Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh


  • Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh
    Beberapa cara agar rambut jatuh dan lembut (Foto:Dok.koolshooters/pexels)

    Sulit untuk tidak merasa iri ketika kita melihat seseorang dengan rambut yang lembut dan indah. Sedangkan kamu terjebak dengan rambut yang kusam dan kasar. Namun, masalah ini bisa kamu perbaiki dengan rutinitas perawatan rambut yang tepat. Kamu bisa memiliki rambut yang halus dan terhidrasi yang akan membuat kamu ingin bermain dengan rambutmu sepanjang hari.


    Rambut yang kasar dan rusak bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa karena terlalu sering cat rambut, menggunakan alat hair styling yang panas, terlalu sering mencuci rambut, menggunakan sampo dengan bahan kimia yang keras, dan lainnya. Intip tips berikut jika kamu ingin mengetahui cara agar rambut lembut dan jatuh.




    (Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dan Lurus)


    Kondisioner

    Cara agar rambut lembut dan jatuh adalah dengan menggunakan kondisioner secara rutin. Kondisioner adalah agen pelembab rambut yang biasanya terbuat dari silikon, minyak, dan kandungan lainnya. Ketika digabungkan, bahan-bahan memberikan berbagai manfaat bagi rambut kita seperti, memberikan perlindungan dan mencegah kerusakan pada rambut.

    Dengan kondisioner, kamu memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut untuk melindungi rambut dari kerusakan. Kandungan pada kondisioner juga menutrisi rambut dari akar sehingga dapat menjaga kelembaban rambut dan mencegah rambut lepek. Rambut juga menjadi lebih halus dan mudah ditata. 


    Bilas dengan air dingin

    Cara agar rambut lembut dan jatuh berikutnya adalah dengan membilas rambut dengan air dingin karena jika kamu terlalu sering keramas menggunakan air panas, minyak alami yang terdapat pada helaian rambut akan hilang.

    Air panas juga konon dapat membuka lapisan kutikula (lapisan terluar) helai rambut dan menyebabkan kesehatan rambut mudah terganggu. Oleh karena itu, usahakan untuk menyeimbangkan keramas dengan air dingin untuk membuat kutikula rambut kembali menutup. 


    Hindari terlalu sering keramas

    Kamu tidak perlu keramas setiap hari. Jangan mencuci lebih dari yang dibutuhkan Keramas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami rambut. Padahal minyak alami pada rambut kita itulah yang membantu membuatnya bersinar dan mencegah kerusakan. Ditambah lagi, keseringan keramas bisa membuat rambut semakin kering. Kamu bisa menggunakan dry shampoo sebagai pengganti keramas. 


    (Baca Juga: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)


    Masker rambut

    Rutin memakai masker rambut juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan rambut jatuh dan lembut sesuai idaman kamu dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Beberapa bahan alami yaitu seperti, papaya, teh hijau, madu, susu, lidah buaya, minyak zaitun, minyak kemiri, dan minyak kelapa.

    Cara alami melembutkan rambut ini dapat membantu melembabkan rambut kamu secara efektif sehingga rambut terasa lebih lembut. Kamu dapat memilih masker rambut yang berfungsi khusus untuk melembutkan rambut.  Kemudian, oleskan pada helaian rambut yang basah setelah keramas. Bilas masker setelah didiamkan selama 10-15 menit. 


    Serum

    Jika kamu belum familier dengan serum rambut, produk ini mengandung nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan rambut dalam bentuk liquid berupa minyak. Dengan menggunakan serum rambut setelah keramas atau sebelum proses styling, rambut kamu akan terlindungi dari kerusakan. 


    (Baca Juga: Cara Pakai Masker Rambut)


    Kurangi alat penata rambut

    Kamu perlu membatasi penggunaan alat penata rambut jika kamu ingin memiliki rambut yang lembut dan tidak kasar. Penggunaan alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan, blow dryer, ataupun peralatan lainnya secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan rambut.

    Suhu panas yang dihasilkan dari alat penata rambut dapat merusak rambut sehingga rambut jadi kasar dan rapuh, serta kilauan alami rambut juga akan hilang. Jika memang harus menggunakannya, oleskan serum pelindung rambut terlebih dahulu untuk melindungi rambut kamu.


    Jojoba Oil & Vitamin E

    Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk rambut agar lembut adalah dengan minyak jojoba yang diekstrak dari tumbuhan jojoba. Kamu bisa memakai minyak ini untuk melembabkan dan melemaskan rambut yang kaku. Minyak jojoba memiliki manfaat alami untuk menghidrasi dan mengunci kelembaban rambut.

    Selain minyak jojoba, vitamin E juga salah satu bahan alami yang bermanfaat melemaskan rambut. Antioksidan dalam vitamin E mampu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala.


    Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar rambut kamu lembut dan jatuh. Selamat mencoba!


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below