Ini 5 Makanan Yang Menghilangkan Jerawat Untuk Kamu Coba


  • Ini 5 Makanan Yang Menghilangkan Jerawat Untuk Kamu Coba
    Makanan yang bisa hilangkan jerawat. (Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Jerawat sudah menjadi salah satu masalah kulit yang dialami sebagian besar orang. Biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, apalagi remaja yang sedang memasuki masa pubertas, jerawat dalam berbagai jenisnya tak hanya ada di wajah, tetapi juga bagian-bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung, dan bahu.


    Seiring berjalannya waktu, jerawat akan perlahan menghilang tanpa perawatan, tergantung jumlah kemunculannya dan jenis jerawat. Namun, permasalahan yang ditimbulkan jerawat tak hanya sekadar fisik, tetapi juga bisa sebabkan seseorang merasa kurang percaya diri akan penampilannya. Itulah salah satu alasan banyak orang berlomba-lomba mencari cara untuk hilangkan jerawat dan cepat-cepat mendapatkan wajah halus.




    Dengan semakin banyak produk yang tawarkan kandungan aktif untuk menghilangkan jerawat, maupun perawatan di klinik kecantikan yang juga beragam, tak sedikit orang yang melupakan bahwa ada juga cara alami untuk dilakukan agar jerawat bisa hilang, termasuk jenis makanan. Untuk mengatasi masalah kulit satu ini, ada beberapa makanan yang menghilangkan jerawat dan bisa kamu coba.


    (Baca Juga: 4 Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak Dengan Mudah)


    Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini!


    1. Ubi

    makanan yang menghilangkan jerawat

    (Ubi panggang. Foto: Dok. Anastasia Belousova/Pexels)

    Kandungan aktif retinol sudah semakin familier di telinga setiap kali masalah jerawat jadi topik obrolan. Mungkin sebagian sudah menjadikan produk-produk yang mengandung retinol sebagai bagian dari rangkaian skincare-nya, tetapi ada juga yang belum berani mencoba karena kandungan satu ini bisa sebabkan iritasi kulit. Biasanya, retinol banyak digunakan oleh orang-orang yang memasuki usia 30 tahun.

    Jika kamu ingin rasakan manfaat retinol, tetapi belum berani menggunakan produk dengan kandungan tersebut, kamu bisa mengonsumsi ubi. Ya, ubi. Retinol adalah bahan aktif dari vitamin A sehingga ubi jadi salah satu makanan yang tepat karena ia mengandung beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A. Dengan mengonsumsi ubi, kamu akan dapatkan asupan vitamin A yang akan memperkuat skin barrier-mu dari radikal bebas.


    2. Quinoa

    makanan yang menghilangkan jerawat

    (Quinoa. Foto: Dok. Vie Studio/Pexels)


    Semakin banyak orang yang menggantikan asupan karbohidratnya dengan biji-bijian satu ini. Kaya akan seratnya, quinoa bisa jadi salah satu makanan untuk menghilangkan jerawat karena membantu proses pencernaan dan pembuangan zat sisa sehingga racun-racun dalam tubuh lebih mudah hilang.

    Selain itu, quinoa juga mengandung “niacinamide” alami dari vitamin B3 yang tersimpan di dalamnya. Vitamin satu ini dikenal dapat menenangkan kulit yang kemerahan akibat jerawat sekaligus memperbaiki skin barrier, serta mengurangi kemungkinan iritasi dan kering.


    3. Pepaya

    makanan yang menghilangkan jerawat

    (Buah pepaya. Foto: Dok. Alleksana/Pexels)


    Makanan yang menghilangkan jerawat lainnya adalah buah pepaya. Jika kamu bukan salah satu penggemar buah ini, mungkin saatnya untuk memberi kesempatan bagi pepaya untuk tunjukkan khasiatnya dalam mengatasi masalah kulitmu. Buah pepaya mengandung enzim bernama papain.

    Papain ini rupanya ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori tersumbat, samarkan bekas jerawat dan kemungkinan munculnya jerawat baru. Namun, di saat yang sama, kandungan vitamin serta mineral di dalam buah satu ini bisa menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.


    (Baca Juga: Penyebab Flek Hitam Di Wajah Dan Solusinya)


    4. Bluberi

    makanan yang menghilangkan jerawat

    (Blueberry. Foto: Dok. Kelly L/Pexels)


    Hampir semua buah beri, mulai dari stroberi hingga rasberi, memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tak kalah banyak dari buah kiwi. Hal ini juga berlaku bagi bluberi, salah satu jenis sumber karbohidrat dengan indeks glikemik rendah sehingga bisa membantu kurangi peradangan yang sebabkan jerawat.

    Selain itu, bluberi yang juga kaya antioksidan dan serat bisa membantu redakan peradangan dan mengurangi bekas-bekas jerawat. Dengan menjadikan bluberi sebagai camilanmu bisa jadi pilihan yang tepat. Puaskan dirimu akan makanan manis sekaligus menjaga kesehatan kulit.


    5. Salmon

    makanan yang menghilangkan jerawat

    (Salmon. Foto: Dok. Nothing Ahead/Pexels)


    Mengonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dapat membantumu atasi masalah jerawat. Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang bisa kamu nikmati sekaligus rasakan manfaatnya bagi kondisi kulit. Bisa kamu makan mentah (sashimi) atau diolah sesuai selera, salmon dapat menghilangkan masalah kulit akibat peradangan seperti jerawat.

    Selain itu, asam lemak omega-3 bisa melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mengurangi risiko kanker kulit. Beberapa jenis ikan, selain salmon, yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi antara lain tuna, makerel, dan sarden.


    (Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    Beberapa makanan yang menghilangkan jerawat ini bisa jadi jawaban untuk mengatasi masalah kulit yang selama ini kamu alami. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below