Intip 4 Cara Mengatasi Susah Tidur Yang Bisa Kamu Coba


  • Intip 4 Cara Mengatasi Susah Tidur Yang Bisa Kamu Coba
    Susah tidur akan berpengaruh pada kegiatanmu di keesokan harinya. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Tidur adalah kegiatan yang manusia butuh untuk lakukan. Tidur mempunyai peranan yang penting untuk kamu menjalani hari, di antaranya adalah peranannya untuk fungsi otak kamu dan memproses informasi. Tidur yang cukup juga membantu meningkatkan memori dan pembelajaran, perhatian dan kreativitas, juga membantu dalam pembuatan keeputusan yang kamu pilih. Meski begitu, masih banyak yang meremehkan peran tidur yang cukup ini.


    Tidak hanya mereka yang tidak menganggap tidur itu penting, ada juga mereka yang memang mengalami susah tidur. Ini disebut juga dengan insomnia. Selain susah tidur, penderita insomnia juga sering terbangun, bangun lebih cepat dan tidak bisa melanjutkan tidur. Dampak yang paling nyata adalah menjadi lelah dan tidak bertenaga. Untuk itu, perhatikan cara mengatasi susah tidur berikut yang bisa kamu coba malam ini.




    1. Kosongkan pikiran saat mau tidur


    Tidak ayal lagi, pikiran yang membuat kefikiran tidak hanya bisa mengganggu keseharian, tapi juga tidur kamu. Salah satu cara dalam mengatasi susah tidur adalah kosongkan pikiranmu saat sudah nyaman di tempat tidur. Kamu harus bisa fokus untuk tidak memikirkan yang lain selain tidur. Kamu juga harus tegas kepada diri sendiri dan memperlakukan waktu tidur sebagai waktu tidur dan beristirahat, serta waktu beraktivitas untuk beraktivitas. Karena ingat sekali lagi, tidur itu adalah kebutuhan yang penting.


    2. Relaksasi

    cara mengatasi susah tidur

    (Mandi air hangat bisa menjadi relaksasi sebelum tidur. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    Kamu juga bisa mengatasi susah tidur dengan melakukan relaksasi. Tentunya, keadaan rileks menurut seseorang berbeda-beda, begitu pula cara mendapatkannya. Carilah kegiatan yang di saat kamu melakukannya, kamu merasa tentram dan tidak terganggu. Jadikan itu sebagai bentuk relaksasimu. 

    Untuk melakukan relaksasi tersebut ada yang hanya berbaring di tempat tidur dan menikmatinya, ada yang mendengarkan alunan musik, membaca buku, menonton televisi, mandi air hangat, atau bahkan melakukan olahraga seperti yoga atau pilates. Tentu saja jika telah melewati hari yang melelahkan, rasanya ingin langsung beristirahat di malam hari dan melewatkan olahraga. Apapun caramu untuk berelaksasi, jangan lupa untuk sisipkan olahraga dalam seminggu agar tetap sehat ya.


    3. Mengonsumsi makanan sehat

    cara mengatasi susah tidur

    (Konsumsi makanan sehat untuk mengatasi susah tidur. Foto: Dok. Trang Doan/Pexels)


    Makanan yang sehat berpengaruh besar pada tubuhmu. Makanan itu juga bisa membantu mengatasi susah tidur. Sebaiknya, kita hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Sebab, makanan dengan lemak jenuh tinggi bisa mengganggu pola tidur kamu. Sedangkan untuk karbohidrat kompleks, dapat membuat sistem pencernaan terus bekerja hingga tubuh sulit beristirahat.


    Sebagai orang Indonesia yang identik dengan nasi, tentunya susah menghindari karbohidrat meski pada malam hari. Untuk itu, makanlah di waktu yang tepat seperti setengah tujuh sampai jam tujuh. Hindari makan malam karbohidrat yang telat. Lebih baik, konsumsi makanan yang lebih ringan dan sehat, contohnya adalah yogurt tanpa rasa.


    4. Hindari kafein


    Kafein bisa dibilang obat atau stimulan yang membuat kamu tetap terjaga. Maka dari itu, kafein juga bisa membuat tubuh sulit beristirahat. Umumnya, kafein didapatkan dari meminum kopi atau teh. Sebaiknya, hindari kedua minuman ini jika kamu memiliki kesulitan tidur pada malam hari. Memang sedikit sulit jika sudah terbiasa, tapi demi mempunyai pola tidur yang sehat lagi, kamu harus coba menghentikannya.


    (Baca Juga: Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya)


    Konsumsi saja minuman yang sehat seperti juga makanan, seperti air putih atau bahkan susu sehat. Tidak hanya kafein, hindari juga konsumsi alkohol dan nikotin dari rokok misalnya, sedikit atau banyak sebelum tidur. Nikotin juga bisa membuat kamu sulit tidur.


    5. Membuat area tidur nyaman

    cara mengatasi susah tidur

    (Area tidur yang nyaman untuk membantu kualitas tidur. Foto: Dok. M&W Studios/Pexels)


    Area tidur yang nyaman adalah area yang terpisah dari kegiatan lainnya, seperti bekerja, belajar, atau menonton tv. Jika kamu mempunyai ruang untuk memisahkan area tidur yang nyaman dengan area untuk kegiatan lainnya, tentu cara ini bisa kamu coba untuk mengatasi susah tidur. Kamu juga bisa menata kasur, bantal, atau apa pun yang kamu butuhkan untuk kenyamanan dalam tidurmu.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Sehat Tidur Tanpa Bantal!)


    Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba mulai malam ini. Semoga dengan melakukan satu atau lebih cara ini, kamu bisa istirahat dan tidur malam dengan tenang kembali ya. 


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below