Life & health

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

By : Her World Indonesia - 2022-11-23 16:00:02 Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Memiliki bentuk yang unik, buah naga menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh warga Indonesia, lho. Rasanya yang segar juga menjadi favorit para ibu hamil, terutama untuk dijadikan cemilan ringan atau jus di pagi hari.

Selain bentuk unik dan rasanya yang segar, banyak ibu hamil juga mengidam buah naga karena memiliki banyak manfaat. Penuh nutrisi, kandungan di dalam buah naga dipercaya dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil? Simak di bawah ini.


Kandungan Buah Naga


(Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil. Foto: Dok. cometary/iStock)

Buah naga sendiri memiliki beberapa jenis, tetapi yang paling sering ditemukan adalah jenis buah naga merah, putih, dan kuning. Meski memiliki warna yang berbeda, kandungan di dalam buah naga tersebut tidak jauh berbeda dan sama-sama menyimpan banyak manfaat.

Buah naga memiliki nutrisi lengkap, mulai dari vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, antioksidan, karbohidrat, asam folat, serat, beta karoten, kalsium, zat besi, magnesium, potassium, hingga likopen. Kandungan-kandungan ini dipercaya baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Buah naga juga termasuk buah yang rendah kalori, satu porsinya (sekitar 100 gram) sendiri hanya memiliki sekitar 60 kalori. Hal ini membuat buah naga juga cocok dikonsumsi untuk orang-orang dalam program diet.


(Baca Juga: True To Skin Rilis True To Baby Untuk Perawatan Kulit Bayi)


Apakah Buah Naga Aman untuk Ibu Hamil?


(Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil. Foto: Dok. Jomkwan/iStock)

Hal ini sering ditanyakan oleh ibu hamil. Apakah buah naga aman dikonsumsi untuk ibu hamil? Jawabannya adalah iya. Buah naga aman dikonsumsi oleh ibu hamil, selama ibu hamil tidak memiliki alergi pada buah naga. Satu buah naga memiliki ukuran sekitar 350-450 gram, 200 gram dari buah naga ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil dalam sehari.

Selain penuh nutrisi seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah tropis ini juga tidak mengandung kafein, lemak, natrium, atau kolesterol sehingga tetap sehat dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Meski begitu, satu hal yang tidak boleh dilewakan oleh ibu hamil saat mengonsumsi buah naga dan buah lainnya adalah untuk tidak lupa mencuci buah terlebih dahulu. Terutama ketika sedang hamil, buah yang tidak dicuci bisa mengandung bakteri atau parasit yang berbahaya bagi janin. Jadi ada baiknya ibu hamil mencuci buah sebelum akan dikonsumsi.


Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil


(Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil. Foto: Dok. bbbrrn/iStock)

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mengurangi Stres

Salah satu manfaat buah naga adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan termasuk polifenol, asam askorbat, dan betalains yang ada di dalam buah naga juga berfungsi untuk dapat memerangi stres, hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

2. Mendukung Perkembangan Otak Janin

Pada ibu hamil, tidak disarankan untuk memakan makanan yang mengandung minyak berlebih. Namun, ibu hamil tetap membutuhkan nutrisi lemak baik yang cukup. Lemak baik ini bisa ditemukan dalam buah naga, terutama pada kandungan monounsaturated fatty acid yang dimilikinya. Lemak baik ini bermanfaat bagi penambahan energi dan membantu proses metabolisme, juga dapat mendukung perkembangan otak pada janin.

3. Melawan Infeksi pada Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil sangat rentan terhadap infeksi bakteri atau jamur karena dikhawatirkan dapat berpengaruh bagi janin dalam kandungan. Infeksi ini bisa dicegah dengan konsumsi buah naga, karena buah naga memiliki fungsi untuk meregenerasi sel guna meningkatkan kekebalan tubuh akan mikroba.

4. Meredakan Sembelit

Ibu hamil memiliki satu keluhan yang sama, yaitu rentan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat sebanyak tujuh gram dalam buah naga bisa membantu mencegah sembelit pada ibu hamil, terutama ketika dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan prebiotik yang berperan sebagai sumber makanan untuk bakteri baik dalam usus yaitu bakteri lactobacilli dan bifidobacteria. Bakteri baik ini dapat membantu membunuh virus dan menghindarkan ibu hamil dari segala penyakit.


(Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ini 5 Kriteria Dari Makanan Yang Sehat)


Berikut adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil. Aman dan penuh nutrisi, ibu hamil tidak perlu lagi ragu untuk konsumsi buah naga!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health