Ternyata, Ini lho Penyebab Munculnya Whiteheads Di Wajah!


  • Ternyata, Ini lho Penyebab Munculnya Whiteheads Di Wajah!
    Ternyata, Ini lho Penyebab Munculnya Whiteheads Di Wajah! (Image: Doc. Cookie_Studio/Freepik)

    Komedo menjadi masalah umum yang biasa dialami oleh hampir semua orang, baik pria maupun wanita. Komedo sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). 


    Komedo putih, atau disebut whitehead, dapat menjadi bakal jerawat jika tidak segera dihilangkan. Ini biasa muncul di daerah hidung, dahi, dan dagu, atau area tubuh lainnya seperti punggung, bahu, dan lengan. Lantas, apa sebenarnya yang bisa menyebabkan munculnya komedo putih (whiteheads)? Baca selengkapnya di bawah ini, ya!




    Penyebab komedo putih


    Sebelum mengetahui cara mengatasi whiteheads, sangat penting untuk mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur riset kosmetik & klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, whiteheads terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, kotoran, dan bakteri. 


    Selain itu, perubahan hormonal bisa menjadi penyebab lain pori-pori tersumbat. Pasalnya, perubahan hormon dapat meningkatkan produksi sebum yang dihasilkan oleh pori-pori, yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya komedo putih – dan berkembang menjadi jerawat. 


    Satu penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam jurnal Dermatology, menemukan bahwa faktor genetik juga bisa menjadi penyebab lain munculnya komedo putih (whiteheads). Ini artinya, jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki masalah whiteheads, kamu juga sangat mungkin memiliki komedo putih – dan berkembang menjadi jerawat.


    Whiteheads dapat muncul di mana saja, termasuk hidung, dagu, dan dahi, bahkan dapat juga muncul di dada, punggung, bahu, dan lengan.


    (Baca Juga: Ini 4 Penyebab Pori-Pori Besar Dan Cara Ampuh Mengecilkannya)


    Bagaimana cara menghilangkan komedo putih (whiteheads) yang membandel?


    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, whiteheads terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, kotoran, dan bakteri. Tidak seperti komedo hitam (blackheads), komedo putih (whiteheads) biasanya berada di dalam pori-pori sehingga sering juga disebut komedo tertutup. Ini yang bisa membuat treatment menjadi sedikit lebih challenging. 


    Tetap saja, tidak mustahil untuk menyingkirkan komedo putih yang mengganggu. Berikut ini beberapa cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan komedo putih (whiteheads). 


    1. Lakukan eksfoliasi

    cara menghilangkan komedo putih

    (Eksfoliasi. Wayhomestudio/Freepik)


    Melakukan eksfoliasi kulit dapat membantu mengatasi komedo putih. Hal ini karena, eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori sekaligus membuat kulit lebih halus. 


    Pilihlah exfoliator yang memiliki formula gentle yang akan memberikan pengelupasan kulit yang kamu butuhkan tanpa menyebabkan iritasi dan kekeringan berlebihan. Lakukan eksfoliasi dua kali per minggu untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. 


    2. Rajin membersihkan wajah

    cara menghilangkan komedo putih

    (Membersihkan wajah. Pvproductions/Freepik)


    Membersihkan wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari menggunakan face wash yang diformulasikan khusus untuk kulit wajahmu dapat membantu mengatasi masalah whiteheads. Tidak ketinggalan, pada malam hari pastikan kamu menghapus sisa riasan wajahmu terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak, sisa riasan wajah, kotoran dan bakteri. Serta membuat produk skincare yang kamu gunakan dimalam hari bekerja secara maksimal. 


    Hindari menggunakan face wash berbahan harsh, seperti alkohol dan detergen, karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan membuat komedo semakin parah. Hindari juga menggosok wajahmu terlalu keras, dan selalu gunakan produk berlabel “oil-free” dan “non-comedogenic”, yang cenderung tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. 


    3. Gunakan salicylic acid


    Bahan skincare yang paling umum digunakan untuk mengatasi masalah komedo putih adalah salicylic acid, yang termasuk beta hydroxy acid (BHA), yang bekerja dengan membuka pori-pori, membantu menurunkan produksi minyak, menyingkirkan sel-sel kulit mati, dan membersihkannya secara mendalam – mencegah pori-pori tersumbat. Salicylic acid dapat kamu temukan dalam banyak produk perawatan kulit, seperti toner, astringents, pembersih wajah dan tubuh, serta pelembap. 


    4. Gunakan benzoyl peroxide


    Seperti salicylic acid, benzoyl peroxide juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Ini juga dapat mengurangi peradangan karena sifat antibakteri kuat yang dimilikinya. Perlu diketahui, benzoyl peroxide dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, sehingga disarankan untuk menggunakan produk yang hanya mengandung 2 persen benzoil peroksida, dan menggunakannya sekali sehari. Frekuensi penggunaan dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu sesuai toleransi.


    5. Gunakan witch hazel

    cara menghilangkan komedo putih

    (Menggunakan toner witch hazel. Cookie_studio/Freepik)


    Berasal dari tanaman berbunga dengan nama yang sama, witch hazel diketahui dapat membantu mengatasi masalah whiteheads berkat kemampuannya membersihkan pori-pori dengan mendorong keluar sel-sel kulit mati yang terperangkap. Ini juga dikenal dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan minyak berlebih. Witch hazel sering ditemukan dalam produk toner. Sebagai toner, kamu cukup basahi kapas dengannya dan gunakan dua kali sehari.


    6. Gunakan retinoid


    Retinoid juga dapat digunakan sebagai perawatan untuk menyingkirkan komedo putih. Retinoid merupakan bentuk vitamin A yang lebih kuat. Ketika digunakan sebagai bagian dari skincare routine, retinoid dapat memberikan manfaat anti-aging sekaligus membersihkan pori-pori yang tersumbat. 


    Jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif, cobalah menggunakan produk berbahan retinoid dua hari sekali pada awalnya, kemudian tingkatkan penggunaan menjadi satu kali sehari atau sesuai toleransi.


    Perlu dipahami, saat menggunakan retinoid, ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, mungkin paling aman menggunakan produk berbahan retinoid pada malam hari, dan pada keesokan harinya gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 


    (Baca Juga: Ini 5 Makanan Yang Menghilangkan Jerawat Untuk Kamu Coba)


    Inilah beberapa cara menghilangkan komedo putih atau whiteheads yang bisa kamu. Semoga berhasil!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below