menggunakan sikat gigi. Kemudian kumur-kumur menggunakan air bersih seperti biasa dan ulangi kebiasaan ini untuk menghilangkan bau mulut permanen.


    7. Flossing setelah sikat gigi

    Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya

    (Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya dengan flossing gigi. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


    Flossing gigi dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Jika rutin dilakukan, maka aroma tak sedap pada mulut akan hilang secara permanen.

    Pada dasarnya flossing bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi. Saat menggunakan benang gigi khusus, hindari menarik atau menggesek benang terlalu keras supaya menghindari sela gigi terluka.


    (Baca juga : 5 Hal yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut)


    Tingkatkan rasa percaya dirimu lagi, itulah dia beberapa cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya yang mudah dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selamat mencoba!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below