Wow! Coba 7 Cara Diet Sehat Dan Cepat Ini


  • Wow! Coba 7 Cara Diet Sehat Dan Cepat Ini
    Cara diet yang bisa kamu lakukan. (Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)

    Diet salah satu hal yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, dan ada beberapa macam jenis yang seringkali dilakukan orang-orang. Seperti diet keto, diet karbo, diet vegan dan macam-macam lainnya. Namun, ada kebanyakan justru tidak memperhatikan pola makan sehat, padahal ada cara diet sehat dan cepat yang bisa dicoba.




    Menurunkan berat badan memang tidak pernah mudah, membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan kadang-kadang. Sampai ada yang mengonsumsi obat tertentu demi mendapatkan hasil instan. Padahal itu bukan cara yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya kamu simak cara diet sehat dan cepat berikut ini agar mendapatkan tubuh ideal.


    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok Untuk Pemula)


    1. Menghindari makanan dan minuman manis

    cara diet sehat dan cepat

    (Hindari makanan manis. Foto: Dok. Ponyo Sakana/Pexels)

    Makanan maupun minuman yang manis memang enak, tapi gulanya tidak begitu baik untuk tubuh. Terutama minuman kemasan yang banyak dijual di luar sana, di mana kandungan gulanya sangat banyak. Meskipun namanya jus buah, kadang tetap saja ada kandungan gula yang membuatnya tidak baik bagi kesehatan.

    Selain karena membuat risiko penyakit diabetes, minuman atau makanan manis juga bisa membuat berat badan jadi naik. Terutama jika kamu mengkonsumsinya setiap hari tanpa henti. Sebab, minuman manis kadang membuat sebagian besar orang ketagihan.


    2. Konsumsi buah sayur yang cukup

    cara diet sehat dan cepat

    (Mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu proses diet. Foto: Dok. Geraud pfeiffer/Pexels)

    Jangan sampai ditinggalkan, meskipun kamu melakukan diet macam apapun, kalau tidak mengkonsumsi buah juga sayur maka semua akan sia-sia. Pasalnya, dalam buah serta sayur mengandung banyak sekali nutrisi dan paling penting rendah kalorinya.

    Namun, kamu tetap harus memperhatikan apa saja buah dan sayur yang bagus untuk diet sehari-hari. Karena sebagian buah mengandung gula yang cukup tinggi sehingga bisa membuat proses dietmu sia-sia atau berjalan lambat.


    (Baca Juga: 6 Mitos Diet yang Sebaiknya Kamu Hiraukan)


    3. Minum air putih secukupnya

    cara diet sehat dan cepat

    (Minum air putih secukupnya. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)

    Dibanding minuman kemasan atau yang manis-manis, air putih lebih bagus dan bermanfaat untuk tubuh apalagi saat diet berlangsung. Dengan konsumsi kurang lebih 0,5 liter air, maka kalori yang kamu bakar bisa meningkat sebesar 24-30 persen.

    Dengan minum air putih sebelum makan, maka kalori yang kamu masukkan ke dalam tubuh bisa menurun. Air putih ini sangat dianjurkan ketika kamu melaksanakan proses diet karena dapat membuat perut lebih penuh. Dan hal ini membuatmu bisa mengurangi konsumsi makanan karena perut lebih tahan terhadap rasa lapar.


    4. Jangan makan terburu-buru

    Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan makan terburu-buru, kamu akan meningkatkan kemungkinan mengalami obesitas sebesar 115 persen banyaknya dibandingkan mereka yang makan secara perlahan.

    Hormon dapat memberikan sinyal kapan saat kita merasa lapar dan merasa kenyang. Namun, setidaknya butuh 20 menit bagi otak untuk memprosesnya. Makan dengan mengunyahnya secara perlahan bisa membuat otak memproses dengan baik kapan saat kita merasa kenyang.


    5. Memakai metode masak sehat

    Salah satu cara yang harus dilakukan untuk membuat proses diet berjalan dengan lancar adalah metode memasak yang kamu lakukan. Di mana, metode memasak yang sebelumnya menggunakan banyak minyak kini harus dikurangi atau bahkan beralih kepada metode lain yang lebih sehat.

    Misalnya saja dengan memanggang, membakar, atau mengukus. Itu bukan berarti kamu harus menghindari menggoreng sesuatu, tapi hanya mengurangi saja demi mendapatkan berat badan yang ideal dan tentunya sehat untuk tubuh.


    6. Jangan melewatkan sarapan

    cara diet sehat dan cepat

    (Jangan melewatkan sarapan. Foto: Dok. Valeria Boltneva/Pexels)

    Sebagian besar orang menganggap bahwa dengan tidak sarapan, maka mereka bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Namun, anggapan satu ini nyatanya salah. Sebab, sarapan amat penting demi kebutuhan energi untuk beraktivitas seharian.

    Dengan sarapan, maka kamu tidak akan merasakan dorongan untuk mengemil yang berlebihan. Terutama pilihlah makanan untuk sarapan yang memiliki kandungan serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Seperti misalnya yang ada pada kacang-kacangan, buah, susu, telur dan sebagainya.


    7. Kurangi makanan olahan

    Ada banyak makanan olahan alias makanan instan yang akan kamu temukan di luar sana. Contohnya saja seperti buah kering, sereal, roti, kue, daging kaleng, sayur olahan dan semacamnya. Makanan tersebut membuatmu sulit untuk diet karena kadang ada kandungan bahan tertentu yang membuat berat badan naik.

    Untuk melancarkan proses diet, kamu dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur yang masih segar. Serta mengolahnya sendiri agar bisa memastikan penggunaan garam, gula dan sebagainya yang lebih sehat.


    Dari sekian banyak cara diet sehat dan cepat di atas, mana saja yang sudah kamu lakukan? 7 cara tersebut harus dilakukan dengan konsisten sampai berat badanmu menurun dan kamu mendapatkan berat yang ideal. Kalau bisa kamu harus melakukan cara di atas bahkan setelah berat badanmu sesuai yang diinginkan.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below