6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini


  • 6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini
    6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini. (Foto: Dok. Mentatdgt/Pexels)

    Jantung merupakan organ paling vital yang memiliki peran penting untuk tubuh. Diantaranya adalah memompa darah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga menjaga kesehatan jantung sejak dini sangatlah diperlukan. Bagaimana caranya?

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, cara tersebut memang harus dilakukan dengan konsisten agar hasilnya terlihat. Sebab, menjaga kesehatan organ dalam tubuh wajib dilakukan dengan maksimal, agar di masa depan nanti tetap sehat dan bugar tanpa tersiksa penyakit apapun.




    (Baca juga: 5 Makanan Sehat Untuk Jantung)


    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara yang bisa ditempuh demi menjaga kesehatan organ jantung. Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.


    1. Mengurangi konsumsi makanan asin

    menjaga kesehatan jantung

    (Mengurangi konsumsi makanan asin. Foto: Dok. Azerbaijan-stockers/Freepik)

    Makanan asin memang sangat enak, tapi untuk mengonsumsinya tidak bisa dilakukan dengan berlebihan. Karena hal ini dapat menyebabkan risiko terjadinya hipertensi yang juga berdampak terhadap jantung. Jika Anda mengalami darah tinggi, maka tidak bisa dipungkiri bila kerja jantung saat memompa darah pun akan semakin berat.

    Penggunaan garam bisa dikurangi misalnya ketika memasak, atau bisa juga dengan mengurangi konsumsi makanan kemasan seperti junk food dan sejenisnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat makanan tetap lezat meski tanpa menambahkan garam ke masakan.

    2. Jangan duduk terlalu lama

    menjaga kesehatan jantung

    (Menghindari duduk terlalu lama. Foto: Dok. Yanalya/Freepik)

    Bagi sebagian besar orang yang pekerjaannya berkutat dengan komputer, duduk terlalu lama sudah menjadi makanan mereka sehari-hari. Tapi faktanya kondisi ini tidak hanya membuat kamu pegal, melainkan juga dapat membuat kesehatan jantung jadi terganggu. Karena akan terjadi penggumpalan darah yang membuat sirkulasi darah jadi memburuk.

    Bila memang pekerjaan menuntut kamu untuk duduk dalam waktu yang lama, janganlah lupa untuk sesekali melakukan peregangan. Kamu juga bisa mengakalinya dengan berjalan naik turun tangga, atau berjalan saat kembali ke rumah, bahkan sesepele menyusuri koridor tempat kamu kerja. Setidaknya kamu tetap aktif bergerak dan membuat kinerja jantung menjadi normal.

    3. Mengatur waktu tidur dengan baik

    menjaga kesehatan jantung

    (Mengatur waktu tidur dengan baik. Foto: Dok. Acharaporn Kamornboonyarush/Pexels)

    Tidur merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan aktivitas yang satu ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jangan membiasakan diri untuk tidur di larut malam kemudian bangun siang hari, karena hal ini akan membuat jam biologis kamu menjadi berantakan.


    (Baca juga: 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi)


    Mengurangi tidur tanpa alasan yang jelas akan membuat tubuhmu rentan terhadap risiko tekanan darah tinggi dan juga peradangan. Kamu harus bisa mengatur waktu tidur dengan sebaik mungkin, tidur lebih awal dan bangun di pagi harinya. Setidaknya untuk waktu tidur yang dibutuhkan kurang lebih 7-8 jam.

    4. Hentikan kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok

    menjaga kesehatan jantung

    (Hentikan merokok atau menghirup asap rokok. Foto: Dok. Lilartsy/Pexels)

    Kadang meskipun kita tidak merokok, tapi orang di sekitar masih saja nekad untuk melakukan hal tersebut walaupun berada di tempat umum. Hal ini tentunya membuat banyak orang terganggu. Bahan kimia pada rokok dapat dengan mudah menyebabkan terjadinya plak di pembuluh arteri jantung.

    Plak ini lama-lama akan menumpuk dan pada akhirnya dapat menyebabkan sumbatan pada aliran darah. Inilah kemudian yang memicu terjadinya penyakit jantung, baik pada orang-orang dewasa atau yang masih muda. Jika ada orang yang merokok di dekatmu, maka sebaiknya buru-buru menghindar agar tidak menghirup asapnya.

    5. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

    menjaga kesehatan jantung

    (Mengonsumsi sayur dan buah. Foto: Dok. Elle Hughes/Pexels)

    Pola makan yang sehat dan teratur juga dapat membantumu memiliki jantung yang sehat. Konsumsi buah dan juga sayur ini amatlah penting, karena dalam sayur mengandung banyak sekali sumber vitamin dan juga mineral dan pastinya juga kaya akan serat.

    6. Olahraga rutin

    menjaga kesehatan jantung

    (Olahraga secara rutin. Foto: Dok. Blue Bird/Pexels)

    Selain konsumsi buah dan sayur, olahraga juga merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan aktivitas fisik, maka kamu bisa menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kenaikan berat badan, dapat menurunkan tekanan darah dan banyak lagi manfaatnya.

    Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan juga bermacam-macam, mulai dari bersepeda, berenang, senam, jogging dan sejenisnya yang termasuk dalam olahraga ringan. Setidaknya kamu harus melakukan olahraga kurang lebih 30 menit setiap hari secara rutin supaya tubuh tetap sehat.


    Jadi, itulah beberapa tips atau cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya mudah saja melakukannya, tapi kadang ada rasa malas yang membuat kita seenaknya sendiri. Jika sudah terkena penyakit, barulah kemudian menyesal. Nah, jangan sampai hal itu terjadi ya.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below