Life & health

Ini 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

By : Her World Indonesia - 2022-09-27 17:00:01 Ini 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Meski memiliki rasa asam yang identik, jeruk nipis termasuk salah satu jenih buah yang paling digemari oleh banyak orang. Jeruk nipis bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satu yang favorit adalah bersama campuran air putih atau jenis minuman segar lainnya untuk menutupi rasa asamnya yang kuat. Perasan jeruk nipis juga sering digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan, termasuk berbagai hidangan khas asal Indonesia.


Jeruk nipis seringkali disamakan dengan buah lemon. Meski berasal dari keluarga yang sama dan terlihat mirip, jeruk nipis memiliki khasiat tersendiri yang enggak kalah berlimpah dari lemon. Manfaat jeruk nipis juga sangat berguna bagi kesehatan manusia, apa saja sih? Yuk simak di bawah ini!


1. Meningkatkan Kebutuhan Vitamin C


Jeruk nipis dikenal memiliki kandungan Vitamin C yang kuat. Manusia yang kekurangan Vitamin C lebih rentan untuk terkena penyakit, salah satunya adalah scurvy dalam bentuk sariawan di area mulut dan tenggorokan, bibir pecah-pecah, dan gusi berdarah. Saat mengalami gejala tersebut, segera konsumsi jeruk nipis untuk meningkatkan kebutuhan Vitamin C dalam tubuh.

2. Penurun Berat Badan


Sejak dulu, air jeruk nipis telah digunakan sebagai program diet untuk penurun berat badan. Selain rasanya yang segar, jeruk nipis juga memiliki kalori yang rendah. Jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat sebagai pembakar lemak yang efisien.

3. Menurunkan Kolesterol


(Manfaat jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)

(Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin yang Bisa Jadi Kebiasaan)


Jeruk nipis memiliki kandungan Flavonoid yang disebut Hesperidin, hal ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan baik.

4. Menghilangkan Dehidrasi

Jeruk nipis, terutama ketika dicampurkan dengan air bisa menciptakan minuman segar yang cocok diminum saat kondisi panas atau setelah olahraga berat. Air jeruk nipis juga mampu menghilangkan dehidrasi hingga kelelahan.


5. Menghindarkan Segala Penyakit


(Jeruk nipis bisa menghindarkan dari segala macam penyakit. Foto: Dok. Jessica Lewis Creative/Pexels)

(Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat)

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi berbagai penyakit, seperti virus flu dan pilek yang sangat mudah menular. Selain virus tersebut, konsumsi jeruk nipis juga mampu menghindari penyakit berat seperti batu ginjal hingga kanker.


6. Melancarkan Pencernaan


Kaya akan manfaat, kandungan asam dalam jeruk nipis mampu memperlancar pencernaan makanan dengan memecah molekul makro makanan. Asam di dalam jeruk nipis ini juga berguna untuk merangsang pencernaan makanan dengan meningkatkan cairan pencernaan dan empedu.


Walau memiliki ukuran yang kecil, buah jeruk nipis memiliki banyak manfaat yang dapat meningkakan kesehatan tubuh. Gimana, tertarik untuk mencoba?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)



Life & health