Hair & beauty

Perawatan Rambut Kering dan Mengembang di Rumah

By : Her World Indonesia - 2021-02-12 15:00:00 Perawatan Rambut Kering dan Mengembang di Rumah

Tampilan rambut jadi salah satu yang bisa membuat para wanita lebih percaya diri. Sehingga menjaga kesehatannya agar tetap sehat adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Setiap orang tentu memiliki tipe rambut yang berbeda. Diantaranya adalah yang kering, bercabang bahkan ada pula kombinasi kering dan mengembang. Apa kamu salah satunya?

Jika kamu salah satunya, patut untuk merawat rambut kamu agar terlihat sehat dan rupawan. Berikut perawatan rambut kering dan mengembang.


1. Melakukan Potongan Rambut pada Ujung Rambut

Kamu perlu melakukan pemotongan pada ujung rambut yang bercabang agar mudah diatur (Foto: Dok. unsplash)

Jika kamu memiliki rambut kering, kamu perlu menata ulang rambutmu dengan memotong ujung rambut yang bercabang. Karena rambut bercabang dapat membuat rambut terasa kering kasar sehingga sulit diatur.

Kamu juga bisa menanyakan kepada penata rambut untuk rekomendasi bentuk rambut yang dapat mengurangi cabang rambut sekaligus cocok untuk bentuk wajahmu.


(Baca Juga: Ingin Awet Muda Secara Alami, Ini Rahasianya)


2. Menggunakan Vitamin pada Rambut

Vitamin rambut dapat menjadikan rambutmu tampak sehat (Foto: Dok. unsplash)

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin untuk menutrisi rambut. Vitamin A, Vitamin C, Vitamin H dan zat besi mineral juga akan menjadikan rambut kamu terlihat lebih sehat.


3. Hindari Cuci Rambut Setiap Hari

Hindari keramas setiap hari karena dapat menyebabkan rambutmu kering (Foto: Dok. unsplash)

Siapa bilang keramas setiap hari akan membuat rambutnya menjadi sehat? Rambut juga memiliki minyak alami yang dapat membuat rambutmu semakin berkilau. Namun, jika terlalu banyak sebum akan menyebabkan rambutmu menjadi berminyak. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan sampo bayi karena dapat menghilangkan minyak alami secara sepenuhnya.

(Baca Juga: Punya Rambut Kering? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Ini!)


4. Bungkus Rambut Setelah Mencuci Rambut

Membungkus rambutmu setelah keramas dapat memberikan efek kelembapan (Foto: Dok. unsplash)

Selama kamu melakukan proses pengeringan setelah keramas, kamu juga dapat membungkus rambut dengan handuk untuk memberikan efek kelembapan. Lalu, jika kamu tidur setelah keramas, kamu juga dapat menggunakan bantal sutra agar kelembapan rambut tidak terserah oleh bantal.


5.  Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menembus serat rambutmu agak tampak halus (Foto: Dok. unsplash)

Minyak kelapa merupakan pelembab alami untuk rambut kamu. Lalu, minyak kelapa dapat menembus serat pada rambutmu sehingga dapat memberikan efek halus pada rambut.


Oleh karena itu, kamu juga dapat melakukan perawatan rambut kering dan mengembang di rumah sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi ke salon.


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty