Life & health

Kenali 7 Makanan Ini Yang Dapat Mencegah Penuaan Dini

By : Her World Indonesia - 2022-10-06 15:00:01 Kenali 7 Makanan Ini Yang Dapat Mencegah Penuaan Dini

Semua orang pasti ingin memiliki penampilan yang sehat dan awet muda. Keinginan inilah yang membuat penuaan dini menjadi hal wajib untuk dicegah dan dihindari bahkan ketika baru memasuki usia 20 atau 30 tahun. Demi menghindari hal tersebut, banyak orang melakukan berbagai aktivitas dan tips yang bisa membuat dirinya tetap terlihat segar dan awet muda sejak dini.


Namun sayangnya, satu hal yang sering mereka lupakan adalah keseimbangan luar dan dalam tubuh. Banyak dari mereka yang lebih mempriotitaskan penampilan luar dan justru mengabaikan kesehatan dalam tubuh, hal inilah yang menjadi salah satu faktor penuaan dini semakin cepat terjadi. Salah satu cara ampuh untuk menghindari penuaan dini adalah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu yang memiliki fungsi anti-aging. Apa saja makanan yang mencegah penuaan dini? Simak di bawah ini, ya.


1. Kimchi


(Kimchi. Foto: Dok. Fudio/iStock)

Makanan khas Korea ini rupanya memiliki khasiat yang luar bisa untuk tubuh. Walau memiliki campuran rasa yang asam dan pedas, kimchi banyak digemari oleh warga dunia termasuk Indonesia karena kaya akan manfaat.

Salah satunya adalah kimchi merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Kandungan ini dikenal mampu melambatkan proses penuaan pada manusia dan membuat kulit wajah terlihat lebih halus dan awet muda.

Kimchi juga cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet sebagai bentuk detoks. Detoks yang mengeluarkan racun dari tubuh tentunya juga mampu meningkatkan kesehatan dan menghindari penuaan dini.

2. Ginseng


(Ginseng. Foto: Dok. SB/iStock)

Selain kimchi, makanan lain yang hobi dikonsumsi oleh warga Korea adalah ginseng. Ginseng umum dikonsumsi dalam bentuk teh hangat yang cocok diminum saat musim dingin.

Ginseng dikenal memiliki fungsi anti-aging yang bisa mengurangi penuaan dini pada kulit, salah satunya adalah dengan menghilangkan kerutan di wajah. Selain itu, jenis ginseng merah juga dikenal mampu membuat kulit wajah tampak lebih putih dan terhindar dari kusam.

Maka, tidak mengejutkan bahwa ginseng menjadi makanan favorit untuk dikonsumsi warga Korea terutama para masyarakat lanjut usianya.

3. Pepaya


(Pepaya. Foto: Dok. ASMR/iStock)

Buah-buahan juga menjadi makanan ampuh yang bisa mencegah penuaan dini, salah satunya adalah pepaya. Buah ini memiliki banyak kandungan bermanfaat mulai dari antioksidan, vitamin, dan mineral.

Kandungan pada buah papaya ini mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah seperti meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus serta kerutan.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-aging sebagai salah satu agen anti-inflamasi pada dalam tubuh.


(Baca Juga: Ini Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?)


4. Alpukat


(Alpukat. Foto: Dok. FotografiaBasica/iStock)

Buah lain yang mampu mencegah penuaan dini adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan vitamin K, C, E, dan A yang memiliki khasiat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit wajah.

Kandungan vitamin A pada alpukat sendiri memiliki fungsi merontokkan sel kulit mati yang mampu menghasilkan kulit sehat, mulus, dan glowing.

Tidak hanya itu, kandungan karotenoid juga berfungsi untuk menghindari kerusakan yang bisa diakibatkan oleh sinar matahari, sehingga membuat kulit makin terjaga dari flek hitam dan kanker kulit.

5. Bayam


(Bayam. Foto: Dok. PoppyB/iStock)

Selain buah-buahan, sayuran hijau juga menjadi makanan yang mampu mencegah penuaan dini. Salah satunya adalah bayam dengan kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi.

Vitamin C pada bayam mampu meningkatkan produksi kolagen yang bisa menjaga kulit tetap terlihat lembab, kencang, dan halus.

6. Kacang


(Kacang. Foto: Dok. gerenme/iStock)

Banyak jenis kacang, terutama kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin ini memiliki khasiat yang mampu mempertahankan kelembaban kulit dan menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Cocok dikonsumi sebagai cemilan sehari-hari, kacang juga bisa membuat kulit terlihat glowing dengan menjaga oil barrier alami yang ada di dalam kulit.

7. Dark Chocolate


(Dark chocolate. Foto: Dok. OZ_Media/iStock)

Jika kamu ingin menjaga diri dari penuaan dini tetapi tidak gemar mengonsumsi sayur dan buah-buahan, jangan khawatir! Makanan lain yang bisa mencegah penuaan dini adalah dark chocolate, tentunya dalam bentuk cokelat asli sebelum diproses menjadi hidangan lain.

Dark chocolate dipercaya dapat mengurangi tanda penuaan dini karena memiliki kandungan flavanols. Bahan ini bermanfaat pada penampilan wajah yang sehat dan mulus dengan meningkatkan aliran darah pada kulit.


(Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat)


Berikut adalah makanan yang dapat mencegah penuaan dini. Tidak perlu khawatir, makanan-makanan di atas sangat mudah ditemukan dan bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mengurangi tanda-tanda penuaan sejak dini. Sudah tertarik untuk coba?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health