Begini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah


  • Begini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah
    Bruntusan pada wajah adalah salah satu masalah yang sering dialami dan sangat mengganggu. (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Masalah pada wajah bisa sangat menganggu keseharian seseorang. Hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang sangat tidak nyaman bahkan bisa juga menganggu penampilan. Banyak orang berusaha menghilangkannya, namun banyak juga yang menemukan kesulitan saat melakukannya. Meski begitu, mempunyai kulit wajah yang sehat dan bersih akan selalu menjadi hal penting untuk kita.


    Salah satu masalah yang banyak ditemukan adalah bruntusan. Bruntusan adalah bintik kemerahan yang menyebabkan gatal dan bahkan perih. Terutama jika berkeringat di bawah sinar matahari, akan memberikan ketidak nyamanan bagi orang yang sedang menderitanya. Untuk itu, kamu bisa menyimak cara menghilangkan bruntusan di wajah pada bahasan kali ini.




    (Baca Juga: Begini Cara Cepat Atasi Bruntusan Di Bagian Pipi!)


    1. Mengaplikasikan es batu

    Es batu adalah bahan paling sederhana yang dapat membantu kita menghilangkan bruntusan. Salah satu rasa yang cenderung sangat menganggu adalah gatal ketika bruntusan. Untuk itu, mengaplikasikan es batu bisa menghilangkan atau mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

    Kita cukup letakkan lalu oleskan es batu di tempat bruntusan tersebut. Es batu juga dapat membantu mengurangi kemerahan yang tampak. Namun, karena es batu sangat dingin di wajah, pengaplikasiannya pertama kali akan meninggalkan kemerahan karena tidak terbiasa pada temperatur es tersebut. Walaupun begitu, hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena biasanya akan hilang dalam satu sampai dua hari dalam pengaplikasian es batu di wajah. Setelah itu, gatal pada bruntusan tersebut biasanya akan berangsur menghilang.


    2. Menggunakan madu

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa dengan menggunakan madu. Foto: Dok. Archana GS/pexels)


    Madu adalah bahan alami yang bisa digunakan dalam mengatasi beberapa masalah. Tidak hanya soal wajah, madu juga bahan alami yang menjadi andalan saat sakit, seperti sakit tenggorokan contohnya. Madu memiliki banyak kandungan gizi sehingga bagus tidak hanya untuk kesehatan, namun juga kulit wajah. Beberapa orang bahkan minum madu pada setiap harinya, seperti sebelum tidur.

    Madu memiliki kandungan antioksidan yang bisa menghidrasi kulit wajah. Jika wajah tidak terhidrasi, maka akan kering. Selain antioksidan, madu juga memililki kandungan anti inflamasi yang bagus untuk mencegah peradangan pada jerawat dan bruntusan. Kita cukup oleskan madu di tempat bruntusan pada wajah kita. Lalu, kita bisa mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih dan gunakan juga sabun cuci muka. Tapi, jangan lupa juga untuk mencuci muka dahulu sebelum mengoleskan madu.


    3. Menggunakan lemon

    Seperti madu, lemon pun memiliki kebaikan yang berguna tidak hanya untuk kulit wajah. Lemon dapat digunakan untuk detoksifikasi tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mencampurkan air putih yang kamu minum dengan potongan buah lemon. Hal ini baik karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, seperti jeruk.


    (Baca Juga: 7 Penyebab Bruntusan Di Dahi Yang Semestinya Diwaspadai)


    Kandungan pada buah lemon tidak hanya baik untuk menghilangkan bruntusan, namun juga baik untuk jerawat dan mencegah komedo. Caranya, kita siapkan air perasan lemon dan juga putih telur. Kita akan membuatnya menjadi seperti masker, maka campurkan kedua bahan ini. Lalu oleskan pada bagian wajah yang mengalami bruntusan. Diamkan selama 30 menit atau hingga dirasa kering. Setelahnya, bilas dengan menggunakan air bersih lalu dilanjutkan dengan menggunakan sabun cuci muka.


    4. Menggunakan lidah buaya

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Cara menghilangkan bruntusan di wajah salah satunya menggunakan lidah buaya. Foto: Dok. Jessica Lewis Creative/Pexels)


    Lidah buaya juga dikenal bagus untuk kulit wajah. Terkadang saat bruntusan, wajah juga mengalami peradangan. Manfaat lidah buaya salah satunya adalah bisa mengurangi peradangan pada wajah.

    Kita bisa mengambil gel bening yang terdapat pada lidah buaya. Gel ini lalu dioleskan ke bagian wajah tempat bruntusan itu berada. Lalu diamkan hingga terasa kering ataupun kita bisa juga membiarkannya selama semalam. Setelah itu, kita bilas wajah sampai bersih dan tentunya tidak lupa juga menggunakan sabun cuci muka.


    Bruntusan memang salah satu masalah wajah yang harus segera diatasi karena adanya rasa gatal serta perih yang ditimbulkan. Bruntusan pun bisa timbul di bagian tubuh mana pun, tidak hanya wajah. Gunakan bahan-bahan di atas dalam proses untuk menghilangkannya pada bagian wajah.

    Tapi, alangkah baiknya juga kita menghindari sebab yang dapat menimbulkan bruntusan pada awalnya. Tentunya hal seperti hormon tidak bisa terhindarkan, tapi dengan mencuci muka dengan rutin dan menggunakan pelembap, berarti kita sudah menjaga muka kita agar terhindar dari bruntusan. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below