Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil


  • Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil
    Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil. (Foto: Dok. Daniel Reche/Pexels)

    Selama hamil, ibu pastinya membutuhkan asupan nutrisi baik dari makanan yang dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, daging, ikan dan sejenisnya maka akan membantu tumbuh kembang si janin. Salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi adalah salmon, di mana beragam sekali manfaat ikan salmon untuk ibu hamil ini.




    Ikan salmon mempunyai banyak sekali vitamin, sehingga tak heran jika makanan tersebut sangat direkomendasikan. Tentunya ikan ini juga harus dimasak dengan baik dan benar agar mendapatkan manfaat ikan salmon untuk ibu hamil yang tepat


    (Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Salmon Yang Baik Bagi Kesehatan)


    Nah, memangnya ada apa saja manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dari ikan satu ini?


    ikan salmon untuk ibu hamil

    (Salmon bermanfaat bagi ibu hamil. Foto: Dok. Valeria Boltneva/Pexels)

    1. Sebagai sumber energi

    Salmon mengandung protein yang cukup banyak dan hal ini bisa dimanfaatkan oleh para ibu hamil dan menjadikannya sumber energi. Terutama jika ada banyak aktivitas yang dilakukan dalam sehari-hari, pastinya energi yang dibutuhkan pun harus banyak pula.

    Kandungan protein pada jenis ikan ini bisa mengontrol jumlah hormon di dalam tubuh supaya tidak semakin meningkat.


    2. Membantu pembentukan sel darah

    Ikan salmon ini mempunyai kandungan DHA dan juga EPA yang mana EPA sangat berperan dalam pembentukan sel darah di dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi yang baik ini juga bisa membantu otak janin agar lebih kuat serta membuat risiko keguguran semakin diminimalisir.

    Maka dari itu, tak heran apabila ikan salmon sangat dianjurkan dan bisa dikonsumsi secara rutin asal tidak berlebihan. Bahkan untuk resep ikannya sendiri bisa dibuat berbagai macam menu, seperti sup ikan salmon misalnya.


    3. Membantu tingkatkan perkembangan otak pada janin

    Makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan langsung diserap oleh janin, termasuk segala nutrisi yang ada di dalamnya. Ikan jenis ini pun mengandung banyak nutrisi salah satunya omega 3. Kandungan omega 3 ini mampu membantu dalam hal peningkatan otak janin.

    Bahkan, nutrisi pada ikan salmon bisa menjadi anti peradangan serta mampu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Ini membuat ibu hamil terhindar dari risiko penyakit jantung dan berbagai risiko lainnya yang diakibatkan dari tekanan darah tinggi.


    (Baca Juga: Cara Memasak Ikan Salmon Goreng Sederhana)


    4. Cegah terjadinya kelahiran prematur

    Ada begitu banyak bayi yang lahir prematur karena berbagai alasan, dan masalah ini harus dicegah supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Salah satu yang dapat mencegah bayi lahir prematur adalah dengan konsumsi ikan salmon.

    Salmon memang punya kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi, tapi kandungan lemak jenuhnya sangat sedikit. Nah, hal inilah yang mampu mencegah bagi para ibu hamil tersebut melahirkan bayi mereka secara prematur.

    Dengan rutin konsumsi ikan ini, maka pre-eklampsia yang sering terjadi pada kebanyakan ibu hamil akan semakin diminimalisir. Bahkan ikan salmon juga dipercaya mampu meningkatkan berat badan si kecil meski dalam kandungan.


    ikan salmon untuk ibu hamil

    (Salmon baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Foto: Dok. Huy Phan/Pexels)

    5. Bantu jaga sistem imun

    Imun yang kuat haruslah dimiliki oleh siapapun, khususnya bagi para ibu hamil di luar sana agar mereka bisa menikmati masa kehamilan dengan bahagia. Oleh karena itu, memakan ikan salmon bisa dijadikan sebagai cara agar sistem imun terjaga dengan sangat baik.

    Pasalnya, ikan ini memang mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Dengan sistem imun yang terjaga, maka ibu hamil tidak akan mudah terkena penyakit yang berbahaya lainnya serta membuat proses persalinan berjalan semakin lancar.


    6. Sebagai penangkal beragam penyakit

    Ibu yang sedang hamil harus benar-benar dijaga kesehatannya agar tidak mudah terserang jenis penyakit apapun. Dalam ikan salmon ditemukan kandungan asam lemak esensial yang begitu diperlukan oleh tubuh, bahkan ia juga mengandung asam amino yang berguna dalam pembentukan sel darah merah maupun sel darah putih.

    Selain itu, asam amino ini juga bisa bermanfaat dalam menangkal macam-macam penyakit seperti misalnya radang sendi, kardiovaskular, dan lain sebagainya. Oleh karena itu setidaknya ibu hamil harus mengkonsumsi ikan ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.


    7. Pencegahan terhadap radikal bebas

    Selenium yang ada pada ikan salmon bermanfaat dalam melindungi kulit para ibu hamil dari bahayanya paparan sinar matahari. Kadang, selama hamil tak dapat dipungkiri jika kita akan merasa banyak kerutan, noda hitam sampai mengalami penuaan dini karena bahaya dari radikal bebas.

    Maka dari itu, agar masalah-masalah tersebut bisa dikurangi atau dihindari, sering-seringlah mengkonsumsi ikan salmon seperti yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Selain itu, perlu diperhatikan jika memasak ikan salmon harus benar-benar matang.

    Sebab, ibu hamil tidak diperbolehkan memakan masakan yang setengah matang atau bahkan masih mentah. Meskipun terjamin kebersihannya, tapi tetap saja kemungkinan ada bakteri dan lain-lainnya masih ada sehingga harus tetap hati-hati.


    Demikianlah beberapa hal tentang manfaat ikan salmon untuk ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below