8 Upaya Cegah Risiko Terserang Kanker Payudara


  • 8 Upaya Cegah Risiko Terserang Kanker Payudara
    Cara cegah risiko terserang kanker payudara. (Foto:Dok/The independent)


    Kanker payudara kerap kali jadi penyakit yang ditakuti hampir semua orang, dan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Data Infodatin Kanker Payudara Kemenkes 2016 menyebutkan angka kematian wanita akibat kanker payudara di Indonesia mencapai 17 kasus per 100 ribu penduduk.

    Meskipun demikian, hal ini bisa dicegah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga dan mengonsumsi aneka makanan yang mengandung vitamin dan khasiat tinggi.



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker payudara:

    (Baca Juga: Kenali 7 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui)


    1. Berolahraga 


    (Berolahraga mengurangi risiko terserang kanker.Foto:Dok.Nathan Cowley/Pexels)

    Meluangkan waktu setiap 30 menit sehari untuk berolahraga bisa menjadi cara untuk menurunkan risiko kanker payudara menyerang. Hal ini dikarenakan sel lemak yang menumpuk, bisa terkikis dengan adanya aktivitas dan gerakan yang dilakukan.


    2. Mengonsumsi Makanan Sehat

    Jika kamu biasa mengonsumsi banyak makanan berlemak, ada baiknya kamu menghindarinya saat ini. Gantilah makananmu dengan menu sehat, seperti buah-buahan, sayuran dan makanan yang banyak mengandung gizi, agar lemak dalam tubuh tidak menumpuk dan menciptakan sel kanker yang berbahaya.

    (Baca Juga: Lovepink Ajak Masyarakat Untuk Deteksi Kanker Payudara)


    3. Gunakan Bra yang Baik dan Nyaman

    Menggunakan bra dari bahan yang nyaman, bisa jadi upaya untuk mengurangi risiko kanker payudara. Sport bra bisa jadi salah satu alternatif yang nyaman dikenakan seharian.


    4. Lakukan Check Control ke Dokter

    (Control ke dokter 6 bulan sekali. Foto:Dok.Rawpixels/Pexels)

    Melakukan tes mammogram, perlu kamu lakukan agar kanker payudara tidak menyerangmu. Hal ini bisa memberikan pengetahuanmu mengenai besar atau kecilnya risikomu untuk terserang penyakit yang satu ini. Meskipun usia 40 tahun lebih dianjurkan untuk mengontrolnya, namun ada baiknya kamu tetap melakukan pemeriksaan ke dokter.

    (Baca Juga: 5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara)


    5. Hindari Rokok

    Selain berbahaya untuk kesehatan jantung dan paru-paru, rokok pula bisa menimbulkan berbagai jenis kanker, salah satunya kanker payudara. kandungan nikotin dan asapnya yang kerap kali muncul, bisa menimbun sel kanker dalam tubuh yang sewaktu-waktu bisa menggrogotimu dari dalam. Oleh karenanya, kamu perlu menghindar dari paparan asap rokok, dan berhenti mengonsumsinya mulai sekarang.


    6. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol dan Daging Olahan

    (Makanan siap saji.Foto:Dok.Valeria Boltneva/Pexels)

    Mengonsumsi makanan dengan pengawet bisa mempengaruhi kesehatanmu. Terutama, hal ini pula bisa menimbulkan penyakit kanker yang ditakuti. Melansir dari laman Medical Center, alkohol memiliki kalori yang cukup tinggi, begitu juga dengan daging olahan yang memiliki 80-90 kalori.

    (Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Kanker Serviks)


    7. Hindari Mengonsumsi Obat-Obatan Terlalu Sering

    Obat-obatan identik dengan bahan kimia jika dikonsumsi terlalu sering, bisa menyerang organ tubuhbdari dalam. Oleh karenanya, jika kamu sering mengonsumsi pil KB, dan berbagai obat-obatan lainnya, mulailah terapi dirimu perlahan untuk kamu hentikan, terutama bagimu yang memiliki usia 35 tahun.


    8. Menyusui

    Jika kamu seorang wanita dan memiliki anak, ada baiknya ASI yang ada diberikan secara efektif untuk bayi. Selain bermanfaat untuk sang bayi, menyusui juga dapat mencegah risiko kanker payudara menyerang sang ibu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below