Ini 4 Penyebab Pori-Pori Besar Dan Cara Ampuh Mengecilkannya


  • Ini 4 Penyebab Pori-Pori Besar Dan Cara Ampuh Mengecilkannya
    Ini 4 Penyebab Pori-Pori Besar Dan Cara Mengecilkannya. (Foto:Dok. Rawpixel.com/Freepik)

    Tampilan pori-pori yang besar kerap kali menjadi permasalahan kulit yang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Bagaimana tidak, pori-pori yang besar akan mengganggu penampilan, terkadang hal ini juga bisa menyebabkan pengaplikasian makeup menjadi tidak sempurna atau tidak smooth. Lantas, apa yang bisa menyebabkan pori-pori membesar? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!


    1. Genetika




    Genetika atau keturunan adalah salah satu penyebab paling umum pori-pori tampak besar. Misalnya saja, jika kamu memiliki kulit berminyak secara alami, maka cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar. Ini karena kelenjar sebum menjadi lebih aktif dalam memproduksi minyak yang membuat pori-pori membesar untuk mengeluarkan kelebihan minyaknya. 


    Namun, faktor genetika tersebut biasanya disertai dengan faktor pemicu lainnya, seperti gaya hidup yang tidak sehat, sering terpapar sinar matahari dan polusi, atau tidak rutin melakukan perawatan wajah, yang bisa membuat kulit semakin berminyak, menyumbat pori-pori, dan muncul komedo. Inilah yang akan membuat pori-pori wajah terlihat semakin besar. 


    2. Pori-pori tersumbat


    Pori-pori wajah yang tersumbat oleh debu, sisa makeup, dan polusi juga bisa menjadi penyebab lainnya pori-pori terlihat lebih besar. Hal itu terjadi ketika pori-pori yang penuh dengan kotoran, yang tadinya kecil menjadi terlihat lebih besar. Ini juga bisa memicu permasalahan kulit lainnya, seperti muncul komedo, jerawat, dan perubahan tekstur kulit. 


    Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan eksfoliasi kulit secara rutin, yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori secara mendalam. Menurut American Academy of Dermatology, beberapa manfaat eksfoliasi wajah yaitu dapat membuat kulit tampak lebih cerah, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah penyumbatan pori-pori yang kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat.


    3. Dehidrasi


    Sering kali, orang dengan jenis kulit berminyak cenderung memiliki tampilan pori-pori yang besar. Namun ternyata, hal sebaliknya juga bisa terjadi! Kulit yang mengalami dehidrasi juga dapat memiliki tampilan pori-pori yang tampak membesar. Hal ini karena, saat kulit mengalami dehidrasi, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak daripada biasanya. Penumpukan minyak berlebih ditambah dengan sel kulit mati dan kotoran inilah yang bisa membuat pori-pori tampak lebih besar. 


    Menjaga kulit Anda terhidrasi dapat membantu membuat tampilan pori-pori tampak lebih mengecil. Dengan kata lain, kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu mengecilkan tampilan pori-pori yang besar. Gunakan produk skincare yang mengandung asam hialuronat, karena kemampuannya yang dapat mengunci kelembapan dengan baik. 


    4. Paparan sinar matahari


    Paparan sinar matahari yang berlebih – tanpa perlindungan – dari waktu ke waktu dapat menyebabkan berkurangnya produksi kolagen yang bisa kulit kehilangan elastisitasnya. Inilah yang bisa membuat pori-pori tampak lebih besar. 


    Meskipun sulit – tetapi bukan tidak mungkin – kamu dapat membangun kembali kolagen dan elastin kulit yang telah hilang dengan rutin mengaplikasikan sunscreen minimal SPF 30 PA +++. Ini akan membantu mengecilkan tampilan pori-pori yang besar. 


    Bagaimana cara mengecilkan pori-pori yang tampak besar?


    Dikutip dari laman American Academy of Dermatology, berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori yang tampak besar, antara lain:


    1. Gunakan produk skincare dan makeup dengan label non-comedogenic


    Label non-comedogenic pada produk perawatan kulit dan makeup, itu berarti produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori jika digunakan. Ketika pori-pori tersumbat, itu akan membuat pori-pori terlihat lebih besar. Selain memilih produk skincare dan makeup dengan label non-comedogenic, penting juga memilih produk dengan label oil-free atau won’t clog pores. Jika kamu tidak melihat salah satu dari istilah ini, sebaiknya jangan gunakan produk tersebut.


    2. Bersihkan wajah dua kali sehari


    (Ron Lach on Pexels)


    Pori-pori yang tersumbat atau kulit wajah yang berminyak bisa membuat pori-pori terlihat lebih besar. Membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari, dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan mengurangi tampilan kulit berminyak (oiliness). 


    Saat membersihkan wajah, gunakan air suam kuku, karena menggunakan air panas dapat mengiritasi kulit yang bisa menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar. Selanjutnya, gosok wajah secara gentle untuk menghindari risiko iritasi dan peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori cenderung lebih terlihat. Satu lagi, gunakan face wash yang lembut dan berlabel non-comedogenic


    3. Lakukan eksfoliasi secara rutin


    Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat membuat pori-pori terlihat lebih mengecil. Pasalnya, eksfoliasi akan mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran yang dapat menyumbat dan dapat memperbesar tampilan pori-pori wajah. Dengan begitu, eksfoliasi secara rutin dapat membantu membuat pori-pori terlihat mengecil.


    Namun, ingatlah untuk memilih jenis eksfoliator wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan gentle, agar tidak membuat kulit iritasi dan meradang. Kamu disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah sebanyak 1-2 kali seminggu. Jenis eksfoliasi wajah yang bisa menjadi pilihan, seperti Alpha-Hydroxy Acids (AHA), Beta-Hydroxy Acids (BHA), dan Polyhydroxy Acids (PHA). 


    4. Gunakan clay mask


    (Ivan Samkov on Pexels)


    Menggunakan clay mask satu sampai dua kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dari pori-pori, yang dapat membantu mencegah pori-pori membesar dan mengecilkan tampilan pori-pori wajah. 


    Namun perlu diperhatikan, hindari penggunaan clay mask dan eksfoliasi wajah secara bersamaan, karena kombinasi keduanya dapat menyebabkan iritasi kulit. Sebagaimana diketahui, iritasi kulit dapat menyebabkan pori-pori tampak membesar. 


    5. Selalu hapus riasan wajah secara maksimal di malam hari


    (Freepik)


    Sangat penting untuk selalu menghapus riasan secara maksimal sebelum tidur. Hal ini karena, tidur dengan riasan wajah yang masih menempel dapat menyebabkan pori-pori tersumbat akibat penumpukan residu makeup, minyak, dan kotoran. Lakukan double cleansing, atau bahkan triple cleansing, setiap malamnya untuk memastikan wajah bersih dari sisa residu makeup, minyak, dan kotoran. 


    6. Memakai sunscreen


    (Moose Photos on Pexels)


    Memakai sunscreen adalah salah satu langkah dalam rutinitas perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Bukan tanpa alasan, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk membuat kulit sangat kering dan membuat pori-pori tampak lebih besar. Memakai sunscreen setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dapat membantu mencegah risiko kerusakan kulit tersebut. Gunakan sunscreen minimal SPF 30 PA+++ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below