Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Diet


  • Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Diet
    Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama. (Foto: Dok. Vincent Rivaud/Pexels)

    Sebagian orang ingin menurunkan berat badan, sebagian lainnya ingin memulai pola hidup sehat. Apapun tujuan akhir dalam perjalanan fisikmu, diet lebih banyak menjadi salah satu caranya. Mengurangi konsumsi makanan yang dinikmati sehari-hari atau menahan diri untuk tidak mengambil camilan di lemari makan ketika sedang bosan pada tengah hari adalah beberapa cara yang kurang menyenangkan, terkadang menyiksa diri untuk gaya hidup lebih baik.




    Nah, kamu dapat menahan diri tanpa perlu khawatir, perut dan hatimu tidak akan banyak karena ada beberapa makanan yang membuatmu kenyang lebih lama sehingga sangat cocok buat kamu yang tengah jalani diet. Sebelum kamu mengetahui daftar makanan yang perlu kamu beli untuk program dietmu besok, pastikan makanan-makanan ini mengandung protein, fiber, dan air yang tinggi, serta rendah densitas energinya sehingg kamu merasa kenyang lebih lama.


    Apa saja jenis makanannya? Berikut deretannya!


    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


    1. Telur

    Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

    (Telur bisa jadi opsi sarapan kamu biar kenyang lebih lama. Foto: Dok. Christian Coquet/Unsplash)

    Jika secangkir kopi adalah sarapanmu setiap pagi, coba padukan dengan satu buah telur. Rebus, dadar, mata sapi, ataupun poached, apapun cara pengolahannya telur menjadi salah satu makanan yang membuat kenyang lebih lama. Kamu dapat menambahkan telur dan satu lembar roti panggang dalam menu sarapanmu, setidaknya untuk menemani kopimu, karena telur dan roti panggang dapat membuatmu enggak cepat lapar ketika makan siang.

    Selain memiliki kandungan protein dengan kualitas tinggi dan jumlah yang banyak pula, kuning telur juga menyimpan berbagai nutrisi seperti kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin (umumnya ditemukan pada buah dan sayuran) yang bagus untuk kesehatan mata. Lalu, kekayaan protein dalam telur membuat banyak orang memilih makanan-makanan yang lebih menyehatkan sepanjang hari. Jadi, pastikan sarapanmu mengenyangkannya.


    2. Yoghurt

    Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

    (Greek yogurt bisa jadi menu sarapan ataupun camilan. Foto: Dok. Drica Pinotti/Unsplash)

    Olahan fermentasi dari susu sapi ini dapat kamu jadikan menu sarapan ketika sedang menjalani program diet sehat. Namun, pastikan kamu memilih greek yogurt karena tekstur yoghurt satu ini jauh lebih kental dari yoghurt biasa dan memiliki kandungan protein lebih tinggi.

    Kamu dapat menambahkan kacang-kacangan atau buah-buahan seperti stroberi, rasberi, atau pisang jika kamu ingin menambah rasa dan mempercantik tampilan sarapanmu. Namun, greek yogurt tidak hanya bisa kamu konsumsi di pagi hari, tetapi juga menjadi camilan sehat di sore hari dan bisa membantumu tetap kenyang di malam hari jika kamu memutuskan untuk skip makan malam.


    (Baca Juga: Wow! Coba 7 Cara Diet Sehat Dan Cepat Ini)


    3. Kacang-kacangan

    Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

    (Kacang-kacangan bisa jadi camilan sehat yang mengenyangkan perutmu lebih lama. Foto: Dok. Maksim Shutov/Unsplash)

    Kamu tim nyemil? Kalau iya dan langsung membayangkan keripik kentang di kepala, coba ganti camilanmu dengan campuran kacang-kacangan kaya protein yang enggak hanya sehat tetapi juga bisa menjaga program dietmu tetap aman. Kacang almon, kacang kenari, maupun kacang kedelai adalah beberapa jenis kacang yang dapat kamu nikmati.

    Camilan sehat satu ini kayak akan lemak sehat dan protein sehingga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama serta menjaga produksi hormon yang sebabkan peningkatan nafsu makan, bahkan sebuah riset menunjukkan kalau kamu mengunyah kacang almon sebanyak 40 kali akan mengurangi rasa laparmu.


    4. Quinoa

    Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

    (Quinoa adalah jenis biji-bijian yang bebas gluten dan kaya serat. Foto: Dok. Shashi Chaturvedula/Unsplash)

    Jenis biji-bijian satu ini kerap dimakan sebagai pengganti nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Quinoa menjadi salah satu biji-bijian populer dan sumber protein yang baik. Faktanya berbagai jenis asam amino yang penting dalam tubuh terkandung dalam jenis makanan ini sehingga dianggap sebagai sumber protein yang lengkap.

    Selain itu, quinoa juga menjadi menu yang cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten dan quinoa juga mengandung kadar serat yang tinggi jadi menjaga tubuh tetap sehat dan bekerja maksimal.


    5. Ikan

    Menu Sarapan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

    (Ikan tuna, salah satu jenis ikan yang dapat beri rasa kenyang lebih lama. Foto: Dok. Jirayu Koontholjinda/Unsplash)

    Bukan rahasia bahwa ikan memiliki kandungan protein berkualitas tinggi dan kaya akan asam lemak omega 3, salah satu lemak yang penting terkandung dalam makanan. Menurut sebuah riset yang dilakukan pada 2008 silam, asam lemak omega r dapat membuatmu merasa kenyang, khususnya bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

    Jika dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam daging sapi maupun ayam, ikan memiliki kandungan protein yang memberikan efek kenyang paling kuat dan menjadi dua sumber makanan dengan kandungan protein tertinggi. Beberapa jenis ikan yang bisa kamu konsumsi adalah halibut, salmon, dan tuna.


    (Baca Juga: Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil)


    Jika sedang menjalani diet sehat, kamu dapat menjadikan makanan ini sebagai menu sarapan yang membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga proses diet bisa kamu nikmati dan jalani sepenuh hati tanpa melemahkan kinerja organ tubuh.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Makanan yang Bikin Kenyang Lama

Makanan yang Bikin Kenyang Lama

oleh Karina Hikmayudi

Inilah 5 Menu Sarapan untuk Diet

Inilah 5 Menu Sarapan untuk Diet

oleh Her World Indonesia

Advertisement - Continue Reading Below