Life & health

Ingin Menenangkan Pikiran? 5 Olahraga Ini Bisa Membantu

By : Her World Indonesia - 2022-09-21 16:00:01 Ingin Menenangkan Pikiran? 5 Olahraga Ini Bisa Membantu

Aktivitas sehari-hari yang menumpuk bisa memunculkan rasa cemas, gelisah, hingga mengakibatkan stres. Stres berkepanjangan bisa mempengaruhi kondisi psikis atau fisik seseorang yang pada akhirnya dapat menganggu produkivitas kerja. Ketika tidak ditangani, stres juga bisa menimbulkan depresi yang tentunya semakin memperburuk kondisi seseorang. Depresi ini yang menjadi musuh utama manusia dan sayangnya banyak menjadi alasan untuk suicide (bunuh diri).


Hal lain yang perlu diperhatikan dan diingat adalah bahwa tiap orang membutuhkan waktu rehat untuk menenangkan pikiran mereka dari stres pekerjaan atau masalah hidup yang sedang dialami. Saat menjalani masa istirahat tersebut, terdapat pula kegiatan olahraga yang bisa membantu kamu untuk menghilangkan pikiran negatif. Kegiatan olahraga ini bisa dicoba dengan mudah dan beberapa diantaranya bahkan tidak memaksamu untuk keluar dari rumah, lho.


Berkaitan dengan Suicide Prevention Awareness Month (SPAM) di bulan September ini, Her World mengajak kamu untuk menyimak beberapa kegiatan olahraga yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan kebahagiaan, terutama mengurangi stres serta depresi. Ikuti terus, ya!


1. Yoga


Yoga merupakan salah satu olahraga yang dikenal paling ampuh untuk menenangkan pikiran. Berbagai pose yoga dapat membuat tubuh menjadi lentur dan mengurangi ketegangan otot. Olahraga yoga juga melatih kamu untuk mengatur pernapasan yang bisa menjadi kunci untuk mengelola stres. Pada penelitian, terbukti bahwa melakukan yoga secara rutin dapat meningkatkan energi, kebahagiaan, hubungan sosial, dan kualitas tidur. Yoga juga mengajarkan kamu untuk terbiasa dengan kesunyian yang dapat meningkatkan konsentrasi.

2. Jalan Santai


Dibandingkan dengan lari, jalan santai bisa menjadi alternatif kamu untuk olahraga yang menenangkan pikiran. Jalan santai cukup dilakukan kurang lebih 10-30 menit selama dua kali seminggu agar mendapatkan manfaat dari olahraga rutin sekaligus mengeluarkan penat. Setelah rutin jalan santai, kamu bisa merasakan efek lebih ringan dalam tubuh dan tentunya sebagai bentuk refreshing dari huru hara pekerjaan.


(Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Rasa Pahit Tetap Bermanfaat)


3. Menari


(Menari sebagai olahraga yang menenangkan pikiran. Foto: Dok. Marta Wave/Pexels)

Tidak semua orang pandai menari, tapi tidak butuh keterampilan yang khusus untuk menari demi menenangkan pikiran. Cukup putar lagu apa pun yang kamu gemari, dan mulai menari mengikuti irama lagu. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengikuti dan menghafalkan koreografi menari dari panduan video. Selama menari, kamu bisa melupakan sejenak masalah-masalah pekerjaan dan hidup yang sedang kamu alami.

4. Hiking

Hiking memang bukan olahraga yang mudah untuk dilakukan, terutama untuk seorang pemula. Bagi orang-orang yang ingin mencoba hiking untuk menenangkan pikiran, olahraga ini bisa dilakukan di jalur pendakian yang tidak terlalu berbahaya. Nilai utama dari hiking adalah pemandangan indah yang bisa kamu lihat dan rasakan di akhir perjalananmu. Suasana alam saat hiking bisa kamu resapi dan tentunya bisa membantu menenangkan pikiranmu. Hal inilah yang membuat hiking disebut sebagai olahraga paling worth it untuk dilakukan.

5. Rekreasi


(Rekreasi sebagai olahraga yang menenangkan pikiran. Foto: Dok. Johann/Pexels)

(Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin yang Bisa Jadi Kebiasaan)


Melihat suasana alam memang sangat dibutuhkan saat ingin menenangkan pikiran. Selain hiking, kegiatan rekreasi di alam juga bisa membantu kamu untuk healing, loh. Rekreasi ini dapat berupa aktivitas menyenangkan seperti outbound, rafting, atau bahkan sekadar jalan santai di area alam. Satu hal penting dari rekreasi adalah teman yang menemanimu, baik itu kerabat, keluarga, atau hewan peliharaan. Menikmati rekreasi bersama orang terdekat tentunya dapat menenangkan pikiranmu dari segala kegelisahan, stres, dan pikiran negatif.


Berikut adalah lima olahraga yang bisa kamu coba untuk menenangkan pikiran. Jangan lupa, pikiran yang jernih adalah kunci dari hidup yang sehat.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health