6 Penyebab Payudara Kendur Paling Umum & Cara Mencegahnya!


  • 6 Penyebab Payudara Kendur Paling Umum & Cara Mencegahnya!
    6 Penyebab Payudara Kendur Paling Umum & Cara Mencegahnya! (Image: Doc. Karolina Grabowska / Pexels)

    Hampir semua wanita pasti ingin memiliki payudara yang kencang. 


    Tetapi sayangnya, beberapa wanita mungkin harus mengalami payudara yang kendur. Ini adalah masalah yang agak umum terjadi. Dalam istilah medis, payudara yang kendur disebut dengan ptosis payudara. Ini dapat terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia -- bagian dari proses penuaan. Tapi, ada banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan payudara kendur. 




    Berikut ini beberapa penyebab dan pencegahan payudara kendur yang perlu kamu ketahui. 


    1. Postur tubuh yang salah

    Jika kamu menganggap ini mitos, maka kamu salah! Dikutip dari laman Health Shots, posisi tubuh yang salah, seperti membungkuk sepanjang waktu (berulang), menciptakan tarikan yang bisa meregangkan ligamen Cooper -- terletak di payudara yang berfungsi untuk menopang payudara. Inilah yang kemudian akan mempercepat masalah payudara kendur.

    Dengan kata lain, otot dan ligamen pada payudara dapat mengendur karena postur tubuh yang buruk. Oleh karena itu, postur tubuh yang benar, terutama saat duduk, sangat penting untuk mencegah payudara kendur. 


    (Baca Juga: Ketahui 3 Gerakan Yoga Untuk Kencangkan Payudara)


    2. Penurunan atau penambahan berat badan yang signifikan

    Penurunan atau penambahan berat badan yang signifikan dapat menjadi penyebab lain payudara kendur. Dikutip dari laman Very Well Family, jaringan payudara memiliki banyak kandungan lemak, dan kontur payudara dapat berubah ketika ada penurunan atau penambahan berat badan yang cepat.

    Mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal dapat membantu menghindari payudara kendur. 


    3. Usia

    Ligamen pada payudara, atau disebut sebagai ligamen Cooper, berfungsi untuk men-support payudara. Namun sayangnya, seiring bertambahnya usia, ligamen ini dapat meregang dan kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, kepenuhan pada payudara terganggu karena sistem pendukung jaringan dan lemak yang mendasarinya berkurang. 

    Ketika masalah payudara kendur disebabkan karena faktor usia, ini adalah hal yang normal dari proses penuaan, terutama setelah memasuki masa menopause. 


    (Baca Juga: Pendapat Jujur Pria Tentang Payudara Kecil)


    4. Faktor genetik

    Ternyata, faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan kekuatan ligamen Cooper, ukuran dan bentuk payudara kamu. Sederhananya, jika salah satu anggota keluarga -- orang tua atau kakek-nenek -- memiliki kekuatan ligamen yang rendah, maka ini bisa menjadi penyebab kamu memiliki payudara yang kendur.


    5. Merokok

    Berdasarkan studi tahun 2010 dalam jurnal Annals of Plastic Surgery, melaporkan bahwa merokok dapat menjadi penyebab lain payudara kendur. Kolagen adalah salah satu protein terpenting dalam tubuh, dan bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen bisa semakin menipis, dan kebiasaan merokok bisa mempercepat hal ini. Inilah yang kemudian menyebabkan payudara menjadi kendur.

    Selain itu, kandungan karsinogen dalam rokok juga bisa menyebabkan serat elastin rusak, yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit di seluruh tubuh, termasuk payudara. Akibatnya, saat serat elastin rusak ini dapat menyebabkan payudara menjadi kendur. 


    (Baca Juga: 8 Upaya Cegah Resiko Kanker Payudara)


    6. Ukuran dan bentuk

    Baru-baru ini sebuah studi tahun 2018 menunjukan bahwa, ukuran dan bentuk payudara bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur. Payudara yang lebih kecil dengan bagian bawah yang lebih bulat cenderung lebih mempertahankan bentuknya lebih baik daripada payudara yang lebih besar. Dengan kata lain, payudara yang lebih kecil cenderung tidak mudah kendur, karena payudara besar lebih tidak tahan terhadap tarikan gravitasi dibandingkan payudara kecil. 

    Selain itu, beberapa penelitian menunjukan bahwa perubahan ukuran payudara yang dialami wanita selama kehamilan juga bisa menyebabkan payudara kendur. Payudara wanita mengalami banyak perubahan selama masa kehamilan -- kenaikan berat badan selama kehamilan yang dapat menyebabkan ligamen meregang. Inilah yang menyebabkan payudara kendur. Meskipun tidak dapat dihindari, namun memastikan kenaikan berat badan yang relatif sehat selama masa kehamilan dapat mencegahnya. 


    (Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Untuk Ganti Bra)


    Itulah enam penyebab payudara kendur. Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Karena ada begitu banyak faktor yang menyebabkan payudara kendur, kamu tidak dapat mencegah sepenuhnya. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencoba menjaga agar payudara tidak cepat kendur. 


    Minum banyak air

    Minum banyak air dapat menjaga kamu tetap terhidrasi, sehingga dapat membantu kulit mempertahankan elastisitasnya. Ini dapat menjaga agar payudara tidak cepat kendur, sekaligus membuat kulit tetap sehat dan bercahaya. 


    Jangan merokok!

    Berhenti, atau tidak sama sekali merokok, bisa menjaga tubuh kamu tetap sehat termasuk mencegah payudara cepat kendur. 


    Pertahankan berat badan yang sehat

    Menjaga berat badan agar tetap sehat dan ideal juga dapat membantu mencegah payudara cepat kendur. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, dan cobalah untuk tidak menambah atau menurunkan berat badan terlalu cepat -- menambah atau menurunkan berat badan secara sehat.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Bra Tanpa Tali Yang Nyaman)


    Menjaga postur tubuh yang baik

    Saat kamu membungkuk terlalu lama dan sering, serta memiliki postur tubuh yang buruk, ini memberikan banyak tarikan gravitasi yang bisa menyebabkan payudara kendur. Oleh karena itu, duduk atau berdiri dengan posisi yang tegak -- punggung lurus dan bahu ke belakang -- dapat membantu menopang payudara dengan baik sehingga tidak cepat kendur. 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below