Life & health

Lakukan 5 Latihan Pernapasan Ini Untuk Meredakan Stres!

By : Vanessa Masli - 2022-10-06 20:00:02 Lakukan 5 Latihan Pernapasan Ini Untuk Meredakan Stres!

Entah karena Mercury Retrogade yang membuat resah banyak orang atau memang hidup berusaha menantangmu untuk jadi lebih baik, sepertinya tak sedikit hari-hari harus dilewati dengan pikiran yang diselimuti stres. Berbagai kebiasaan berusaha dilakukan sebagian orang agar bisa menjalani hari dengan lebih santai dan sedikit lepas dari stres.



Mulai dari pola tidur yang diperbaiki hingga pilihan makanan untuk dikonsumsi, kamu bisa menemukan berbagai cara untuk meredakan stres. Namun, sebenarnya, ada satu cara sederhana yang esensial dilakukan setiap hari, hanya perlu kamu sadari. Bernapas.



Tak hanya menjadi sumber kehidupanmu, tapi bernapas menjadi salah satu cara untuk meredakan stres dan Her World sudah merangkum beberapa latihan pernapasan yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.


1. Bernapas dengan kesadaran penuh


Dalam latihan ini, tak ada perubahan ritme napasmu. Kamu tetap bernapas seperti biasa, tapi perlu dilakukan dengan kesadaran penuh. Untuk melalukan latihan ini, kamu hanya butuh tempat yang nyaman dan tenang. Jauhkan diri dari distraksi dan suara-suara yang mengganggumu.


Lembutkan pandanganmu pada satu titik dan perlahan pejamkan mata. Seiring kamu memejamkan mata, mulai sadari sensasi yang dirasakan tubuhmu. Lalu, fokuskan perhatian saat menarik napas dari hidung, rasakan dada dan perut mengembang. Tahan satu hingga dua detik, lalu hembuskan perlahan sampai tuntas. Rasakan dada dan perut mengempis.


Kemudian, lakukan proses menarik dan menghembuskan napas dalam beberapa putaran. Selama latihan, mulai kenali pikiran, rasakan emosi, dan sensasi yang terasa saat kamu bernapas secara sadar. Jika pikiranmu mulai fokus ke hal-hal lain, coba kembalikan atensinya ke proses pernapasan yang kamu jalani. Ulang sesuai kebutuhanmu.


2. Bernapas dengan hitungan


Bisa empat, bisa lima, bisa enam tarikan napas. Bisa delapan hembusan napas. Latihan pernapasan ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin mulai membiasakan diri dengan meditasi. Ritme napasmu diatur mengikuti hitunganmu. Entah menarik napas empat hitungan, tahan satu hitungan, hembuskan napas sebanyak empat hitungan.


Lalu, opsi kedua adalah latihan pernapasan “4-7-8”. Kamu menarik napas sebanyak empat hitungan, menahan napas sebanyak tujuh hitungan, dan menghembuskannya perlahan sebanyak delapan hitungan. Jika ini terasa berat, kamu bisa mengulangnya latihan ini sebanyak empat kali dulu, lalu pelan-pelan ditambah jumlah pengulangannya. Latihan ini dikenal baik untuk menenangkan diri dan meredakan stres.


3. Teknik Nadi Shodhana


Sebuah latihan pernapasan yang mungkin kamu temukan saat mengikuti kelas yoga. Namanya adalah pranayama, latihan mengatur napas untuk mendapatkan pencerahan dan metode relaksasi sehingga sering menjadi bagian dalam meditasi maupun yoga. Ada beberapa jenis pranayama, salah satunya adalah nadi shodhana atau napas menggunakan hidung secara bergantian.



Selalu mengawali latihan dengan duduk tegak, hadapkan tangan kananmu ke wajah. Lalu, lipat jari telunjuk dan jari tengah. Setelah itu, tutup lubang hidung kanan dengan jempol dan tarik napas dari lubang hidung kiri. Kemudian, tutup lubang hidung kiri dengan jari manis dan perlahan hembuskan napas melalui lubang hidung kanan. Lakukan sebaliknya dan diulang beberapa putaran sampai kamu merasa lebih tenang.



(Teknik nadi shodhana untuk menenangkan pikiranmu dengan napas. Foto: Dok. Darina Belonogova/Pexels)


(Baca Juga: Ada 6 Makanan Yang Bisa Menenangkan Pikiranmu, Apa Saja?)


4. Lion’s breath


Seperti namanya, kamu melakukan latihan ini seolah-olah menjadi seekor singa yang kepanasan atau dalam Bahasa Sansekerta, Simhasana. Kamu hanya perlu duduk yang nyaman, entah berlutut atau bersila kaki. Letakkan telapak tanganmu ke lutut dengan jari-jari tangan terbuka lebar.



Lalu, tarik napas dalam-dalam dari hidung dengan mata terbuka lebar. Di saat yang sama, buka mulutmu dan keluar lidah, dekatkan ke dagumu. Hembuskan napas dari mulut dengan mengeluarkan suara ‘ha’ yang panjang sehingga mengontraksi otot di area depan tenggorokan. Tatapan matamu bisa diarahkan untuk melihat di antara alis mata atau ujung hidung. Lakukan latihan ini sebanyak dua sampai tiga kali.


5. Box breath


Redakan stresmu, tenangkan pikiranmu dengan melalui teknik box breath saat bernapas. Sebuah teknik yang paling sederhana untuk melambatkan napas dan menenangkan diri. Latihan ini cocok untuk kamu yang biasa bekerja dengan level stres tinggi atau mengalami kesulitan dalam menjalani hari.


Tak jauh berbeda dengan latihan napas berhitung, tapi semua dilakukan selama empat hitungan. Tarik napas empat hitungan, tahan napas sebanyak empat hitungan, dan hembuskan napas sebanyak empat hitungan. Lakukan sebanyak tiga putaran atau sampai kamu merasa tenang.


(Baca Juga: Ingin Menenangkan Pikiran? 5 Olahraga Ini Bisa Membantu)


Inilah beberapa latihan pernapasan yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres. Selamat mencoba dan semoga kamu dapatkan solusi untuk tenangkan pikiranmu.


Life & health