Cara Mengurangi Mata Minus


  • Cara Mengurangi Mata Minus
    (Foto: Maridav/Shutterstock/Clickphotos)

    Mata minus disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya keturunan, membaca sambil tiduran, melihat layar TV atau monitor telrlalu lama, kurangnya asupan nutrisi untuk mata, atau menderita suatu penyakit.

    Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi mata minus agar membantu pengelihatan kembali normal.

    1. Melatih mata dengan melihat benda yang bergerak



    Biasakan melatih mata Anda dengan melihat benda-benda yang bergerak seperti kendaraan yang lalu-lalang di jalan raya atau memandang pendulum. Atur posisi dan jarak agar tidak terlalu dekat dengan mata Anda.

    2. Perkaya asupan vitamin A. C, dan E, zinc, beta-Carotene

    Untuk mengurangi mata minus, bantu dengan makanan bernutrisi dan suplemen dengan kandungan vitamin A, C, dan E, zinc, beta-Carotene, dan protein. Anda dapat mengonsumsi wortel yang kaya akan vitamin A dan beta-Caroten, ikan salmon dengan kandungan omega-3, kol, bayam, tomat, dan telur.

    3. Terapi mata

    Lakukan terapi mata dengan memanfaatkan daun sirih melalui tahap berikut:

    1. Gunakan dua lembar daun sirih dan cuci hingga bersih.

    2. Tempelkan pada kelopak mata Anda sebelum tidur dan pastikan menempel terus selama tertidur.

    3. Lepas daun sirih saat bangun tidur pagi hari dan cuci bersih muka Anda.

    Selain itu Anda dapat memanfaatkan lilin untuk terapi mata dengan cara:

    1. Nyalakan 1 batang lilin.

    2. Tatap lilin yang menyala tanpa berkedip hingga mengeluarkan air mata.

    3. Lakukan secara rutin sebanyak 4x seminggu.

    4. Melakukan senam mata

    Untuk melatih kelenturan otot mata, Anda dapat melakukan senam mata yang berguna juga untuk mengurangi mata minus. Lakukan senam mata melalui tahap berikut:

    1. Posisikan tatapan mata lurus ke depan.

    2. Gerakan pandangan ke atas secara perlahan, lalu ke tengah, ke arah bawah, lalu ke kanan dan ke kiri. Masing-masing gerakan harus ditahan selama 10 detik.

    3. Setelah selesai, gerakan bola mata dengan memutarnya 360 derajat searah jarum jam sebanyak 2x.

    4. Setelahnya, gerakan kembali bola mata ke tengah dan tahan selama 10 detik.

    5. Lakukan poin no. 3 namun gerakan sebaliknya dari arah jarum jam.

    6. Istirahatkan mata dengan eye palming. Lakukan pada pagi dan sore hari.

    5. Melakukan teknik eye palming

    Mengistirahatkan mata dengan teknik eye palming dapat Anda lakukan setelah melakukan senam mata. Teknik ini dilakukan dengan tahapan:

    1. Menggosok-gosok telapak tangan hingga suhunya memanas.

    2. Mengatur posisi telapak tangan pada wajah dan pastikan tidak menggangu pernapasan dari hidung.

    3. Tutup mata dengan tangan dan periksa kembali jangan sampai ada cahaya yang masuk.

    4. Lakukan teknik pernapasan yang baik dan benar dan lakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran agar lebih rileks.

    6. Manfaatkan sinar matahari pagi

    Berjemur di pagi hari memberikan manfaat yang besar untuk mengurangi mata minus. Manfaatkan sinar matahari pagi untuk memberikan asupan vitamin D pada mata minus dengan cara menutup kedua mata dan memberikan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat.

    7. Tindakan operasi lasik

    Anda juga dapat mencoba cara medis dengan melakukan operasi lasik untuk mengurangi bahkan menghilangkan minus pada mata. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan dulu ke dokter yang terpercaya.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below