Life & health

Wajib Diperhatikan, Ini 5 Kriteria Dari Makanan Yang Sehat

By : Her World Indonesia - 2022-10-24 14:00:01 Wajib Diperhatikan, Ini 5 Kriteria Dari Makanan Yang Sehat

Soal makanan, kamu tidak bisa sembarangan memilih. Kamu harus memastikan konsumsi makanan sehari-harimu kaya akan nutrisi yang bergizi bagi tubuh untuk menciptakan pola hidup sehat. Mengonsumi makanan sehat juga bisa menghindarimu dari segala macam penyakit, dan tentunya bisa menyiapkanmu untuk memulai hari atau menjalani aktivitas yang berat.


Mencari makanan sehat di era modern tidaklah sulit, kini kamu bisa menemukan makanan segar di berbagai tempat mulai dari pasar hingga supermarket terdekat. Namun, masih ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak salah memilih makanan untuk dikonsumsi. Lantas, apa saja sih kriteria dari makanan yang sehat? Berikut adalah rangkuman Her World yang bisa kamu perhatikan saat mencari makanan sehat untuk kamu dan keluarga.


1. Daftar Bahan yang Lengkap dan Jelas


(Melihat daftar bahan makanan yang jelas. Foto: Dok. SDI Productions/iStock)

Supermarket bisa menjadi tempat andalan kamu untuk mencari segala jenis makanan yang sehat. Meski mudah untuk ditemukan, kamu tetap harus teliti untuk memilih makanan dengan kandungan gizi yang sehat ketika berbelanja di supermarket.

Terutama jika kamu memilih produk makanan kemasan, pastikan untuk selalu memperhatikan daftar bahan yang umumnya tersedia di bagian belakang atau bawah kemasan. Perhatikan dengan saksama terutama ketika ada angka atau jumlah kandungan yang mencurigakan.

Hal utama yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu adalah ketiga urutan teratas dalam daftar bahan kemasan. Menurut ahli, daftar bahan kemasan ditulis sesuai dengan jumlah kuantitas yang ada. Hal ini berarti jika suatu produk memiliki urutan bahan tepung dan gula di bagian teratas, maka dua bahan tersebut memiliki jumlah kuantitas yang lebih banyak dari lainnya.

Daftar bahan ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilih produk makanan yang sehat dan benar-benar bergizi.

2. Kaya Nutrisi


(Memilih makanan yang kaya nutrisi. Foto: Dok. travelism/iStock)

Kriteria makanan yang sehat bisa dilihat dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Semakin kaya akan nutrisi, maka makanan tersebut semakin sehat. Nutrisi sendiri merupakan elemen penting bagi manusia yang dibutuhkan untuk proses dan fungsi tubuh.

Beberapa nutrisi yang perlu diperkaya dalam tubuh manusia antara lain karbohidrta, protein, lemak sehat, kalsium, makanan berserat, dan masih banyak lagi. Jika makanan yang kamu pilih banyak memiliki kandungan-kandungan di atas, maka kamu sudah memilih makanan tepat yang sehat.


(Baca Juga: Ini 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?)


3. Higienis dan Segar


(Memilih makanan bersih dan segar. Foto: Dok. Kanawa_Studio/iStock)

Tentunya, makanan yang sehat juga bisa dilihat dari penampilan dan cara penanganannya. Jika makanan yang kamu konsumsi higienis, bersih dari kotoran, debu, dan kuman,  bisa dipastikan aman untuk dikonsumsi.


Terutama bagi sayur dan buah-buahan, kamu harus memastikan mereka tetap segar saat akan dikonsumsi agar tidak mengurangi nutrisi yang dimilikinya. Mengonsumsi makanan yang higienis dan segar juga bisa menghindarimu dari penyakit seperti keracunan, muntah-muntah, hingga diare.

4. Kadar Gula Seimbang


(Memperhatikan kadar gula. Foto: Dok. mammuth/iStock)

Siapa sih yang bisa menolak makanan manis? Meski sangat menggiurkan, kamu harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi gula berlebih agar tidak terkena penyakit berbahaya. Kamu bisa mulai memperhatikan kadar gula yang ada di makanan dan minumanmu, jika berada di batas wajar maka masih aman untuk dikonsumsi.


Tidak kalah penting, kamu juga harus memperhatikan pemanis dan nama lainnya yang mengecoh dalam daftar bahan pada makanan atau minumanmu.

5. Jenis Makanan Beranekaragam


(Makanan 4 sehat 5 sempurna. Foto: Dok. YelenaYemchuk/iStock)


Ketika mengonsumsi makan siang atau malam, pastikan piringmu berisi jenis makanan beragam yang bisa memenumi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Hal ini dikarenakan pada dasarnya di dunia ini tidak ada suatu jenis makanan yang mengandung seluruh zat bergizi sekaligus. Itulah mengapa sangat disarankan untuk memakan makanan 4 sehat 5 sempurna sehari-hari.


Pada makanan 4 sehat 5 sempurna sendiri, kamu bisa memenuhi kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Jika kamu gemar mengonsumsi makanan beranekaragam, bisa dipastikan kamu akan memiliki pola hidup yang sehat.


(Baca Juga: Kenali 7 Makanan Ini Yang Dapat Mencegah Penuaan Dini)


Berikut adalah beberapa kriteria dari makanan yang sehat. Jangan lupa, makanan sehat ini tidak hanya bermanfaat bagi kamu tetapi juga keluargamu. Pastikan seluruh anggota keluargamu memiliki asupan makanan sehat yang seimbang, agar tercipta pola hidup sehat yang harmonis.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health