Life & health

Endometriosis, Penyebab Nyeri Hebat Saat Menstruasi

By : Her World Indonesia - 2021-04-29 14:00:01 Endometriosis, Penyebab Nyeri Hebat Saat Menstruasi

Kamu sering nyeri saat haid? Perlu kamu ketahui, bahwa nyeri haid adalah nyeri atau kram di area perut dialami oleh wanita menjelang atau selama haid yang disebabkan oleh otot rahim yang berkontraksi. Namun, nyeri haid juga dapat semakin parah dan berakhir dengan mengonsumsi obat nyeri yang dikarenakan banyak wanita yang masih menganggapnya remeh. Nyeri yang parah ini disebabkan oleh endometriosis.


(dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp.OG-KFER merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi dan Reproduksi Rumah Sakit Pondok Indah. Foto: Dok. RSPI)

Berdasarkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi dan Reproduksi Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp.OG-KFER, endometriosis adalah jaringan yang membentuk lapisan dalam dan di luar rahim. Kondisi ini dapat tumbuh pada organ lain di dalam panggul atau perut sehingga dapat menyebabkan pendarahan, infeksi dan nyeri panggul. Nyeri yang berasal dari endometriosis ini dapat berupa rasa sakit, kram, perasaan terbakar yang dapat dirasakan cukup ringan atau bahkan sangat parah yang dapat membuat turunnya kualitas hidup.


(Baca Juga: Kolesterol Naik Saat Puasa, Apa Penyebabnya?)


Jika kamu masih menganggap endometriosis merupakan hal yang sepele. Maka, penanganan terhadap endometriosis akan menjadi lebih rumit. Selain rasa nyeri saat menstruasi, penyakit ini juga dapat timbul saat berhubungan seksual, buang air kecil dan besar, diare, mual, muntah dan perut kembung.


(Baca Juga: Inilah 8 Makanan Penambah Energi Selama Puasa)


Penanganan pada endometriosis memang tidak dapat disembuhkan secara menyeluruh, hanya dapat ditangani sesuai tahapnya. Penanganan endometriosis dapat dilakukan dengan konsumsi obat pereda nyeri, obat hormonal, penyesuaian gaya hidup, ataupun tindakan pembedahan pada kasus yang sudah berat.


Untuk menyesuaikan gaya hidup, kamu perlu mulai dengan memilih asupan makanan yang tepat. Ada berbagai makanan yang perlu dihindari oleh penderita endometriosis seperti makanan olahan dari sapi, makanan yang mengandung gluten dan kedelai. Selain asupan makanan, penderita harus menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol serta mengurangi asupan kafein.


Untuk penderita disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur. Lalu, makanan yang kaya omega 3 juga bagus untuk dikonsumsi seperti ikan kembung dan salmon. Makanan yang mengandung magnesium yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi seperti alpukat, pisang dan sayuran hijau.


(Penulis: Sania Zelikha)


Life & health