Life & health

Saat Diet, Coba Hindari 8 Sayuran Yang Bisa Bikin Gemuk

By : Vanessa Masli - 2022-10-18 18:00:01 Saat Diet, Coba Hindari 8 Sayuran Yang Bisa Bikin Gemuk

Mungkin salah satu kebiasaan untuk menurunkan berat badan atau diet adalah mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi. Mulai dari buah-buahan, kacang-kacangan, hingga berbagai macam sayuran masuk dalam daftar makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menurunkan atau menjaga berat badan yang diinginkan.


Namun, tak semua sayuran bisa jadi sahabatmu saat jalani diet. Sebaliknya, ada beberapa sayuran yang bisa bikin gemuk dan justru perlu kamu hindari selama periode diet. Kira-kira apa saja sayuran? Tenang, kamu cukup menyimak jenis-jenis sayuran yang sudah Her World rangkum di bawah ini untuk temukan jawabannya.


1. Wortel



(Wortel masuk daftar sayuran yang bisa bikin gemuk. Foto: Dok. Hana Mara/Pexels)


Mungkin kamu sering melihat wortel rebus yang dipotong kecil-kecil menjadi opsi camilan sore saat diet. Namun, jumlah wortel yang dikonsumsi selama diet tetap harus dikontrol karena sayuran oranye satu ini bisa menjadi penyebab berat badanmu bertambah atau tak kunjung berkurang.


Sebab, wortel memiliki kandungan gula sukrosa alias tak jauh berbeda dengan gula pasir yang sering kamu beli di supermarket. Jadi, kalau konsumsinya berlebihan justru tak membantu penurunan berat badan yang kamu inginkan.


2. Jagung



(Manisnya jagung bisa menambah berat badanmu. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)


Suka menjadi alternatif pengganti nasi, jagung juga bisa menghambat penurunan berat badanmu. Rasa manis yang mungkin kamu nikmati di mulut saat memakan jagung, itu menjadi tanda kandungan gula yang, selama diet, harus dikurangi. Kandungan gula yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, termasuk insulin dan kortisol sehingga tubuh akan selalu terdorong untuk menyimpan lebih banyak kalori, artinya berat badan tak kunjung berkurang.


3. Kentang



(Nikmatnya kentang goreng tak bisa menyukseskan dietmu. Foto: Dok. Dzenina Lukac/Pexels)


Sayuran satu ini cukup terkenal bisa bikin gemuk, bagaimana pun cara pengolahannya. Sebab, pada dasarnya, kentang adalah sayuran yang kerap dijadikan salah satu pengganti karbohidrat sehingga sayuran ini juga membantu simpan lemak berlebih dalam tubuh. Entah digoreng maupun dikukus, kentang memiliki potensi untuk jadi penyebab berat badanmu bertambah.


4. Kacang polong



(Kacang polong jadi salah satu sayuran yang bisa bikin gemuk. Foto: Dok. R. Khalil/Pexels)


Mungkin bagian dari kacang-kacangan tapi bukan berarti kacang polong jadi solusi untuk mengurangi berat badan. Justru sebaliknya, sayuran satu ini bisa bikin kamu gemuk. Meski kaya akan nutrisi, kacang polong juga menyimpan kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga kalori dalam tubuh bisa lebih mudah naik. Kalau pun kamu suka mengonsumsi kacang polong, pastikan kamu mengontrol jumlahnya.


(Baca Juga: Rencana Mengecilkan Badan? Ini Sayuran Yang Cocok Untuk Diet)


5. Timun



(Timun kaya akan air tapi tak cukup serat untuk bikin kenyang. Foto: Dok. Tamanna Rumee/Pexels)


Sayuran menjadi elemen penting dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi lagi-lagi tak semua sayuran bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan berkurang. Timun, menjadi salah satu makanan yang tak membuatmu merasa kenyang lebih lama.


Kandungan air dalam timun tak menyimpan banyak serat sehingga sebanyak apapun kamu mengonsumsinya, kamu akan tetap mencari camilan atau makanan untuk mengatasi rasa lapar yang mendadak datang. Kamu tetap bisa mengonsumsi timun dengan didampingi saus atau makanan yang bisa membuat kenyang.


6. Ubi



(Ubi memiliki sumber karbohidrat dan gula yang harus dihindari. Foto: Dok. Anastasia Belousova/Pexels)


Karbohidrat ditambah rasa manis jadi kombo yang pas untuk dihindari saat kamu berusaha menurunkan berat badan. Dua kandungan ini bisa ditemukan dalam ubi. Apapun jenis ubinya, lebih baik menghindari konsumsi sayuran satu ini karena kamu justru bisa menambah berat badan dengan mengonsumsinya. Apalagi kalau dietmu tak dibarengi dengan olahraga yang rutin untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh.


7. Bit Merah



(Bit merah bisa jadi salah satu alasan berat badanmu tak kunjung turun. Foto: Dok. Eva Bronzini/Pexels)


Umbi-umbian selain kentang dan ubi yang harus dikurangi konsumsinya adalah bit merah. Mungkin banyak kamu temukan sebagai salah satu bahan jus atau smoothies yang dikonsumsi untuk memulai gaya hidup lebih sehat. Namun, bit merah juga mengandung karbohidrat, pati (starch), dan gula yang relatif tinggi.


Lagi-lagi, konsumsi karbohidrat dan gula yang terlalu tinggi bisa meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh dan otomatis, menambah berat badan.


8. Labu kuning



(Labu kuning memiliki kandungan karbohidrat yang relatif tinggi. Foto: Dok. Nataliya Vaitkevich/Pexels)


Antara buah atau sayuran, ada satu hal yang pasti dari labu kuning. Sayuran ini memiliki peran untuk menambah berat badanmu karena kandungan starch yang relatif tinggi. Mungkin labu kuning cocok untuk kamu yang ingin menambah berat badan, tapi ketika diet yang dilakukan berfokus pada penurunan berat badan, ada baiknya kamu menghindari konsumsi labu kuning.


(Baca Juga: Ada 6 Kebiasaan Sederhana Untuk Mengecilkan Perut)


Inilah beberapa sayuran yang bisa bikin gemuk dan harus kamu hindari. Semoga kamu mendapatkan dan bisa mempertahankan berat badan yang diinginkan.


Life & health