Tak Perlu Panik, Ini 7 Penyebab Menstruasi Telat


  • Tak Perlu Panik, Ini 7 Penyebab Menstruasi Telat
    (Penyebab menstruasi telat. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)

    Banyak wanita mengetahui kalau menstruasi yang datang terlambat merupakan pertanda kehamilan. Padahal, kondisi ini tidak hanya dialami oleh orang yang sedang hamil. Telat menstruasi juga bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan yang perlu mendapatkan penanganan dokter. 

    Pada umumnya, siklus menstruasi tiap wanita berbeda-beda. Namun, siklus yang normal adalah 21–35 hari, terhitung dari hari menstruasi terakhir. Nah, kamu bisa dikatakan mengalami menstruasi terlambat jika tidak menstruasi selama 35 hari atau lebih.

    Meski umum terjadi, kamu dianjurkan untuk tetap waspada karena ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Berikut ini beberapa penyebab menstruasi telat. 



    1. Stres

    Penyebab menstruasi telat

    (Stress merupakan salah satu penyebab siklus menstruasi datang telat. Foto: Dok.Panupong Piewkleng/iStock)


    Saat kamu sedang stres, produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Hal inilah yang membuat siklus menstruasi akan menjadi telat.  Namun kamu tak perlu khawatir jika siklus menstruasi terganggu akibat stres, kamu bisa mengatasinya dengan teknik relaksasi, melakukan sesuatu yang disukai, atau mendengarkan musik agar pikiranmu menjadi lebih tenang dan siklus menstruasimu menjadi lancar kembali. 


    2. Kelebihan Berat Badan (Obesitas) 


    Penambahan berat badan bisa memicu perubahan hormon pada wanita. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas, memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami menstruasi terlambat.

    Hal ini bisa diatasi dengan diet dan olahraga yang juga disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor penyebab menstruasi terlambat yang kamu alami.


    (Baca Juga: 6 Solusi Agar Menstruasi Lancar)


    3. Penurunan Berat Badan 


    Tidak hanya berat badan berlebih saja yang dapat mengganggu siklus menstruasi, ternyata jika kamu mengalami penurunan berat badan bisa menjadi penyebab menstruasi telat. Sebab, penurunan berat badan dapat menyebabkan kondisi tubuh yang berbulan-bulan tanpa berovulasi atau lapisan endometrium tumbuh terlalu cepat dan menjadi tidak stabil, sehingga terjadi menstruasi yang berat, tidak teratur, atau terlambat. 

    Jika kamu mengalami kondisi ini, makan secara teratur dan juga menaikkan berat badan secara sehat sehingga bisa mengembalikan siklus menstruasi yang normal.


    4. Terlalu Sering Merokok 

    Penyebab menstruasi telat
    (Wanita yang suka merokok bisa memicu terjadinya siklus menstruasi yang telat. Foto: Dok.lilartsy/Pexels)


    Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi dan salah satunya adalah menstruasi yang datang telat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi. Maka dari itu, bagi kamu yang merokok disarankan untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok agar memperlancar siklus menstruasi. 

    5. Perubahan Jadwal Istirahat 


    Perubahan jadwal istirahat ini, misalnya kamu sudah terbiasa bekerja di malam bukan siang hari atau sebaliknya sehingga kamu baru beristirahat penuh di siang hari. Hal ini ternyata dapat mengacaukan metabolisme tubuh, sehingga menjadi penyebab telat menstruasi.

    Mengubah jadwal dapat mengganggu jam tubuh yang sudah menjadi kebiasaan kamu. Jika kamu sering mengubah shift kerja dari siang ke malam, atau jika jadwal umumnya tidak menentu, ini membuat siklus menstruasi menjadi bisa sangat tidak terduga.


    (Baca Juga: Endometriosis, Penyebab Nyeri Hebat Saat Menstruasi)


    6. Hormon Prolaktin Berlebih 


    Menstruasi yang telat bisa disebabkan karena produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini akan meningkat pada masa menyusui, tetapi juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, hipotiroid, dan tumor kelenjar pituitari di otak.

    Peningkatan hormon prolaktin ini dapat memengaruhi kinerja hormon lain, seperti hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam proses menstruasi sehingga dapat memicu telat menstruasi.


    7. Gangguan tiroid

    Penyebab menstruasi telat

    (Menstruasi yang telat juga bisa terjadi akibat adanya gangguan di kelenjar tiroid. Foto: Dok.Tharakorn/iStock)


    Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, maka siklus menstruasi pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid yang bermasalah dapat dikenali dengan gejala berupa lelah, penurunan berat badan secara drastis, rambut rontok, dan sensitif terhadap suhu panas atau dingin. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena gangguan pada tiroid dapat ditangani dengan obat-obatan dan operasi. Menstruasi pun akan kembali normal setelah gangguan tiroid ditangani oleh dokter.


    Itulah beberapa penyebab menstruasi datang telat, jika kamu mengalami menstruasi telat lebih dari tiga periode secara berturut-turut dan tes kehamilan menunjukkan hasil negatif, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memastikan penyebab menstruasi terlambat yang kamu alami dan menentukan penanganan sesuai kondisi kesehatanmu. 

    (Penulis: Tiara Kandida E) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below