Kurang Menjaga Matamu? Memengaruhi Fungsi Otakmu!


  • Kurang Menjaga Matamu? Memengaruhi Fungsi Otakmu!
    Menjaga kesehatan mata. (Foto: Dok. Perchek Industrie/Pexels)

    Kita semua menghabiskan waktu lebih banyak di depan gawai masing-masing sejak dunia membatasi ruang gerak. Selama hampir dua tahun, sebagian besar waktu kita dihabiskan di hadapan layar laptop atau handphone, setidaknya delapan jam dalam satu hari.


    Dilansir dari Her World Singapura, penggunaan komputer, laptop maupun perangkat lainnya yang berlebihan disebut dengan digital eye strain (DES) dan jika gejalanya tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan masalah yang lebih serius.



    Tanda-tanda

    Menurut Dr. David Goh, kepala tim medis dari Novena Bladeless Cataract Srugery & Eye Specialist Centre, gejala DES meliputi kesulitan untuk fokus, tegang pada area mata, rasa nyeri di mata, penglihatan yang kabur, dan kesulitan mengetahui bentuk maupun detail suatu hal, serta kering pada area mata. Jika kamu biarkan tanpa perawatan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan conjunctival hyperemia.


    (Baca Juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP)


    Dr. David juga mengungkapkan bahwa kondisi mata yang kering dapat menyebabkan peradangan pada permukaan mata. Hal ini juga berdampak pada produksi air mata yang menurun sehingga mata akan jauh lebih kering. Tanpa ada tindakan untuk memutus siklus ini berisiko pada infeksi dan melukai kornea.


    Hal ini akan lebih berisiko pada pengguna lensa kontak, atau pasien diabetes maupun masalah pada kelopak mata. DES juga dapat mengakibatkan rabun jauh progresif. Dengan kondisi rabun jauh di atas 600 derajat, mata akan mengalami penyakit degenerasi di usia lebih muda dari seharusnya, seperti katarak, glukoma, lapisan retina yang menipis, serta rabun jauh dengan kondisi yang lebih parah.

    menjaga kesehatan mata dari layar komputer

    (Penggunaan laptop terlalu sering bahayakan kondisi mata. Foto: Dok. Anna Tarazevich/Pexels) 

    Tidak hanya memengaruhi kondisi mata

    Terlalu banyak waktu dihabiskan dengan menonton atau terus menerus di depan layar juga memengaruhi kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Mulai dari sinar dari layar yang terus menstimulasi otak, sebabkan insomnia atau rendahnya kualitas tidur. Hal ini ditambah dengan tubuh yang terus membungkuk selama menatap layar, memberikan tekanan lebih besar pada leher, pundak, dan punggung.


    Tekanan pada ketiga area tersebut dalam menyebabkan pada kondisi tulang yang lebih serius dari waktu ke waktu. Hal yang signifikan dapat terasa adalah perubahan perilaku dan kemampun kognitif karena DES juga dapat sebabkan kekhawatiran serta kondisi psikologis seperti depresi. “Beberapa studi menemukan bahwa masyarakat melakukan kebiasaan adiktif terhadap media sosial dan kemudian handphone masing-masing. Mereka harus terus mengakses gawai dan menggunakannya untuk memperbaiki mood mereka. Jika perilaku ini terus mengganggu kehidupan harian, hal ini perlu menjadi perhatian,” ungkap Dr. Claudine Pang, dokter spesialis mata dari Asia Retina.

    (Baca Juga: Cara Mengurangi Mata Minus)

    Paparan sinar biru

    Jika kamu merasa apa dari efek tersebut karena menggunakan kacamata anti sinar biru atau fitur blue light filter pada telepon genggammu, sebenarnya tidak ada yang tahu kadar sinar biru yang membahayakan bagi mata manusia. Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa sinar biru dapat menimbulkan kerusakan pada retina kelinci dan tikus melalui berbagai mekanisme.


    Meski belum ada studi tentang mata manusia, Dr. Claudine menekankan pentingnya untuk mengurangi paparan sinar biru agar dapat menerapkan ritme sirkadian yang baik serta menghindari gangguan rabun jauh. Selain itu, paparan sinar biru harus diatur pada kadar yang cukup agar tidak menimbulkan perubahan depresif pada otak.

    menjaga kesehatan mata dari layar komputer

    (Menjaga kelembapan permukaan mata. Foto: Dok. Freepik)

    Lakukan rehat pada mata dengan melihat hal, selain layarmu

    Setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak enam meter selama minimal 20 detik. Hal ini membantu kamu untuk merelaksasi mata, setelah terus dalam posisi tegang melihat ke layar.

    Lembapkan mata dengan obat tetes

    Membasahi kedua mata dengan air mata alami atau obat tetes dapat meremajakan mata dan mengurangi rasa lelah pada mata.

    Kedipkan mata secara menyeluruh dan biasakan melakukan secara sadar

    Mengedipkan mata terbukti dapat berkurang akibat penggunaan komputer terlalu sering. Kedipan mata penting untuk menyebarkan cairan dan melembapkan permukaan air. Jika kamu tidak mengedipkan mata secara menyeluruh dapat sebabkan gejala mata kering.

    Pastikan jarak layar 20 derajat di bawah level matamu

    Beri jarak sepanjang lenganmu, antara layar laptop dengan matamu karena semakin dekat jaraknya akan beri tekanan lebih besar pada otot fokus mata yang sebabkan mata lebih lelah. Selain itu, membuka layar di bawah level mata dapat mengurangi penguapan cairan pelindung permukaan mata sehingga tetap lembap.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below