Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami


  • Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami
    Bruntusan dapat terjadi di bagian mana saja, termasuk wajah. (Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

    Bruntusan di wajah membuat yang mengalaminya menjadi tidak enak dipandang, yang akhirnya membuat perasaan tidak nyaman. Bruntusan, yang merupakan bintik kemerahan ini menyebabkan rasa gatal bahkan perih.


    Bruntusan banyak ditemukan karena adanya alergi makanan atau minuman, dan juga alergi terhadap produk yang diaplikasikan ke kulit, seperti make up. Maka dari itu, untuk kamu yang mempunyai alergi terhadap suatu makanan lebih baik menghindarinya, dan jangan gunakan produk kulit wajah yang sensitif untukmu.




    Bruntusan disebut juga disebabkan oleh hormon. Apa pun penyebabnya, kamu pasti akan berusaha sebisa mungkin untuk menghilangkannya. Terdapat cara menghilangkan bruntusan secara alami, maupun menggunakan obat atau produk. Kamu bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih, mengingat kedua cara ini bisa tidak bekerja pada kulit yang sensitif. Namun, kamu bisa menyimak cara alami di bawah ini.


    1. Menggunakan bawang putih

    cara menghilangkan bruntusan secara alami

    (Cara menghilangkan bruntusan secara alami bisa dengan bawang putih. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)


    Bawang putih merupakan bahan dapur yang mempunyai banyak fungsi. Selain untuk masakan, fungsi lain bawang putih yang sangat berharga adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tambahan untuk kedua fungsi ini ialah bahwa bawang putih juga mampu membantu menghilangkan bruntusan. Bawang putih mengandung senyawa organosulfur yang gunanya sebagai anti inflamasi. Hal ini tentunya sangat bagus agar bruntusan tidak lagi meradang.


    Kamu perlu siapkan satu siung bawang putih. Setelah itu kamu kupas, lalu bisa kamu makan secara langsung. Banyak orang menilai bawang putih memiliki rasa yang tidak enak dan sangat kuat jika dikonsumsi langsung. Jika kamu juga adalah salah satu orang tersebut, kamu dapat membuat bawang putih untuk bruntusanmu menjadi minuman panas.


    2. Menggunakan minyak kelapa

    Minyak kelapa biasanya kita kenal untuk perawatan rambut, seperti untuk menumbuhkan rambut. Namun, minyak kelapa yang memiliki kandungan seperti vitamin E yang baik untuk kulit pada umumnya, dan anti inflamsi serta anti bakteri. Tidak hanya dapat mengurangi peradangan, minyak kelapa juga dapat mengurangi kemerahan. Minyak kelapa juga bisa memberikan kelembapan untuk wajah.


    (Baca Juga: Begini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah)


    Caranya, kamu oleskan minyak kelapa di bagian bruntusan yang terdapat di badan atau wajahmu. Lalu, kamu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, kamu bilas bagian tersebut sampai bersih dengan air dingin. Kamu perlu untuk mengeringkannya setelahnya. Jangan lupa untuk mengaplikasikan minyak kelapa ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.


    3. Menggunakan teh hijau

    cara menghilangkan bruntusan secara alami

    (Cara menghilangkan bruntusan secara alami lainnya dengan teh hijau. Foto: Dok. Wallace Chuck/Pexels)


    Teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Fungsi utama antioksidan adalah untuk mentralkan radikal bebas yang tentu saja bisa menyebabkan kerusakan kulit. Selain fungsi tersebut, teh hijau juga bisa berfungsi untuk membersihkan beberapa kotoran wajah. Fungsi-fungsi ini tentunya juga selaras dengan perannya untuk bruntusan, yaitu mampu mengurangi peradangan yang terjadi.


    Cara menghilangkan bruntusan dengan teh hijau terbilang salah satu yang mudah karena kamu hanya perlu membuatnya menjadi minuman dengan menyeduhnya. Terbilang sama mudahnya dengan pengaplikasian es batu untuk bruntusan. Namun, selain meminumnya, kamu juga dapat membuat teh hijau ini sebagai masker wajah bruntusan. Untuk masker, kamu dapat membeli produk bubuk teh hijau lalu mencampurnya dengan air, kuning telur, dan madu. Jadilah masker teh hijau untuk bruntusanmu.


    4. Menggunakan minyak tea tree

    Minyak tea tree, sama seperti teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan. Selain antioksidan, minyak tea tree juga memiliki formula anti mikroba yang dapat membantu menghilangkan bruntusan. Orang banyak mengenalnya sebagai obat jerawat juga karena minyak tea tree bisa mengurangi jumlah noda pada jerawat itu sendiri.


    Penggunaan minyak tea tree sederhana. Kamu cukup teteskan minyak tea tree, lalu oleskan ke seluruh bagian bruntusan yang terdapat di badan atau wajahmu. Setelah itu, biarkan selama 15 menit. Kamu membilasnya dengan air bersih setelahnya dan keringkan. Sama seperti minyak kelapa, kamu bisa menggunakannya secara rutin, beberapa kali dalam seminggu. Tentunya minyak tea tree akan membantu menghilangkan bruntusanmu.


    (Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan)


    Bruntusan memang masalah pada kulit. Namun, masalah ini pun dapat diatasi. Dengan memilih cara yang benar dan pemakaian yang rutin untuk kulit bruntusan, ke depannya kamu akan memiliki lagi kulit yang sehat. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below