Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak


  • Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak
    Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. (Foto: Dok. Kataliya/ Pexels)

    Penumpukan minyak di kulit kepala selalu membuat setiap orang terganggu karena bisa menyebabkan kemunculan ketombe, maupun rambut lepek dan bau tak sedap. JIka kamu memiliki rambut yang memproduksi minyak kulit berlebihan, berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan dalam merawat rambut berminyak.


    1. Pilih Produk Perawatan yang Tepat

    cara merawat rambut berminyak
    (Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Karolina/ Pexels)

    Sekarang waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti produk yang tepat bagi rambut berminyak. Bagi rambut berminyak, dry shampoo merupakan jenis sampo yang tepat bagi kondisi kulit kepalamu, karena bebas dari kandungan berminyak. Kelemahan dari dry shampoo adalah penumpukan residu yang dapat membuat rambut dan kulit kepala terasa 'berpasir' dan kotor.



    Ketika dry shampoo menjadi rekomendasi, ada satu kandungan yang harus kamu hindari dalam pilihan produk perawatan rambut berminyak, yaitu silikon seperti Dimetikon, Siklometikon, dan Amodimetikon.

    Silikon pada sampo dan produk perawatan rambut ternyata dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Bahkan, silikon juga mencegah kelembaban yang dibutuhkan meresap ke batang rambut sehingga memicu terjadinya kerontokan rambut.


    2. Sering Keramas

    cara merawat rambut berminyak
    (Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Andrew/ Pexels)

    Berapa sering kamu keramas? Apakah kamu termasuk orang yang jarang keramas? Karena jarang keramas bisa menjadi salah satu penyebab rambutmu berminyak. Bagi kamu yang memiliki rambut berminyak, keramaslah minimal satu kali sehari, namun jika kamu dapati produksi minyak meningkat, segera kurangi frekuensinya menjadi dua kali sehari.

    Saat keramas pun gunakan teknik yang tepat, teknik yang dianjurkan yaitu mengusapkan sampo hingga akar dan kulit kepala. HIndari mengusap kepala menggunakan kuku atau membuat gesekan yang bisa menyebabkan luka di kulit kepala. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi kulit kepala dan menghasilkan lebih banyak minyak.


    (Baca Juga: Perawatan Rambut Kering dan Mengembang di Rumah)


    3. Hindari Rambut Lembap dan Lepek

    cara merawat rambut berminyak\
    (Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Sasha/ Pexels)

    Segera keringkan rambut yang baru saja dikeramas, jangan biarkan rambutmu lembap dalam waktu yang lama. Pemakaian pengering saat rambut dalam kondisi baru saja dikeramas juga tidak disarankan karena dapat merusak rambut, tapi pastikan rambutmu sudah benar-benar kering sebelum kamu tutup dengan helm ataupun jilbab, keringkan dengan handuk.

    Untuk perawatan yang maksimal, buatlah tonik dari cuka apel dan perasan lemon. Cuka apel dapat membantu membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih, sedangkan perasan lemon dapat mencegah datangnya ketombe. Buatlah tonik yang diaplikasikan setelah keramas dengan campuran dari air dan masing-masing 2 sendok makan cuka apel, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.


    4. Pola Makan Sehat

    cara merawat rambut berminyak
    (Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Vegan/ Pexels)

    Kurangnya nutrisi ataupun protein dalam tubuh juga akan berpengaruh pada kondisi rambutmu. Hindari makanan berminyak seperti gorengan, karena kulit kepala memiliki kelenjar berminyak, dan makan makanan berminyak akan mengirimkan kelenjar minyak ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.

    Pilihlah makanan yang mengandung omega-3 untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengurangi produksi minyak. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan menjadi salah satu cara mengatasi rambut berminyak dari dalam.


    (Baca Juga: Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh)


    5. Tidur Cukup

    cara merawat rambut berminyak
    (Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Andrew/ Pexels)

    Kurangnya tidur atau pola tidur yang terganggu dapat menyebabkan stres atau depresi sehingga memicu timbulnya hormon kortisol atau dikenal juga stres hormon. Hormon ini juga merupakan hormon yang berhubungan langsung dengan permasalahan rambut. Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar kamu mendapat waktu istirahat yang cukup. Orang dewasa setidaknya membutuhkan kurang lebih 8 jam waktu untuk beristirahat.


    6. Konsumsi Lidah Buaya

    cara merawat rambut berminyak
    (Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Nataliya/ Pexels)

    Lidah buaya memang sangat bermanfaat bagi perawatan kecantikan termasuk kulit kepala. Gunakan gel lidah buaya untuk menutrisi pada akar rambut. Vitamin, mineral, dan enzim yang terdapat dalam lidah buaya sangat membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala. Lidah buaya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan mengontrol sekresi minyak.


    Kelebihan produksi minyak pada kulit kepala mungkin dapat menjadi sangat mengganggu, namun akan selalu ada cara merawat rambut berminyak dengan hal-hal tersebut.


    (Penulis : Fathya Jeehan)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below